Operasi Ganglion

08 Oct 2020|dr. Levina Felicia
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Operasi ganglion bertujuan mengangkat kista ganglion yang umumnya tumbuh di pergelangan tanganOperasi ganglion akan mengangkat kista ganglion yang biasa tumbuh di pergelangan tangan

Apa itu operasi ganglion?

Operasi ganglion adalah pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat kista ganglion. Prosedur ini bertujuan meredakan nyeri serta memperbaiki fungsi sendi dan penampilan secara umum.
Kista ganglion merupakan benjolan jinak berisi cairan, yang biasanya terbentuk di area persendian. Kondisi ini paling sering ditemukan pada tangan dan pergelangan tangan. Tapi beberapa kista ganglion juga dapat muncul di kaki maupun pergelangan kaki.Sebagian kista ganglion tidak memerlukan pengobatan. Namun pada beberapa kasus, pengangkatan dengan cara operasi mungkin dibutuhkan.Pada operasi ganglion, dokter akan mengangkat kapsul atau tangkai kista guna mengeluarkan seluruh kista ganglion. Tapi meski operasi telah dilakukan, kondisi medis ini bisa saja kembali terjadi.

Kenapa operasi ganglion diperlukan?

Pada umumnya, operasi kista ganglion direkomendasikan oleh dokter dengan tujuan sebagai berikut:
  • Meredakan nyeri karena kista ganglion menekan saraf di sekitarnya
  • Mengembalikan fungsi sendi karena kista ini bisa menghambat pergerakan sendi, sehingga pasien dapat kembali beraktivitas dengan lancar
  • Memperbaiki penampilan dan estetika, terutama bila kista ganglion berukuran besar
  • Mengurangi kemungkinan kista ganglion kembali terjadi

Siapa yang membutuhkan operasi ganglion?

Kista ganglion biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri, sehingga tidak ada penanganan khusus yang akan diberikan. Kista ini juga dapat hilang sendiri, tapi butuh waktu lama hingga bertahun-tahun.Penanganan medis diperlukan bila kista ganglion menimbulkan nyeri dan mengganggu gerak sendi pasien. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan berupa imobilisasi atau aspirasi.Imobilisasi dilakukan untuk membatasi gerak sendi dengan brace atau split. Dengan ini, gejala diharapkan bisa berkurang dan ukuran kista ganglion dapat mengecil.Sementara aspirasi dilaksanakan dengan mengeluarkan cairan dari dalam kista ganglion melalui jarum. Prosedur ini paling sering dilakukan pada kasus kista ganglion yang tumbuh di bagian atas pergelangan tangan.Apabila kista ganglion tidak kunjung membaik dengan kedua metode terapi di atas, operasi ganglion bisa menjadi pilihan. Operasi juga disarankan jika kista ini telah menekan organ penting di sekitarnya, pembuluh darah, atau serabut saraf.

Apa saja persiapan untuk menjalani operasi ganglion?

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh pasien sebelum operasi meliputi:
  • Memastikan ada kerabat atau teman yang mengantar pulang dan membantu pasien beraktivitas selama masa pemulihan
  • Menginformasikan pada dokter mengenai alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu
  • Menanyakan ada tidaknya konsumsi obat-obatan yang perlu dihentikan, misalnya obat yang dapat meningkatkan risiko perdarahan selama operasi
  • Berhenti merokok karena kebiasaan ini bisa memicu masalah pernapasan selama operasi serta menghambat masa pemulihan
  • Berpuasa pada beberapa jam sebelum operasi

Bagaimana operasi ganglion dilakukan?

Operasi ganglion dapat dilakukan di bawah pengaruh anestesi lokal atau anestesi umum. Dokter spesialis anestesi dan bedah akan menentukan jenis anestesi yang sesuai untuk pasien.Pada anestesi umum, pasien akan tertidur selama operasi. Sementara pada anestesi lokal, pasien akan tetap sadar, namun tidak merasa nyeri.Terdapat dua jenis operasi ganglion yang bisa menjadi pilihan. Apa sajakah itu?
  • Bedah terbuka

Dokter akan membuat sayatan dengan ukuran sekitar 5 cm pada area sendi atau tendon yang mengalami kista ganglion. Setelah itu, dokter akan mengangkat kista.
  • Operasi artroskopi (arthroscopic surgery)

Dokter akan membuat sayatan yang lebih kecil, lalu memasukkan alat bernama artroskop ke dalam sayatan. Alat ini memiliki kamera sehingga dokter bisa melihat kondisi dalam sendi.Dengan bantuan artroskop sebagai pemandu, dokter akan menggunakan instrumen bedah untuk mengangkat kista ganglion.Jenis operasi yang dilakukan akan tergantung pada lokasi ganglion, jenis anestesi, dan pertimbangan dari dokter bedah.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah operasi ganglion?

Pasien biasanya bisa pulang pada hari yang sama dengan hari operasi. Dokter akan mengajarkan serangkaian gerakan untuk melatih sendi yang mengalami kista ganglion.Gerakan latihan tersebut perlu dilakukan secara rutin untuk membantu dalam pemulihan agar pasien dapat kembali beraktivitas normal.Perban dengan atau tanpa splint juga akan dipasang di area kista ganglion yang sudah dioperasi. Dokter akan memberikan petunjuk terkait jadwal kontrol ulang untuk melepas jahitan, biasanya dalam 1-2 minggu. Sementara bekas luka operasi akan menghilang seiring waktu.Perlu diperhatikan bahwa sendi, tempat kista ganglion diangkat, mungkin masih akan terasa nyeri. Kista ganglion juga bisa saja muncul kembali dalam beberapa bulan atau beberapa tahun.Pasien pun disarankan untuk tidak merokok setidaknya 6-8 minggu pascaprosedur. Pasalnya, perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk menjalani waktu penyembuhan yang lebih lama.

Apa saja komplikasi operasi ganglion?

Risiko komplikasi operasi ganglion dapat berupa:
  • Komplikasi yang berkaitan dengan obat anestesi, misalnya alergi
  • Kista ganglion yang muncul kembali
  • Infeksi
  • Perdarahan
  • Meski jarang terjadi, cedera pada saraf atau pembuluh darah di area kista ganglion juga bisa terjadi
nyeri sendikista ganglion
Healthline. https://www.healthline.com/health/ganglion-cyst-removal
Diakses pada 8 Oktober 2020
Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/surgery/excision-of-a-ganglion
Diakses pada 8 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ganglion/
Diakses pada 8 Oktober 2020
Summit Health Management. https://www.summitmedicalgroup.com/library/adult_health/aha_ganglionectomy/
Diakses pada 8 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ganglion-cyst/diagnosis-treatment/drc-20351160
Diakses pada 8 Oktober 2020
Ramsay Health Care. https://www.ramsayhealth.co.uk/treatments/ganglion-cysts
Diakses pada 8 Oktober 2020
American Academy of Orthopeadic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/ganglion-cyst-of-the-wrist-and-hand/
Diakses pada 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email