Operasi Otak Sadar

Operasi otak sadar perlu dilakukan oleh tim dokterOperasi otak sadar harus dilakukan oleh tim dokter

Apa itu operasi otak sadar?

Operasi otak sadar adalah prosedur pembedahan yang dilakukan dokter ahli bedah saraf dengan kondisi pasien sadar penuh. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi seperti tumor otak atau kejang epilepsi.
Pada kondisi-kondisi  ini diperlukan operasi otak sadar karena dokter bedah saraf membutuhkan Anda dapat merespon selama operasi berlangsung yang menentukan penanganan selama operasi.

Kenapa operasi otak sadar diperlukan?

Operasi otak sadar diindikasikan pada keadaan tumor otak atau kejang. Operasi otak sadar dimaksudkan agar ketika operasi berlangsung dokter tidak merusak area otak yang mempengaruhi fungsi berbicara dan pergerakan.Sulit sebenarnya menentukan area spesifik pembedahan sebelum operasi berlangsung, oleh karena itu operasi otak sadar dilakukan untuk membantu dokter bedah saraf menentukan secara tepat area pada otak yang mengatur fungsi-fungsi penting dalam tubuh sehingga dapat menghindarinya.

Siapa yang membutuhkan operasi otak sadar?   

Orang yang mungkin membutuhkan operasi otak sadar adalah orang yang mengalami tumor otak atau kejang berulang. 

Apa saja persiapan sebelum menjalani operasi otak sadar?

Persiapan yang dapat Anda lakukan sebelum menjalani operasi otak sadar diantaranya:
  • Diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai manfaat dan risiko operasi otak sadar
  • Sebelum operasi dilangsungkan, dokter bedah saraf akan meminta Anda melakukan pemeriksaan yang terdiri dari mengidentifikasikan gambar dan kata-kata dalam kartu atau komputer sehingga jawaban Anda tersebut dapat dibandingkan dengan jawaban Anda selama operasi berlangsung. Hal ini bertujuan agar dokter bedah saraf dapat menentukan efektivitas operasi.
  • Beritahukanlah kepada dokter mengenai obat-obat yang rutin Anda konsumi. Dokter akan memberitahukan obat mana saja yang harus dihentikan sebelum menjalani operasi.
  • Puasa minimal 6-12 jam sebelum operasi

Bagaimana operasi otak sadar dilakukan?

Secara garis besar, prosedur operasi otak sadar adalah sebagai berikut:
  • Dokter anestesi akan melakukan pembiusan khusus yang membuatpasien tidak merasa nyeri namun masih sadar
  • Selanjutnya dokter bedah akan membersihkan area pembedahan dengan cairan antiseptik untuk mencegah infeksi
  • Dokter bedah saraf akan menstimulasi area sekitar tumor otak dengan elektroda kecil. Untuk menentukan secara persis area otak yang harus dihindari dokter bedah saraf akan meminta pasien berbicara, menghitung, dan melihat gambar.
  • Dokter bedah saraf akan menggunakan gambar pencitraan pada otak yang diambil sebelum operasi dan selama operasi serta mengacu pada respon pasien untuk menentukan area fungsional otak yang harus dihindari saat operasi berlangsung.
  • Dokter bedah saraf akan mengangkat tumor otak dan sebisa mungkin menghindari area fungsional otak untuk mencegah komplikasi
  • Selama prosedur berlangsung, dokter anestesi akan terus memantau tanda vital pasien dan memantau apakah terdapat rasa nyeri.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah operasi otak sadar?

Setelah operasi otak sadar dikerjakan, dokter bedah saraf akan merekomendasikan pemeriksaan MRI untuk memastikan pengangkatan tumor atau fokus kejang telah berhasil. Anda mungkin akan diobservasi di ruang intensif selama beberapa hari.Setelah beberapa hari di rumah sakit, Anda mungkin diperbolehkan pulang. Anda mungkin akan mengalami sakit kepala selama beberapa minggu setelah operasi. Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri. Anda akan diminta kontrol ulang ke dokter bedah saraf dalam 5-7 hari setelah operasi.Secara umum, Anda dapat kembali bekerja dan beraktivitas seperti biasa dalam 6 minggu-3 bulan setelah operasi. Beritahukanlah dan konsultasikanlah kepada dokter Anda bila selama masa pemulihan Anda mengalami:
  • Sakit kepala yang secara progresif memberat
  • Demam tinggi
  • Masalah pada luka operasi (rasa nyeri yang bertambah, pembengkakan, dan keluar cairan)
  • Terjadi gejala baru atau gejala memberat seperti kelemahan pada ekstremitas dan rasa baal
  • Sering mengantuk tanpa alasan jelas

Apa saja komplikasi operasi otak sadar?

Seperti prosedur medis lainnya, operasi otak sadar juga tidak luput dari risiko. Risiko yang mungkin terjadi antara lain:
  • Defisit neurologis sementara atau permanen (contoh stroke atau kelumpuhan pada organ pergerakan atau kesulitan berbicara)
  • Terbentuk hematoma/bekuan darah pada area operasi
  • Pembengkakan otak
  • Infeksi otak
  • Kebocoran cairan otak
Bila Anda mengkhawatirkan risiko yang mungkin terjadi, diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter mengenai manfaat dan risio operasi sebelum menjalaninya.
kejangepilepsitumor otak
NHS. https://www.uhs.nhs.uk/OurServices/Brainspineandneuromuscular/Neurosurgery/Diagnosisandtreatment/Braintumours/Awakecraniotomy.aspx
Diakses pada 29 April 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/awake-brain-surgery/about/pac-20384913
Diakses pada 29 April 2020
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/neurology_neurosurgery/centers_clinics/ionm/types/intraoperative-brain-mapping.html
Diakses pada 29 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email