Pasang Tampon Hidung

30 Sep 2020|dr. Levina Felicia
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pasang tampon hidung dianjurkan untuk pasien dengan mimisan sangat parahPasang tampon hidung dilakukan untuk mimisan yang sangat parah

Apa itu pasang tampon hidung?

Pasang tampon hidung adalah penanganan yang dilakukan untuk mengatasi mimisan. Mimisan merupakan keluarnya darah dari jaringan yang melapisi bagian dalam hidung.
Kondisi yang juga disebut epistaksis ini umum terjadi. Setidaknya 60 persen manusia pernah mengalami satu kali mimisan seumur hidupnya. Namun sebagian besar kasus mimisan dialami oleh anak usia di bawah 10 tahun.Pemasangan tampon hidung bukan berarti dokter akan memasukkan pembalut tampon ke dalam hidung pasien. Pada prosedur ini, dokter menggunakan kasa steril atau packing khusus ke dalam rongga hidung pasien.Materi tersebut akan memberi tekanan pada dinding septum yang memisahkan lubang hidung kanan dan kiri, sekaligus menyerap darah.

Kenapa pasang tampon hidung diperlukan?

Kebanyakan kasus mimisan tidak berbahaya dan dapat ditangani sendiri Lokasi hidung yang terletak di bagian tengah wajah dan pembuluh darah yang banyak pada permukaan hidung, membuat hidung menjadi target untuk cedera dan terjadinya mimisan.Akan tetapi pada beberapa kasus, mimisan bisa menjadi tanda awal dari masalah medis yang perlu diperhatikan.Terdapat dua jenis mimisan atau epistaksis berdasarkan lokasi pembuluh darah yang terkena, yaitu epistaksis anterior dan epistaksis posterior. Berikut penjelasannya:
  • Epistaksis anterior

Epistaksis anterior disebabkan oleh perdarahan dari bagian depan hidung, tepatnya di bagian bawah dinding septum yang memisahkan hidung kanan dan hidung kiri. Pembuluh darah kecil di bagian ini tergolong rapuh dan mudah berdarah.Jenis mimisan ini paling umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Epistaksis anterior sering dialami anak kecil dan umumnya bisa ditangani sendiri di rumah.
  • Epistaksis posterior

Epistaksis posterior terjadi karena perdarahan dari pembuluh darah yang lebih besar di hidung bagian belakang, dekat tenggorokan.Mimisan ini lebih berbahaya dibandingkan jenis anterior. Pasalnya, epistaksis posterior dapat menyebabkan perdarahan hebat yang mengalir ke belakang tenggorokan.Epistaksis posterior paling sering dialami oleh pasien dewasa dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.Pasang tampon hidung merupakan salah satu penanganan medis untuk mengatasi epistaksis. Pasien sebaiknya segera ke dokter bila mengalami:
  • Mimisan berulang kali
  • Mimisan yang terjadi setelah cedera
  • Mimisan tidak kunjung berhenti setelah 20 menit meski sudah ditangani secara mandiri, yakni memberi tekanan pada hidung

Bagaimana pasang tampon hidung dilakukan?

Prosedur pemasangan tampon hidung pada umumnya dilakukan dengan cara-cara berikut:
  • Dokter akan memasukkan kasa, spons hidung, atau balon lateks yang bisa dikembangkan ke dalam hidung.
  • Materi tersebut akan menekan bagian pembuluh darah yang menyebabkan perdarahan.
  • Tampon hidung akan dibiarkan berada dalam hidung selama 1-2 hari.
  • Setelah itu, pasien harus kembali ke klinik agar tampon bisa diangkat oleh petugas medis.

Apa saja komplikasi pasang tampon hidung?

Setelah pemasangan tampon hidung, perdarahan mungkin tetap terjadi. Bila ini terjadi, segeralah kembali ke dokter. Dokter bisa melakukan metode penanganan lain untuk mengatasi mimisan tersebut.
mimisanepistaksis
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/13464-nosebleed-epistaxis/management-and-treatment
Diakses pada 30 September 2020
Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/80526-overview
Diakses pada 30 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/allergies/qa/what-is-nasal-packing
Diakses pada 10 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email