Operasi Lipatan Lambung (Gastric Plication)

07 Aug 2020|dr. Levina Felicia
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pada operasi lipatan lambung atau gastric plication, dokter akan melakukan teknik laparoskopiOperasi lipatan lambung (gastric plication) dilakukan dengan teknik laparoskopi

Apa itu operasi lipatan lambung (gastric plication)?

Operasi lipatan lambung atau gastric plication adalah salah satu jenis operasi bariatrik, yaitu pembedahan untuk menurunkan berat badan. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah.
Gastric plication akan mengecilkan ukuran lambung. Dengan ini, porsi makanan yang dikonsumsi dalam satu waktu dapat berkurang dan pasien lebih cepat kenyang.Operasi lipatan lambung juga dikenal dengan istilah gastric imbrication atau greater curvature plication. Pada pembedahan ini, dokter akan membuat lipatan besar di dalam lambung untuk mengurangi ukuran lambung hingga 75 persen.Gastric plication dilakukan dengan teknik operasi laparoskopi. Pasalnya, laparoskopi memiliki waktu pemulihan lebih cepat dan sayatan yang lebih kecil daripada operasi terbuka.

Kenapa operasi lipatan lambung (gastric plication) diperlukan?

Gastric plication tergolong prosedur retriktif yang akan mengurangi ukuran lambung dan membatasi jumlah makanan yang masuk ke lambung dalam sekali makan. Prosedur ini juga tidak mengurangi penyerapan nutrisi atau melibatkan pembuatan jalur baru pada usus.Setelah makan sedikit, pasien yang sudah menjalani operasi ini, dapat merasa kenyang dengan cepat dan tetap kenyang selama beberapa jam.Operasi lipatan lambung termasuk operasi bariatrik yang masih dalam tahap pengembangan. Namun para peneliti menemukan bahwa hasil operasi ini cukup baik bila dibandingkan dengan operasi bariatrik lainnya.Beberapa keuntungan operasi lipatan lambung meliputi:
  • Tidak melibatkan pembuatan saluran baru pada usus, seperti pada gastric bypass.
  • Tidak melibatkan penggunaan alat tambahan pada lambung, seperti pada gastric banding.
  • Prosedur bersifat reversibel atau dapat dibatalkan, sehingga berbeda dengan gastric bypass atau sleeve gastrectomy yang bersifat permanen.

Siapa yang membutuhkan operasi lipatan lambung (gastric plication)?

Dokter bisa menganjurkan operasi lipatan lambung pada pasien yang memiliki:

Apa saja persiapan untuk menjalani operasi lipatan lambung?

Pada umumnya, persiapan yang perlu dilakukan sebelum gastric plication meliputi:
  • Memberi tahu dokter mengenai kondisi kesehatan dan riwayat medis pasien.
  • Menginformasikan pada dokter tentang obat-obatan yang sedang dikonsumsi, termasuk obat resep, obat bebas, suplemen herbal, maupun vitamin.
  • Memberi tahu dokter mengenai jenis alergi yang dimiliki.
  • Berpuasa sesuai anjuran dokter.
  • Tidak merokok karena kebiasaan ini dapat mengganggu proses pemulihan.
  • Mengonsumsi atau menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter.

Bagaimana operasi lipatan lambung (gastric plication) dilakukan?

Operasi lipatan lambung membutuhkan anestesi. Setelah obat bius bekerja dengan efektif, pembedahan kemudian dilaksanakan dengan teknik laparoskopi berikut:
  • Dokter akan membuat sayatan kecil pada perut.
  • Dokter lalu memasukkan alat laparoskop yang memiliki kamera dan lampu di ujungnya. Kamera dan lampu ini terhubung dengan layar monitor di ruang operasi.
  • Dengan panduan kamera, dokter bedah akan membentuk lipatan pada lambung dan menjahit bagian ujungnya. Lipatan baru kemudian dibuat, lalu dijahit kembali.
  • Dengan lipatan tersebut, ukuran lambung pasien akan berkurangi hingga sekitar 70 persen.
Gastric plication umumnya membutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga dua jam. Setelah operasi, pasien perlu menjalani perawatan di rumah sakit selama 1-2 hari.

Apa yang perlu diperhatikan setelah operasi lipatan lambung?

Setelah gastric plication, pasien perlu menjalani diet restriktif sekitar enam minggu pascaoperasi. Pasien kemudian menjalani diet khusus bariatrik.Pada dua minggu pertama, diet pasien berupa diet cair. Pada minggu ketiga dan minggu keempat, pasien sudah mulai bisa mengonsumsi sup. Lalu pada minggu kelima dan keenam, pasien dapat mengonsumsi buah-buahan dan yoghurt.Pasien dapat melanjutkan aktivitas fisik ringan setelah satu bulan. Jenis olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki.

Apa saja komplikasi operasi lipatan lambung (gastric plication)?

Risiko komplikasi gastric plication cenderung rendah. Efek samping prosedur ini biasanya berupa mual dan muntah, yang dapat dialami hingga satuminggu pascaprosedur.Sementara komplikasi operasi lipatan lambung yang lain bisa meliputi:
  • Reaksi alergi terhadap anestesi
  • Lepasnya jahitan
  • Kebocoran dari area operasi yang membutuhkan operasi tambahan untuk memperbaikinya
obesitas
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/weight-loss-surgery/gastric-plication
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bariatric Surgery Source. https://www.bariatric-surgery-source.com/gastric-plication-surgery.html
Diakses pada 7 Agustus 2020
UC San Diego Health. https://health.ucsd.edu/specialties/surgery/bariatric/weight-loss-surgery/Pages/gastric-plication.aspx
Diakses pada 7 Agustus 2020
Navicent Health. https://www.navicenthealth.org/bmi/gastric-plication
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email