Aquapheresis atau ultrafiltrasi berguna untuk membuang kelebihan cairan di tubuh.
Ultrafiltrasi mampu membuang kelebihan cairan pada tubuh.

Apa itu prosedur ultrafiltrasi?

Ultrafiltrasi atau aquapheresis adalah prosedur pembuangan cairan berlebih secara mekanik pada pasien, yang memiliki kelebihan cairan di dalam tubuh dan tidak dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan diuretik.

Mengapa prosedur ultrafiltrasi perlu dilakukan?

Prosedur ultrafiltrasi dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh pada pasien dengan gejala-gejala seperti berikut:

  • Penambahan berat badan
  • Bengkak pada kaki, tumit, dan tungkai
  • Tekanan darah tinggi
  • Kelelahan
  • Kesulitan bernapas saat berbaring
  • Bengkak pada perut

Gejala ini sering ditemukan pada kondisi gagal jantung dan gagal ginjal yang mengakibatkan kedua organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur ultrafiltrasi?

Anda akan menjalani tes darah sebagai salah satu lengkah pemeriksaan sebelum dilakukannya prosedur ultrafiltrasi.

Apa yang akan dilakukan tim medis pada prosedur ultrafiltrasi?

Prosedur ini dapat memakan waktu hingga 72 jam, bergantung dari jumlah cairan yang akan dibuang. Tim medis akan memasang jarum atau tabung (kanula) ke dalam pembuluh darah di lengan atau leher. Sebelum pemasangan kanula dilakukan, Anda akan diberikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa nyeri.

Kanula tersebut akan dihubungkan ke dalam mesin penyaring dan mesin tersebut akan menarik sejumlah darah untuk menyaring kelebihan cairan di dalamnya. Sisa kelebihan cairan tersebut ditampung ke dalam kantong khusus untuk dibuang dan darah yang sudah disaring, dikembalikan ke dalam tubuh. Selama proses penyaringan berlangsung, kerja jantung dan tekanan darah akan dimonitor secara ketat.

Jumlah cairan yang diminum dan dibuang melalui air seni juga akan dicatat. Anda akan diberikan obat-obatan pengencer darah selama prosedur dilakukan, untuk mencegah timbulnya .

Apa yang harus dilakukan setelah menjalani prosedur ultrafiltrasi?

Anda akan diobservasi selama 24-48 jam setelah prosedur selesai dilakukan, untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan mengatur dosis obat-obatan yang akan diberikan. Bila merasakan nyeri akibat masuknya kanula ke dalam pembuluh darah, Anda akan mendapatkan obat-obatan penghilang rasa nyeri. Anda akan diminta untuk tetap mematuhi anjuran dokter mengenai jumlah cairan dan konsumsi garam harian Anda, untuk menghindari penumpukan cairan kembali.

Apa saja risiko dari prosedur ultrafiltrasi?

Risiko yang dapat terjadi pada ultrafiltrasi antara lain:

  • Lebam akibat tusukan jarum atau tabung di daerah leher atau lengan
  • Paru-paru tertusuk jarum atau tabung, yang dimasukkan melalui leher
  • Perdarahan

NHS. https://www.bsuh.nhs.uk/wp-content/uploads/sites/5/2016/09/Ultrafiltration.pdf
Diakses pada 17 Maret 2020

PennMedicine. https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/find-a-program-or-service/kidney/cardiorenal-syndrome-heart-failure-and-ultrafiltration-program
Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait

Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit

Harus Waspada, Tekanan Darah Tinggi dapat Menjadi Penyebab Gagal Jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebagai salah satu penyebab gagal jantung. Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit.