Operasi selaput dara bisa menghadirkan sensasi menjadi perawan kembali.
Operasi selaput dara tidak membutuhkan rawat inap.

Apa itu prosedur operasi selaput dara?

Operasi selaput dara atau hymenoplasty atau hymen repair adalah istilah yang merujuk pada tindakan restorasi atau perbaikan himen atau selaput dara. Selama berabad-abad, keperawanan dianggap penting dalam status sosial, kehidupan reliji, serta moral. Bahkan keperawan menjadi semacam "label" pada perempuan yang belum pernah berhubungan seksual, dan selaput dara atau himennya masih utuh.

Operasi selaput dara untuk himen yang robek dilakukan bukan hanya untuk alasan adat dan reliji, tapi juga stasus sosial dan hubungan interpersonal.

Mengapa prosedur operasi selaput dara perlu dilakukan?

Menghilangkan jejak riwayat hubungan seksual penting bagi beberapa wanita, terutama dengan adat perkawinan yang sangat menjunjung tinggi keperawanan.

Namun, ada juga wanita yang menginginkan operasi selaput dara pada ulang tahun perkawinannya yang ke-25, untuk kembali merasakan sensasi menjadi perawan.S elain itu hymenoplasty dilakukan karena:

  • Pecah atau sobeknya selaput dara yang tidak disengaja, seperti bersepeda, menunggang kudu, hingga kecelakaan.
  • Hymen imperforate. Kondisi ini terjadi ketika seluruh lubang vagina ditutupi oleh selaput dara.
  • Hymenoplasty pada kasus ini dibuat untuk memungkinkan aliran darah bisa mengalir
  • Septate hymen. Kondisi ini terjadi jaringan selaput dara tebal dan kaku sehingga dapat menghambat penetrasi penis.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur operasi selaput dara?

Sebelum menjalani tindakan, pasien akan mendapat penjelasan mengenai prosedur operasi selaput dara dan dampaknya.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur operasi selaput dara?

Pasien akan ditempatkan pada posisi litotomi, yaitu berbaring dengan posisi kedua kaki dibuka, lutut ditekuk, dan tungkai diangkat. Dokter akan memberikan bius di tulang belakang pasien. Operasi berlangsung antara 1-2 jam tergantung jumlah perbaikan yang diperlukan.

Selanjutnya, dokter akan menandai lipatan di dinding depan vagina pada arah jam 2, 5, 8, dan 11. Lipatan pada arah jam 2 dan 5 didekatkan. Sementara itu, lipatan pada arah jam 8 dan 11 dijauhkan. Atau sebaliknya. Lipatan-lipatan tersebut akan diangkat hingga mencapai jaringan di bawah mukosa yang kendur.

Lalu saat sudah menemukan sisa selaput dara yang robek, dokter akan menggabungkan 1-3 lipatan mukosa ke sisa himen tersebut untuk direkonstruksi. Jika tidak ada kulit yang cukup untuk mengembalikan selaput dara atau jka selaput dara sudah tidak ada, ahli bedah dapat membuat selaput dara dari salah satu kulit vagina yang tipis (mukosa vagina) atau jaringan sintesis.

Pasien tidak perlu menjalani rawat inap. Namun, dokter akan memberikan antibiotik untuk dikonsumsi selama 5 hari. Selain itu, pasien akan diminta untuk menunda aktivitas seksual secara penetrasi, maupun kegiatan lain yang bisa merusak rekonstruksi selaput dara.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur operasi selaput dara?

Lipatan vagina akan sembuh tanpa mengalami infeksi maupun gangguan lain. Jahitan akan menyatu dengan kulit dalam waktu 25-35 hari. Pada kebanyakan pasien, rekonstruksi selaput dara robek saat mendapat tekanan dengan tingkat kekuatan sedang, melalui penetrasi seksual.

Apa risiko dari prosedur operasi selaput dara?

Operasi selaput dara ini menimbulkan kontraindikasi berupa disfungsi seksual wanita, gangguan kesehatan mental, dan gangguan malformasi tubuh.

NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3452628/pdf/12262_2009_Article_57.pdf
Diakses pada 17 Mei 2020

NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4564506/
Diakses pada 17 Mei 2020

Cherokee Women's Health.
https://cherokeewomenshealth.com/2016/08/hymenoplasty-rejuvenate-and-repair-damaged-hymen-cherokee-womens-health/
Diakses pada 17 Mei 2020

Artikel Terkait

Jerawat di vagina bisa membuat penderitanya tidak nyaman

Jerawat di Vagina Bikin Risih, Atasi dengan 4 Cara Ini

Memiliki jerawat di vagina tentu sangatlah mengganggu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.