Operasi Mohs bekerja dengan mengangkat satu persatu lapisan kanker yang diperiksa di bawah mikroskop.
Operasi Mohs sangat ideal untuk mengobati kanker kulit pada wajah, telinga, atau alat kelamin.

Apa itu prosedur operasi Mohs surgery?

Operasi Mohs adalah suatu teknik bedah yang digunakan untuk mengobati kanker kulit. Operasi Mohs bekerja dengan cara mengangkat lapisan tipis kulit yang terjangkit sel kanker.

Lapisan tersebut diangkat satu persatu dan diperiksa di bawah mikroskop hingga tinggal menyisakan jaringan yang bebas kanker. Kelebihan prosedur ini adalah dapat mengurangi kemungkinan dibutuhkannya perawatan lanjutan atau operasi tambahan di masa mendatang.

Dibutuhkan analisis mikroskopis untuk memeriksa sel-sel jaringan yang diangkat saat operasi berlangsung. Atas alasan itu, prosedur ini dikenal juga sebagai bedah mikrografi Mohs.

Teknik ini dapat meminimalisir luka bekas operasi sehingga sangat ideal untuk menghilangkan kanker kulit pada wajah, telinga, atau alat kelamin. Operasi Mohs biasanya dilakukan secara rawat jalan dengan menggunakan anestesi lokal.

Mengapa prosedur operasi Mohs perlu dilakukan?

Dokter akan merekomendasikan operasi Mohs untuk mengobati kanker kulit yang umum seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa, serta beberapa jenis melanoma dan kanker kulit lainnya yang kurang umum.

Operasi Mohs sangat berguna untuk kanker kulit dengan kondisi berikut ini:

  • Berisiko tinggi untuk kambuh atau kanker yang kambuh dari perawatan sebelumnya
  • Terletak di area jaringan sehat yang harus dipertahankan, seperti mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki, dan alat kelamin
  • Memiliki batas lesi yang sulit untuk ditentukan
  • Berukuran besar atau agresif

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur operasi Mohs?

Dokter bedah Anda akan memberitahukan yang harus Anda persiapkan sebelum operasi dilakukan. Anda mungkin diminta untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menghentikan konsumsi obat tertentu. Beri tahu dokter bedah Anda mengenai obat atau suplemen yang Anda konsumsi, termasuk obat pengencer darah. Beberapa suplemen dapat menyebabkan Anda mengalami perdarahan setelah operasi. Lanjutkan konsumsi obat lainnya sesuai instruksi dokter bedah.
  • Kosongkan jadwal Anda pada hari operasi dilaksanakan. Dokter tidak dapat memprediksi lamanya operasi mohs akan berlangsung. Bagi kebanyakan orang, prosedur ini memakan waktu kurang dari 4 jam, tapi selalu ada kemungkinan operasi akan berjalan lebih lama dari biasanya.
  • Memakai pakaian yang nyaman dan longgar.
  • Jika Anda akan menjalani operasi di dekat mata dan memakai lensa kontak, tanyakan kepada dokter mengenai keharusan untuk melepasnya pada hari itu.
  • Jika memakai gigi palsu dan perlu menjalani operasi di dekat mulut, Anda mungkin perlu melepas gigi palsu selama prosedur berlangsung.
  • Karena tidak akan dibius total, biasanya Anda disarankan untuk sarapan sebelum menjalani operasi.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur operasi Mohs?

Operasi Mohs selalu dilakukan di fasilitas medis yang memiliki laboratorium. Anestesi atau obat bius akan disuntikkan di area tumor. Area ini akan mati rasa sepenuhnya dan Anda tidak akan merasakan sakit selama prosedur berlangsung.

Dokter bedah akan mengangkat tumor bersama satu lapisan jaringan di sekitarnya menggunakan pisau bedah. Tumor dan jaringan akan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis dan Anda akan diminta menunggu.

Masa tunggu ini dapat berlangsung hingga 1 jam atau lebih. Anda akan dapat pergi kamar kecil jika perlu. Jika lokasi tumor bukan di samping mulut, Anda juga dapat menikmati makanan ringan atau minuman sembari menunggu.

Di laboratorium, sampel jaringan akan dibagi dan dianalisis. Jika petugas medis menemukan kanker, maka lapisan jaringan tambahan pada sel kanker akan diangkat. Proses ini berlanjut hingga tidak ada lagi sel kanker yang terdeteksi.

Jika mengalami melanoma ganas, sangat penting bagi dokter bedah Anda untuk mengangkat setiap sel melanoma tersebut untuk mengurangi kemungkinan penyebaran kanker (metastasis) ke bagian lain tubuh.

Jika prosedur ini berlangsung sangat lama, Anda mungkin akan mendapatkan suntikan anestesi tambahan.

Setelah itu, dokter bedah Anda akan menentukan cara terbaik untuk memperbaiki area operasi. Jika luka bedah sangat kecil, area tersebut mungkin akan dibiarkan sembuh secara alami, atau mungkin ditutup dengan jahitan.

Terkadang dokter bedah Anda akan melakukan pencangkokan kulit atau konstruksi lipatan kulit. Jika pengangkatan jaringan dilakukan untuk area yang luas, Anda mungkin memerlukan operasi plastik tambahan di kemudian hari.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur operasi mohs?

Operasi mohs memberikan tingkat kesembuhan tertinggi dibandingkan semua tindakan pengobatan sel basal dan karsinoma sel skuamosa lain. Angka keberhasilannya lebih dari 99% untuk kanker kulit baru, dan 95% untuk kanker yang kambuh.

Dokter akan menjadwalkan janji temu sebagai tindak lanjut rutin untuk memeriksa kulit Anda, jika ada kanker baru yang tumbuh. Umumnya, dokter akan menjadwalkan 2 kali pertemuan dalam setahun. Namun mungkin Anda membutuhkan jadwal konsultasi yang lebih sering jika mengalami kanker dengan tipe agresif.

Apa risiko dari prosedur operasi mohs?

Operasi mohs umumnya dianggap sangat aman, tetapi ada beberapa risiko seperti:

  • Perdarahan di area operasi
  • Perdarahan di dalam luka (hematoma) dan jaringan di sekitarnya
  • Nyeri di daerah kulit yang diangkat
  • Infeksi

Meskipun lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi, ada potensi masalah lain yang meliputi:

  • Mati rasa sementara atau permanen di area operasi
  • Kelemahan di area tertentu, jika tumor berukuran besar dan dokter memotong saraf otot saat mengangkatnya
  • Gatal atau sakit di area operasi
  • Bekas luka yang tebal dan menonjol di area operasi

Artikel Terkait

Jenis kanker kulit melanoma dan karsinoma bisa dibedakan dari gejala, lokasi tumbuhnya, dan persebarannya.

Jenis Kanker Kulit Mana yang Lebih Bahaya, Karsinoma atau Melanoma?

Jenis kanker kulit melanoma berbeda dengan karsinoma memiliki perbedaan mendasar. Mulai dari segi letak berkembangnya sel kanker, gejala, hingga penyebarannya.