Terapi perilaku kognitif antara lain menekankan pada cara berpikir.
Terapi perilaku kognitif antara lain fokus pada cara berpikir.

Apa itu prosedur terapi perilaku kognitif?

Terapi perilaku kognitif (cognitive behavioural therapy) merupakan salah satu prosedur psikoterapi yang bertujuan mengubah pola pikir yang tidak tepat atau negatif, sehingga dapat mengatasi permasalahan dengan lebih efektif. Terapi perilaku kognitif memiliki fokus pada cara berpikir, kepercayaan, dan perilaku seseorang dalam memengaruhi perasaan dan tindakannya.

Mengapa prosedur terapi perilaku kognitif perlu dilakukan?

Terapi perilaku kognitif dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi atau persoalan, seperti:

  • Masalah kejiwaan termasuk depresi, gangguan cemas, fobia, gangguan stres pascatrauma, gangguan tidur, gangguan makan, penyalahgunaan obat-obatan, gangguan bipolar, gangguan seksual, Skizofrenia, dan penyakit obsesif kompulsif
  • Gejala gangguan jiwa yang berulang
  • Gangguan jiwa, yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan
  • Stres
  • Emosi yang sulit dikendalikan
  • Konflik dan masalah dalam berkomunikasi
  • Rasa duka atau kehilangan
  • Trauma emosional yang berhubungan dengan kekerasan
  • Gangguan fisik kronis

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur terapi perilaku kognitif?

Beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menjalani prosedur terapi perilaku kognitif antara lain:

  • Mencari terapis dari sumber yang terpercaya seperti dokter pribadi Anda, keluarga, maupun teman. Anda dapat mencari tahu kualifikasi terapis termasuk latar belakang, pendidikan, sertifikasi, spesialisasi, dan lisensinya, sebelum menjalani terapi perilaku kognitif.
  • Mencari tahu biaya yang harus dikeluarkan
  • Merinci ulang permasalahan yang akan Anda bahas bersama terapis

Apa yang akan dilakukan terapis pada prosedur terapi perilaku kognitif?

Terapi perilaku kognitif dapat dilakukan secara privat atau di dalam grup bersama dengan orang-orang dengan masalah serupa. Anda biasanya akan melakukan sesi dengan terapis seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Lamanya terapi ini 30-60 menit per sesinya. Secara garis besar, terapi perilaku kognitif memiliki dua tujuan, yaitu mengetahui gangguan jiwa yang diderita pasien dan mempelajari cara untuk menenangkan diri, menyelesaikan masalah, dan mengelola stres.

Pada pertemuan pertama, terapis akan menggali informasi tentang diri Anda dan permasalahan yang dialami. Terapis akan menggali riwayat kesehatan mental saat ini dan sebelumnya, untuk dapat mendalami situasi dan kondisi Anda. Pada sesi ini, Anda juga dapat menanyakan pada terapis tentang pendekatan yang digunakan, tujuan terapi, durasi, dan frekuensi terapi.

Pada saat terapi perilaku kognitif mulai dijalankan, terapis akan membantu Anda untuk membuka diri secara perlahan dan menerapkan keterampilan yang telah dipelajari selama sesi terapi ke dalam kehidupan sehari-hari. Bila kesulitan untuk membuka diri, terapis akan mencoba membuat nyaman, hingga Anda dapat membuka diri. Terapi perilaku kognitif umumnya fokus pada tujuan tertentu. Selama proses terapi berjalan, terapis juga akan mungkin memberikan tugas yang nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Hasil apa yang didapatkan dari terapi perilaku kognitif?

Terapi perilaku kognitif mungkin tidak dapat mengatasi atau mengobati beberapa kondisi. Namun, terapi perilaku kognitif dapat membantu beradaptasi dengan masalah secara sehat, dan merasa lebih baik dan positif terhadap diri sendiri dan kehidupan pribadi.

Apa saja risiko dari prosedur terapi perilaku kognitif?

Anda akan merasa tidak nyaman pada saat terapi perilaku kognitif dilakukan. Sebab pada terapi ini, Anda akan diminta untuk mengeksplorasi perasaan atau pengalaman yang tidak menyenangkan.

Anda dapat saja menangis, marah, cemas, merasa lelah, dan stres sementara waktu,pada saat terapi dilakukan. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir bila Anda didampingi terapis yang berpengalaman.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cognitive-behavioral-therapy/about/pac-20384610
Diakses pada 31 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/296579
Diakses pada 31 Maret 2020

NHS.
https://www.nhs.uk/conditions/cognitive-behavioural-therapy-cbt/
Diakses pada 31 Maret 2020

Artikel Terkait

Prosopagnosia membuat penderitanya tidak mampu mengenali wajah orang

Prosopagnosia: Penyakit Kebutaan Wajah Langka yang Dialami Brad Pitt

Anda sering dicap teman dan keluarga sebagai orang yang sombong karena Anda tidak pernah ingat wajah mereka. Bila iya, Anda kemungkinan besar mengidap penyakit langka bernama prosopagnosia. Apakah sebenarnya penyakit ini?