Pemeriksaan Analisis Sperma

22 Apr 2020|dr. Levina Felicia
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kualitas, kuantitas, bentuk, dan pergerakan sperma dapat dicek melalui pemeriksaan analisis spermaPemeriksaan analisis sperma akan mengecek kualitas, jumlah, bentuk, serta pergerakan pasien

Apa itu pemeriksaan analisis sperma?

Pemeriksaan analisis sperma adalah prosedur yang bertujuan memeriksa kondisi kesehatan dan ketahanan hidup sperma. Tes yang dikenal dengan nama sperm count ini juga akan mengecek jumlah serta kualitas sperma di dalam air mani.
Air mani merupakan cairan putih kental yang dikeluarkan dari penis ketika ejakulasi. Air mani mengandung sel-sel sperma yang membawa materi genetik.Ketika sperma bertemu dengan sel telur, pembuahan akan terjadi dan terbentuklah embrio yang menjadi cikal bakal janin.Pemeriksaan analisis sperma umumnya meliputi tiga faktor berikut:
  • Jumlah sel sperma
  • Bentuk atau morfologi sel sperma
  • Pergerakan atau motilitas sel sperma
Jumlah, bentuk, dan pergerakan sel sperma yang tidak normal dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Pada pasangan yang mengalami kesulitan untuk hamil, sekitar 40-50% kasus dipengaruhi oleh faktor kesuburan pria.

Kenapa pemeriksaan analisis sperma diperlukan?

Pemeriksaan analisis sperma dapat menilai kondisi kesehatan sperma secara keseluruhan. Tes ini akan membantu dokter dalam menentukan penyebab gangguan kesuburan yang dialami oleh pria atau memastikan keberhasilan prosedur vasektomi. Berikut penjelasannya:
  • Memeriksa kesuburan pria

Analisis sperma disarankan bila pasangan mengalami kesulitan untuk hamil. Pemeriksaan ini bertujuan mengecek ada tidaknya gangguan kesuburan pada sang pria.Selain itu, pemeriksaan ini dapat memastikan apakah gangguan sperma menjadi penyebab ketidaksuburan pasangan atau tidak.
  • Memastikan keberhasilan vasektomi

Vasektomi adalah prosedur kontrasepsi permanen pada pria. Tindakan medis ini melibatkan pemotongan saluran yang menghubungkan buah zakar dan penis.Setelah vasektomi, dokter akan menyarankan pemeriksaan analisis sperma sebulan sekali selama tiga bulan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada sperma dalam air mani.

Seberapa sering Anda harus menjalani pemeriksaan analisis sperma?

Dokter biasanya menyarankan pemeriksaan analisis sperma dilakukan sebanyak dua kali atau lebih, untuk mendapatkan gambaran yang akurat terkait kondisi kesehatan sperma. Menurut American Association for Clinical Chemistry (AACC), jarak antartes sebaiknya dua hingga tiga minggu.Hasil analisis sperma dapat bervariasi tiap harinya. Karena itu, pemeriksaan akan dilakukan lebih dari sekali untuk mendapatkan nilai rata-rata agar lebih akurat.

Apa saja persiapan untuk menjalani pemeriksaan analisis sperma?

Untuk memastikan sampel air mani dapat digunakan untuk pemeriksaan analisis sperma, beberapa hal di bawah ini perlu Anda lakukan:
  • Memberitahukan dokter mengenai obat atau ramuan herbal yang sedang dikonsumsi.
  • Boleh melakukan ejakulasi dalam dua minggu atau lebih sebelum pemeriksaan.
  • Tidak berhubungan intim atau melakukan masturbasi selama 2-5 hari sebelum pemeriksaan.
  • Menghindari konsumsi alkohol dan kafein sebelum pemeriksaan.
  • Tidak menggunakan pelumas selama pengambilan sampel air mani.
  • Jangan melakukan pengambilan sampel air mani ketika sedang merasa kurang sehat atau stres.

