Bantuan tim dokter dibutuhkan untuk operasi jantung bocor
Operasi jantung bocor membutuhkan bantuan tim dokter

Apa itu operasi jantung bocor?

Jantung bocor merupakan kondisi medis ketika katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Jantung memiliki empat jenis katup, yaitu katup mitral, trikuspid, pulmonal, dan aorta.

Keempat katup tersebut membuka dan menutup dengan mengikuti denyut jantung. Tujuannya adalah menjaga agar arah aliran darah jantung tetap normal dan tidak kembali lagi ke tempat semula.

Operasi jantung bocor adalah pembedahan yang dilakukan untuk mengatasi kelainan katup jantung yang terjadi. Pada operasi ini, dokter akan memperbaiki katup jantung yang bermasalah, atau atau mengganti katup yang rusak dengan katup buatan.

Kenapa operasi jantung bocor diperlukan?

Ketika katup jantung tidak membuka dan menutup sebagaimana mestinya, aliran darah akan terganggu. Dalam dunia medis, kelainan katup ini terdiri atas dua jenis yang meiputi:

  • Stenosis katup jantung

Stenosis katup jantung ditandai dengan katup yang tidak membuka dengan baik karena katup yang menjadi kaku atau saling menempel.

Darah pun sulit melewati katup, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah melalui katup tersebut. Keempat katup jantung dapat mengalami stenosis.

  • Regurgitasi katup jantung

Pada regurgitasi atau insufisiensi katup jantung, katup tidak bisa menutup dengan baik. Oleh karena itu, darah dapat mengalami kebocoran dan kembali ke ruangan jantung sebelumnya (aliran balik).

Semakin besar kebocoran yang terjadi, jantung harus bekerja semakin keras untuk mengalirkan lebih banyak darah. Sama seperti stenosis, kondisi ini juga dapat dialami oleh keempat katup.

Untuk mengatasi jenis-jenis kelainan pada katup jantung tersebut, operasi jantung bocor biasanya perlu dilakukan.

Siapa yang membutuhkan operasi jantung bocor?

Operasi jantung bocor dibutuhkan untuk mengatasi masalah pada salah satu katup jantung atau lebih. Penderita gangguan katup jantung umumnya akan mengalami sederet gejala berikut:

Apa saja persiapan untuk menjalani operasi jantung bocor?

Operasi jantung bocor merupakan pembedahan yang dijadwalkan terlebih dahulu sejak beberapa minggu sebelumnya. Karena itu, pasien perlu:

1. Menyampaikan semua informasi medis

Pasien perlu menginformasikan pada dokter apabila:

2. Menjalani pemeriksaan

Tes darah dan pemeriksaan preoperatif lain juga akan dilakukan untuk memastikan bahwa pasien dalam kondisi baik untuk operasi.

3. Menjaga kesehatan hingga hari operasi

Pasien bisa menjaga kesehatan dengan mematuhi anjuran dokter dalam mengonsumsi makanan bergizi, tidur dan berolahraga cukup, serta mengendalikan stres.

Bagaimana operasi jantung bocor dilakukan?

Operasi jantung bocor akan dilakukan di bawah pengaruh anestesi umum (bius total). Karena itu, pasien akan tertidur selama prosedur.

Mesin pintas jantung paru (heart-lung bypass machine) lalu akan dipasang pada tubuh pasien. Alat ini akan memastikan jantung tetap bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh selama operasi.

Setelah persiapan selesai, operasi jantung bocor akan dilaksakanakan. Operasi ini dapat dilakukan dengan teknik bedah terbuka maupun invasif minimal.

Pada teknik bedah terbuka, dokter akan membuat sayatan cukup besar guna membuka dinding dada. Sedangkan teknik invasif minimal memungkinkan dokter untuk membuat sayatan lebih kecil dan memasukkan alat bedah berbentuk selang yang dibutuhkan.

