Operasi Pengencangan Pantat

Operasi pengencangan pantat bisa memperbaiki penampilan bokong.Operasi pengangkatan pantat bisa membuat bokong terlihat lebih berisi.

Apa itu prosedur operasi pengencangan pantat atau butt lift surgery?

Prosedur operasi pengencangan pantat atau butt lift surgery adalah tindakan bedah plastik kosmetik, untuk memperbaiki penampilan bokong dengan cara mengangkat dan mengencangkan kulit bokong, agar tampilan bokong terlihat lebih sempurna.
Kelebihan kulit akan dihilangkan dan jaringan sekitar akan direposisi untuk membentuk kontur bokong yang lebih muda. Prosedur ini berbeda dari Brazilian butt lift, yang menambah volume bokong melalui penyuntikan lemak.Prosedur operasi pengencangan pantat ini bukanlah teknik tunggal. Ada kalanya teknik butt lift dikombinasikan dengan fat grafting, implan atau metode augmentasi lainnya termasuk penggunaan kelebihan kulit dari pasien itu sendiri. Kombinasi ini untuk mengubah bentuk dan ukuran bokong agar terlihat lebih berisi.

Mengapa prosedur operasi pengencangan pantat perlu dilakukan?

Saat usia bertambah tua, kondisi kulit berubah dan semakin kendur. Sebab, jaringan elastin akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu, paparan matahari, berat badan yang fluktuatif serta faktor genetik berkontribusi pada kelenturan kulit.Hal ini akan berpengaruh pada penampilan kulit bokong Anda yang mengendur. Prosedur operasi pengencangan pantat yang biasanya dikombinasikan dengan body contouring perlu dilakukan pada:
  • Individu dengan berat badan normal, yang mengalami perubahan dramatis pada penampilan tubuh bagian bawah
  • Individu dengan berat badan normal, yang mengalami perubahan kulit setelah menjalani prosedur liposuction karena penurunan elastisitas kulit akibat penuaan
  • Individu yang mengalami kehilangan berat badan secara signifikan dan berat badannya sudah stabil minimal 6-12 bulan
  • Individu dengan kondisi overweight dan tidak dapat mengurangi berat badannya melalui olahraga dan perubahan diet
Perlu Anda pahami bahwa prosedur ini tidak akan mengubah kualitas kulit. Prosedur ini hanya memperbaiki bentuk dan ukuran kulit untuk pembentukan kontur yang lebih baik. Prosedur ini juga belum tentu bisa dilakukan pada semua orang.Dokter tidak akan merekomendasikan prosedur ini jika Anda memiliki kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, operasi pengencangan bokong juga bukanlah jalan pintas untuk menjadi kurus dengan cepat.Kontraindikasi lain adalah jika Anda memiliki indeks massa tubuh lebih dari 32 kg/m², perokok dan memiliki kondisi mental yang tidak stabil.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur operasi pengencangan pantat?

Untuk menjamin prosedur ini berjalan dengan aman, Anda harus berkonsultasi dengan seorang dokter bedah plastik. Saat konsultasi pertama kali, dokter akan menanyakan tentang riwayat kesehatan serta konsumsi obat Anda, kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.Setelah itu, Anda akan diajak berdiskusi tentang ekspektasi Anda terhadap prosedur ini, termasuk manfaat, risiko dan bekas luka yang menyertai. Sebelum prosedur dilakukan, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini:
  1. Berhenti merokok:

    Merokok berisiko menurunkan aliran darah ke kulit sehingga memperlambat proses penyembuhan. Merokok juga meningkatkan risiko komplikasi.
  2. Menghindari obat-obatan tertentu:

    Jangan minum aspirin, obat anti-inflamasi dan suplemen herbal yang dapat meningkatkan risiko perdarahan.
  3. Menjaga berat badan:

    Idealnya Anda harus memiliki berat badan yang stabil selama 6-12 bulan sebelum prosedur. Kehilangan berat badan yang signifikan setelah prosedur dapat memengaruhi hasil operasi pengencangan pantat.
  4. Mencari pendampingan selama proses penyembuhan:

    Anda disarankan tidak mengemudi. Oleh karena itu, carilah bantuan dari orang terdekat untuk mendampingi selama masa penyembuhan.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur operasi pengencangan pantat?

