Tes kehamilan bisa dilakukan dengan menggunakan test pack
Alat untuk tes kehamilan biasanya berupa tabung kecil yang berfungsi mendeteksi hormon hCG pada urine manusia

Apa itu prosedur tes kehamilan?

Prosedur tes kehamilan biasanya dilakukan untuk mendeteksi suatu jenis hormon pada manusia yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini biasanya diproduksi tubuh, 6 hari setelah terjadi pembuahan. Tes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang dijual bebas di apotek atau rumah sakit yang biasanya disebut dengan test pack. Alat ini biasanya berupa suatu tabung kecil yang berfungsi mendeteksi hormon hCG pada urine manusia.

Selain menggunakan urine sebagai sampel pemeriksaan kehamilan, pasien juga dapat melakukan tes darah. Jenis tes ini biasanya jarang dilakukan pasien, salah satunya karena perolehan hasil yang memakan waktu lebih lama. 

Apa yang perlu harus dipersiapkan sebelum melakukan prosedur tes kehamilan?

Seseorang biasanya memerlukan tes kehamilan setelah berhubungan seksual (tanpa menggunakan proteksi) dan belum mengalami menstruasi setelah jadwal menstruasi. Tes kehamilan dapat dilakukan 10 hari setelah jadwal menstruasi Anda. Jika Anda lupa jadwal menstruasi Anda, waktu yang direkomendasikan dalam melakukan tes kehamilan adalah 21 hari setelah melakukan hubungan seksual tanpa proteksi. 

Apa yang akan dilakukan selama prosedur tes kehamilan?

Prosedur tes kehamilan dilakukan dengan menggunakan suatu alat khusus yang digunakan untuk mendeteksi hormon hCG pada urine. Alat ini menggunakan sampel urine untuk dapat mendeteksi kehamilan yang biasa disebut dengan (test pack). Taruh alat ini pada wadah berisi urine Anda atau basuh alat ini dengan urine Anda. Setelah beberapa menit, alat tersebut akan menunjukkan hasil berupa tanda garis atau tulisan yang berarti positif hamil atau tidak.Jika 1 garis menandakan tidak hamil, sedangkan 2 garis menandakan positif hamil. Ikuti instruksi pada alat tersebut agar mendapatkan hasil dan memahami hasil pada alat tersebut secara akurat. 

Hasil apa yang bisa didapatkan dari tes kehamilan?

Setelah tes kehamilan, alat akan menunjukkan apakah Anda hamil atau tidak. Anda mungkin memerlukan beberapa kali tes untuk memastikan hasil tersebut. Selain itu, konsultasi dengan dokter juga dapat dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih pasti dan akurat. 

Adakah risiko dalam melakukan tes kehamilan?

Tes kehamilan dengan menggunakan alat yang dijual bebas di pasaran biasanya tidak menimbulkan risiko serius karena hanya menggunakan sampel urine dan bukan merupakan tindakan invasif.

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-your-guide-to-pregnancy-tests
Diakses pada 28 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-test
Diakses pada 28 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pregnancy-test/
Diakses pada 28 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-tests#1
Diakses pada 28 Januari 2020

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.