Pengobatan Mata Juling

01 Mar 2020|dr. M. Helmi A.
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pengobatan mata juling dapat melibatkan pembedahan otot-otot mata.Pengobatan mata juling bisa dilakukan melalui tindakan operasi.

Apa itu prosedur pengobatan mata juling?

Prosedur pembedahan untuk pengobatan mata juling adalah tindakan medis yang bertujuan untuk memperbaiki ketidakseimbangan otot-otot di mata. Ketidakseimbangan ini menyebabkan mata mengarah ke dalam atau ke luar, yang disebut sebagai strabismus (mata juling).

Mengapa prosedur pengobatan mata juling perlu dilakukan?

Mata juling adalah kondisi yang terjadi ketika kedua mata tidak berada pada garis atau arah yang sama. Akibatnya, mata tidak dapat fokus pada satu benda pada saat yang bersamaan. Pembedahan sebagai pengobatan mata juling dilakukan apabila mata juling tidak dapat diperbaiki dengan penggunaan kacamata atau latihan mata.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur pengobatan mata juling?

Anda akan menjalani pemeriksaan fisik dan pemeriksaan mata sebelum menghadapi pembedahan untuk pengobatan mata juling. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan sensorimotor untuk menentukan otot yang lebih lemah atau lebih kuat, sebagai penyebab mata juling.Tujuh hingga sepuluh hari sebelum pembedahan dilakukan, Anda harus menghentikan konsumsi obat-obatan yang dapat memicu terjadinya perdarahan seperti aspirin, ibuprofen, warfarin, clopidogrel, herparin, dan beberapa obat-obatan lainnya. Beritahukan kepada dokter mengenai seluruh obat-obatan dan suplemen yang Anda minum, serta riwayat alergi yang dimiliki.

Apa yang harus dilakukan sebelum menjalani prosedur pengobatan mata juling?

Anda akan diminta untuk berpuasa sebelum prosedur pembedahan dilakukan, untuk menghindari efek samping dari obat-obatan anestesi seperti mual dan muntah.

Apa yang akan dilakukan tim medis pada prosedur pengobatan mata juling?

Prosedur ini memakan waktu kurang lebih selama 90 menit. Setelah obat-obatan anestesi mulai bekerja, dokter mata akan membuat sayatan kecil di daerah konjungtiva mata untuk mengakses otot-otot mata. Ketika sudah dapat mengakses otot-otot mata, dokter mata akan memendekkan atau meregangkan otot-otot mata, sehingga keseimbangan dari otot-otot mata tercapai.Dokter mata bisa melakukan reseksi, yaitu pengambilan sebagian otot-otot atau tendon terdekat di otot-otot mata. Tujuannya, untuk memendekkan dan menguatkan otot-otot mata. Bila perlu dilemahkan, otot-otot akan diregangkan dengan cara disambungkan lebih jauh dari titik semula. Langkah ini disebut sebagai prosedur resesi.

Apa yang harus dilakukan setelah menjalani prosedur pengobatan mata juling?

Anda akan merasakan rasa gatal atau nyeri setelah prosedur pembedahan untuk pengobatan mata juling. Namun, usahakan untuk menghindari atau mengusap mata bila hal tersebut terjadi. Hindarkan mata dari debu atau iritan lain yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Bila perlu, gunakan obat tetes atau salep mata dengan kandungan antibiotik yang diberikan dokter sebagai pencegahan.

Hasil apa yang didapatkan dari pengobatan mata juling?

Setelah 1-2 minggu prosedur pembedahan dilakukan Anda harus kontrol kembali ke dokter mata Anda. Pada tahap ini mata Anda sudah terasa lebih nyaman dan terlihat normal. Pada beberapa kasus, meskipun setelah tindakan pembedahan gangguan penglihatan masih dapat terjadi. Anda pun disarankan untuk tetap menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk memperbaiki kondisi tersebut.Anak-anak dengan gangguan penglihatan akibat mata juling perlu menggunakan penutup mata (eye patch) setelah menjalani prosedur pembedahan, terutama bila terdapat salah satu mata yang lemah atau mata malas. Penggunaan penutup mata bertujuan untuk menstimulasi mata yang lemah dengan menutup mata yang lebih kuat. Penutup sebaiknya digunakan digunakan setidaknya 2 jam per hari.

Apa saja risiko dari prosedur pengobatan mata juling?

Beberapa risiko yang dapat terjadi selama dan setelah prosedur pembedahan untuk pengobatan mata juling antara lain:
  • Efek samping obat anestesi seperti reaksi alergi dan gangguan pernapasan
  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Sakit mata
  • Mata merah
  • Abrasi kornea atau luka goresan pada kornea
  • Penglihatan ganda
  • Kerusakan mata
operasimata julingpenyakit matagangguan matamata malas
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-muscle-repair#risk-factors
Diakses pada 27 Februari 2020
MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/002961.htm
Diakses pada 27 Februari 2020
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/diseases/strabismus-surgery
Diakses pada 2 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email