Tes MMPI

08 Apr 2020|dr. M. Helmi A.
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tes MMPI dilakukan dengan pertanyaan benar atau salah.Tes MMPI dijalankan melalui pemberian pertanyaan dengan opsi jawaban benar atau salah.

Apa itu prosedur tes MMPI?

Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) adalah pemeriksaan psikologis yang bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik kepribadian dan psikopatologi. Tes MMPI pertama kali dibuat pada akhir tahun 1930 dan sudah mengalami perubahan beberapa kali untuk meningkatkan akurasi dan validitasnya. MMPI-2 terdiri dari 567 pertanyaan benar atau salah. Sementar aitu, MMPI-2-RF memiliki 338 pertanyaan benar atau salah yang harus dijawab.

Mengapa prosedur tes MMPI perlu dilakukan?

Prosedur tes MMPI umumnya dilakukan untuk menguji orang-orang yang diduga memiliki gangguan jiwa atau gangguan klinis lainnya. Namun, tes MMPI juga digunakan di bidang lain selain bidang psikologi klinis seperti kasus kriminal, skrining pekerjaan, dan evaluasi efektivitas program terapi.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur tes MMPI?

Anda tidak perlu melakukan persiapan khusus sebelum menjalani tes MMPI. Anda hanya akan diminta untuk menjawab pertanyaan dengan jujur.

Apa yang akan dilakukan tim medis pada prosedur tes MMPI?

Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan pada tes MMPI. Setelah Anda mengisi jawaban tersebut, hasil tes akan diinterpretasi oleh psikolog klinis atau psikiater yang akan menuliskan hasil tes MMPI ke dalam laporan.Prosedur tes ini berlangsung selama 30-90 menit, bergantung dari tes MMPI yang Anda jalani. Tes ini dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok, dan dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer.

Hasil apa yang didapatkan dari tes MMPI?

Tes MMPI-2 memiliki 10 parameter klinis mengenai kondisi psikologis seseorang. Sepuluh parameter klinis tersebut yang dapat dievaluasi pada MMPI-2 adalah:1. Parameter 1 – Hipokondriasis, yang bertujuan untuk mengevaluasi potensi gejala yang tidak jelas atau tidak spesifik yang berkaitan dengan fungsi tubuh2. Parameter 2 – Depresi, yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat depresi dengan karakteristik moral yang buruk, memiliki harapan rendah terhadap masa depan, dan ketidakpuasan terhadap hidup3. Parameter 3 – Histeria, yang bertujuan untuk mengidentifikasi kepribadian histeria atau gangguan psikis akibat tekanan stres yang berat Terdapat lima aspek yang dinilai yaitu rasa malu, sinisme, neurotisme, kesehatan fisik yang buruk, dan sakit kepala.4. Parameter 4 – Deviasi psikopat, untuk mengidentifikasi individu psikopat yang diukur dari deviasi sosial, kurangnya penerimaan, dan tindakan amoral5. Parameter 5 – Maskulinitas-Feminitas, yang bertujuan untuk mengevaluasi kecenderungan homoseksual. Skala ini melihat hal-hal seperti sensitivitas pribadi, minat, hobi, dan preferensi estetika6. Parameter 6 – Paranoia, yang bertujuan untuk mengidentifikasi individu dengan gejala paranoid seperti mudah curiga, merasa menjadi korban, sensitif, dan perilaku yang kaku7. Parameter 7 – Psychastenia, yang merefleksikan kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif kompulsif8. Parameter 8 – Skizofrenia, yang bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi Skizofrenia9. Parameter 9 – Hipomania, yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik seseorang hipomania, ditandai dengan perubahan perilaku, halusinasi, delusi, berbicara cepat, iritabilitas, flight of ideas, dan depresi10. Parameter 0 – Introversi, yang bertujuan untuk tendensi untuk menarik diri dari hubungan sosialHasil interpretasi MMPI-2 akan dievaluasi berdasarkan tiap parameter dan dilaporkan dalam bentuk skor-T yang memiliki skala 30-120. Skala normal skor-T berada di antara 50-65. Bila skor-T berada di luar rentang tersebut, maka psikiater dan psikolog klinis akan menginterpretasikan hasil-hasil skor abnormal itu.
gangguan kepribadiangangguan psikologistes psikologi
PsychCentral. https://psychcentral.com/lib/minnesota-multiphasic-personality-inventory-tes MMPI/
Diakses pada 31 Maret 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-the-minnesota-multiphasic-personality-inventory-2795582
Diakses pada 31 Maret 2020
Better Help.
https://www.betterhelp.com/advice/general/what-is-the-mmpi-test-and-what-does-it-say-about-you/
Diakses pada 31 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email