Secara umum, terdapat dua jenis operasi di bawah ini untuk mengatasi jantung bocor:

1. Perbaikan katup jantung

Operasi perbaikan katup jantung akan dianjurkan terlebih dulu jika memungkinkan untuk  kondisi pasien. Prosedurnya meliputi:

  • Menambal lubang pada katup
  • Menyambung katup
  • Mengangkat jaringan berlebih pada katup agar dapat menutup dengan baik
  • Mengganti jaringan penyokong katup
  • Memisahkan katup yang menyatu
  • Memperkuat jaringan seperti cincin yang mengelilingi katup

Untuk mengatasi katup yang menyempit, dokter biasanya melakukan balloon valvuloplasty. Operasi ini menggunakan kateter khusus dengan balon di ujungnya.

Dokter akan memasukkan kateter lewat pembuluh darah di selangkangan dan mengarahkannya ke katup jantung yang rusak. Balon lalu akan dikembangkan agar katup akan terbuka.

Setelah itu, balon akan kembali dikempiskan. Kemudian dokter akan mengeluarkannya dengan kateter dari tubuh pasien.

2. Penggantian katup jantung

Prosedur ini menjadi pilihan jika katup jantung tidak dapat diperbaiki lagi. Dokter akan mengangkat katup jantung yang rusak dan menggantinya dengan katup buatan (mekanik), atau katup biologis yang terbuat dari jaringan tubuh sapi, babi, maupun manusia.

Katup biologis dapat mengalami degenerasi dalam jangka waktu tertentu, sehingga perlu diganti. Sementara pasien dengan katup buatan (mekanik) perlu mengonsumsi obat pengencer darah seumur hidup untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah pada katup.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah operasi jantung bocor?

Setelah operasi, pasien perlu dirawat selama 1-2 hari di ruang perawatan intensif (ICU). Selama di ruangan ini, dokter akan:

  • Memberikan cairan dan obat-obatan pada pasien melalui infus.
  • Memasang selang kencing dan selang drainase di dada Selang drainase akan mengeluarkan darah serta cairan dari lokasi operasi.
  • Memasang masker atau selang oksigen ke tubuh

Begitu kondisi pasien dinilai stabil oleh dokter, pasien akan dipindahkan ke ruang rawat biasa. Selama menjalani perawatan di ruangan ini, dokter dan tenaga medis lain akan:

  • Memantau keadaan dan tanda infeksi pada lokasi operasi.
  • Mengawasi tekanan darah, pernapasan, dan denyut jantung pasien.
  • Memberikan obat yang diperlukan untuk mengatasi nyeri pasc
  • Memberi instruksi selama masa pemulihan, seperti berjalan, batuk, dan latihan

Sebelum pasien diizinkan pulang, dokter atau perawat akan memberikan instruksi mengenai perawatan luka operasi di rumah berikut:

  • Luka idak boleh terkena air selama 3-7 hari
  • Jangan melepas plester luka operasi tanpa persetujuan dokter
  • Jangan mengoleskan salep atau obat apapun pada luka, kecuali sudah diresepkan oleh dokter

Masa pemulihan pascaoperasi jantung bocor umumnya memakan waktu sekitar 1-3 bulan. Namun durasinya bisa berbeda-beda pada tiap pasien, tergantung pada kondisinya.

Pasien juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi guna mempercepat proses penyembuhan setelah menjalani operasi jantung ini.

Apa saja komplikasi operasi jantung bocor?

Risiko komplikasi operasi jantung bocor dapat berupa:

WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/guide/heart-valve-disease#1
Diakses pada 18 Juni 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/heart-valve-surgery/about/pac-20384901
Diakses pada 18 Juni 2020

Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/heart-valve-repair-or-replacement-surgery
Diakses pada 18 Juni 2020

Artikel Terkait

Orang-orang yang menderita penyakit jantung berisiko mengalami henti jantung mendadak lebih tinggi

Apa yang Terjadi pada Otot Jantung Saat Mengalami Henti Jantung Mendadak?

Henti jantung mendadak adalah kondisi jantung berhenti berdenyut tiba-tiba. Kondisi ini menyebabkan darah berhenti mengalir ke otot jantung dan organ-organ vital dalam tubuh.