Prosedur operasi pengencangan pantat sebenarnya hampir sama dengan operasi mayor lainnya. Setidaknya ada 5 tahap dalam tindakan medis ini yaitu:
  1. Pembiusan:

    Pembiusan dilakukan dengan cara memberikan obat kebal untuk kenyamanan selama prosedur berlangsung. Biasanya operasi pengangkatan pantat hanya memerlukan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan injeksi sedasi. Dokter bedah Anda akan merekomendasikan pilihan terbaik.
  2. Membuat sayatan:

    Insisi atau sayatan biasanya dibuat berbentuk elips pada bagian atas bokong mengikuti bikini line. Namun jumlah sayatan ini tergantung jumlah dan lokasi kelebihan kulit serta lemak yang akan dibuang. Dokter akan mendiskusikan hal ini dengan Anda sebelum prosedur dilakukan.
  3. Pembuangan kulit dan reposisi:

    Setelah dokter membuat sayatan, kelebihan kulit akan dibuang dan kulit akan dikencangkan di posisi baru.
  4. Penutupan sayatan:

    Insisi atau sayatan akan ditutup dengan jarum dan benang yang dapat diserap tubuh. Setelah itu dokter akan menyisipkan selang kecil untuk mengeringkan cairan atau darah pascaoperasi.
  5. Perawatan pascaoperasi:

    Setelah operasi, Anda akan dimonitor di ruang pemulihan. Anda juga akan menjalani rawat jalan selama 1-2 hari setelah operasi untuk memantau komplikasi.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur operasi pengencangan pantat?

Setelah prosedur selesai, dibutuhkan 2-3 minggu untuk masa penyembuhan sebelum Anda dapat beraktivitas normal. Pada beberapa kasus, pembengkakan terjadi selama beberapa minggu bahkan bulan. Kontur tubuh Anda akan berubah permanen asalkan berat badan Anda tidak naik atau turun secara signifikan.Dokter akan membuat sayatan di tempat yang tersembunyi sehingga bekas luka dapat tersamarkan. Walaupun bersifat permanen, tapi bekas luka ini akan tersamar dari hari ke hari dan merata dengan kulit di sekitarnya dalam jangka waktu 2 tahun. Setelah prosedur ini, penampilan bokong Anda lebih kencang.

Apa risiko dari prosedur operasi pengencangan pantat?

Seperti tipe operasi mayor lainnya, prosedur operasi pengencangan pantat memiliki risiko perdarahan, infeksi dan rekasi terhadapa anestesi. Beberapa risiko lainnya adalah:
  • Penumpukan cairan dibawah kulit (seroma). Penempatan selang drainase kecil setelah operasi akan membantu mengurangi risiko seroma. Dokter juga mengambil cairan setelah operasi dengan jarum dan suntikan.
  • Luka penyembuhan yang tidak sempurna. Kadang kala area di sepanjang garis insisi memiliki penyembuhan yang buruk atau terpisah. Anda harus mengonsumsi antibiotik dari dokter jika ada keluhan ini
  • Bekas luka. Bekas luka insisi dari prosedur butt lift bersifat permanen, tapi biasanya berada pada area yang tidak mudah terlihat mata
  • Perubahan sensasi pada kulit. Selama prosedur, reposisi jaringan Anda dapat memengaruhi saraf sensorik superfisial. Anda mungkin merasakan sedikit kebas pada area tersebut. Namun biasanya sensasi ini akan pulih setelah beberapa bulan atau tahun setelah operasi
  • Emboli lemak di paru dan jantung. Bila prosedur tidak berjalan baik, lemak yang diinjeksikan malah dapat masuk ke vena besar di bokong dan mengalir ke paru. Hal ini menyebabkan gagal napas dan kematian.
  • Hasil yang asimetri. Hasil estetika tidak memuaskan sehingga membutuhkan bedah revisi.
operasikulit dan kecantikanobesitas
American Board Cosmetics Surgery. https://www.americanboardcosmeticsurgery.org/procedure-learning-center/body-procedures/brazilian-butt-lift/
Diakses pada 18 April 2020
American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/body-lift Diakses pada 18 April 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/buttock-lift/about/pac-20393277
Diakses pada 18 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/brazilian-butt-lift#summary
Diakses pada 18 April 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/butt-lift-surgery-what-you-need-to-know-2710266
Diakses pada 18 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email