Pemasangan ring jantung harus diikuti dengan gaya hidup sehat, untuk menjagaa kesehatan jantung di kemudian hari.
Pemasangan ring jantung bisa direkomendasikan untuk pasien yang mengalami penyembitan pembuluh darah.

Apa itu prosedur pemasangan ring jantung?

Pemasangan ring jantung atau angioplasti koroner adalah prosedur yang dilakukan dengan tujuan membuka pembuluh darah arteri yang mengalami penyumbatan. Tindakan medis ini umumnya dikombinasikan dengan pemasangan jaring kecil atau ring jantung yang disebut sebagai stent.

Pemasangan ring jantung dilakukan dengan menggunakan kateter kecil yang dilengkapi balon yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah yang tersumbat atau buntu, untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Ring jantung dipasang supaya pembuluh darah arteri tetap terbuka, mencegah terjadinya penyempitan ulang, dan telah melapisinya dengan obat-obatan agar pembuluh darah arteri tetap terbuka.

Mengapa prosedur pemasangan angioplasti dan pemasangan ring jantung perlu dilakukan?

Angioplasti dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi pembentukan plak akibat dari endapan lemak di pembuluh darah, yang disebut sebagai aterosklerosis. Angioplasti merupakan pilihan terapi yang tepat, apabila:

  • Anda telah mencoba obat-obatan atau perubahan gaya hidup tetapi ternyata tidak memperbaiki kondisi kesehatan jantung
  • Anda memiliki nyeri dada atau angina yang semakin parah
  • Anda memiliki riwayat serangan jantung akibat kebuntuan pembuluh darah arteri

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur angioplasti dan pemasangan ring jantung?

Dokter akan mengevaluasi riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Sebelum prosedur ini dilakukan, Anda akan diminta untuk menjalani beberapa tes seperti foto polos dada, elektrokardiogram, dan tes darah. Dokter juga akan melakukan tes yang disebut sebagai angiogram koroner, untuk melihat pembuntuan pembuluh darah arteri di jantung dan potensinya untuk ditangani dengan prosedur angioplasti.

Dokter akan meminta Anda untuk mematuhi beberapa instruksi berikut inisebelum prosedur dilakukan:

  • Menghentikan atau mengubah dosis obat-obatan seperti aspirin, obat anti-inflamasi non-steroid, atau obat pengencer darah sebelum operasi. Beritahukan dan bawa seluruh obat dan suplemen yang Anda konsumsi pada dokter.
  • Berpuasa 6-8 jam sebelum prosedur dilakukan. Bila diwajibkan minum obat, konsumsilah obat-obatan pada pagi hari dengan sedikit air.
  • Meminta bantuan pada keluarga atau teman terdekat untuk menemani Anda setelah prosedur selesai dilakukan.

Apa yang akan dilakukan tim medis pada prosedur angioplasti dan pemasangan ring jantung?

Angioplasti dilakukan melalui pembuluh darah arteri di daerah paha, lengan, atau pergelangan tangan. Anda tidak akan mendapatkan anestesi umum, sehingga akan tetap tersadar sadar selama prosedur dilakukan. Namun, dokter akan memberikan sedasi untuk membantu Anda lebih rileks selama prosedur. Kemudian, tim medis akan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memasang selang intravena pada tangan atau lengan untuk memasukkan cairan dan obat-obatan sedasi dan pengencer darah
  • Memasang monitor untuk mengawasi detak jantung, tekanan darah, dan kadar oksigen
  • Menyiapkan daerah steril di daerah tempat masuknya kateter
  • Menyuntikkan anestesi lokal di daerah sayatan kecil akan dibuat
  • Memasukkan selang kecil atau kateter ke dalam pembuluh darah di selangkangan atau pergelangan tangan, dan mengarahkan ke arteri koroner, dibantu dengan visualisasi menggunakan sinar-X
  • Menyuntikkan zat kontras setelah kateter mencapai lokasi yang dituju. Injeksi zat kontras dilakukan untuk mengidentifikasi letak pembuntuan.
  • Mengembangkan balon kecil yang dilengkapi dengan ring jantung (stent) di daerah yang mengalami pembuntuan untuk melebarkan pembuluh darah.
  • Mengempiskan balon ketika pembuluh darah arteri telah meregang. Namun, ring jantung tetap terpasang di pembuluh darah. dan kateter dikeluarkan dari dalam tubuh.

Prosedur ini dapat memakan waktu hingga beberapa jam, tergantung tingkat kesulitan, jumlah pembuntuan yang terjadi, dan komplikasi yang muncul.

Apa yang harus dilakukan setelah menjalani prosedur pemasangan ring jantung?

Anda akan dimonitor dan mendapatkan obat-obatan selama beberapa saat setelah prosedur selesai dilakukan. Minumlah cukup air untuk membantu mengeluarkan zat kontras dari dalam tubuh. Hindari aktivitas berat dan tanyakan kepada dokter yang merawat Anda mengenai yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah menjalani prosedur ini.

Hasil apa yang didapatkan dari angioplasti dan pemasangan ring jantung?

Angioplasti atau pemasangan ring jantung meningkatkan aliran darah di daerah pembuluh darah yang sebelumya menyempit atau mengalami pembuntuan. Dengan menjalani prosedur ini, nyeri dada dapat hilang dan Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk berolahraga lebih baik lagi.

Untuk menunjang keberhasilan tindakan ini, Anda harus tetap menjalani gaya hidup sehat dan secara rutin mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter. Untuk menjaga jantung tetap sehat, Anda disarankan untuk berhenti merokok, menjaga berat badan, mengonsumsi makanan sehat, menurunkan kadar kolesterol, serta mengontrol penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi.

Apa saja risiko dari prosedur angioplasti dan pemasangan ring jantung?

Prosedur angioplasti dan pemasangan ring jantung memiliki beberapa risiko seperti:

  • Pembuluh darah arteri kembali menyempit
  • Terbentuknya bekuan darah
  • Perdarahan
  • Serangan jantung
  • Kerusakan pembuluh darah koroner
  • Gangguan pada ginjal akibat zat kontras
  • Stroke
  • Gangguan irama jantung
  • Reaksi alergi akibat zat kontras

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/327154#procedure
Diakses pada 2 Maret 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/coronary-angioplasty/about/pac-20384761
Diakses pada 26 Februari 2020

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/007473.htm
Diakses pada 26 Februari 2020

Artikel Terkait

Suntik varises adalah suatu prosedur medis menangani varises.

Jenis-jenis Penanganan Varises, Mulai dari Suntik Varises hingga Perubahan Gaya Hidup

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena akibat lemahnya katup pembuluh vena. Cara menghilangkan varises bisa dengan stoking khusus, suntik varises, dsb.