Bagaimana prosedur pemeriksaan analisis sperma dilakukan?

Pemeriksaan analisis sperma membutuhkan sampel air mani. Untuk mendapatkan sampel ini, dokter akan meminta pasien melakukan masturbasi dan ejakulasi pada wadah steril.Klinik umumnya akan menyediakan ruang khusus untuk proses pengambilan sampel tersebut. Ruangan ini biasa dilengkapi dengan stimulus yang diperlukan oleh pasien, seperti majalah atau video.Pada beberapa kasus, pasien dapat mengambil sampel air mani di rumah. Sampel bisa dikumpulkan dalam kondom khusus atau wadah steril.Namun pasien perlu memastikan sampel tersebut bisa diantar ke klinik untuk diperiksa dalam waktu 30-60 menit setelah keluar. Suhu sperma juga harus dijaga agar sesuai dengan temperatur tubuh pemiliknya. Pasalnya, suhu yang terlalu panas atau dingin bisa memengaruhi hasil tes.

Seperti apa hasil pemeriksaan analisis sperma?

Hasil pemeriksaan analisis sperma yang bisa tidak nrmal dan tidak normal. Berikut penjelasannya:

1. Hasil normal

Analisis sperma normal menurut WHO meliputi:
  • Jumlah sel sperma dalam air mani normal: 39-928 juta sel
  • Volume air mani normal: 1,5-7,6 mL
  • Konsentrasi sel sperma normal dalam air mani: 15-259 juta per mL
  • Motilitas sperma yang normal: 32-75%
  • Morfologi sperma yang normal: 4-48%

2. Hasil tidak normal

Hasil analisis sperma yang tidak normal bisa menandakan beberapa kelainan berikut:
  • Azoospermia: Tidak ada sperma dalam air mani atau kurang dari 5 juta dalam 1 ml air mani.
  • Oligospermia: Jumlah sperma di bawah juta dalam sekali ejakulasi.
  • Astenozoospermia: Adanya gangguan pada pergerakan sperma.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah pemeriksaan analisis sperma?

Tidak ada hal khusus yang perlu diperhatikan setelah pemeriksaan analisis sperma. Anda biasanya bisa pulang atau kembali beraktivitas.

Apa yang harus dilakukan bila hasil pemeriksaan analisis sperma tidak normal?

Hasil tidak normal menunjukkan adanya gangguan pada kesuburan pria. Namun faktor lain juga dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan, seperti alkohol, rokok, dan beberapa obat herbal.Bagi pasien dengan hasil analisis sperma yang abnormal dan ingin memiliki anak, beberapa pilihan tindakan dapat dipertimbangkan untuk mengatasi kondisi ini. Misalnya, inseminasi buatan maupun bayi tabung. Diskusikan dengan dokter terkait pilihan terapi yang tersedia.Bila pemeriksaan analisis sperma dilakukan untuk memastikan keberhasilan vasektomi, dokter akan melihat ada tidaknya sel sperma dalam air mani. Jika tidak terdapat sperma, vasektomi dinyatakan berhasil dan pasien yidak tidak perlu memakai metode kontrasepsi lain.Apabila sperma masih ditemukan, pemeriksaan ulang akan dilakukan hingga sel sperma tidak lagi ditemukan. Sementara itu, pasien perlu menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan intim agar kehamilan dapat dicegah.

Apa saja risiko pemeriksaan analisis sperma?

Hingga saat ini, pemeriksaan analisis sperma belum diketahui memiliki risiko maupun efek samping pada pasien yang menjalaninya.
tes kesuburansperma
Medline Plus. https://medlineplus.gov/lab-tests/semen-analysis/
Diakses pada 22 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/normal-sperm-count#outlookDiakses pada 22 April 2020Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323736#how-to-obtain-a-sperm-sample
Diakses pada 22 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email