Operasi Ambeien

09 Jun 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Operasi ambein dilakukan untuk menangani wasir yang mengganggu kenyamanan pasienOperasi ambein dianjurkan untuk mengatasi wasir yang mengganggu rutinitas

Apa itu operasi ambeien?

Operasi ambeien adalah tindakan medis yang dilakukan dokter bedah untuk mengatasi ambeien atau wasir. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut juga sebagai hemoroid. 

Operasi untuk mengatasi ambeien bisa dilakukan dengan beberapa metode, seperti ligasi, banding atau pengikatan, terapi koagulasi, hingga stapled. Dokter akan menentukan jenis mana yang paling sesuai dengan kondisi pasien. 

Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah vena rektum. Pembengkakan ini dapat terjadi di dalam rektum (hemoroid internal) atau dapat menonjol keluar (hemoroid eksternal) bila sudah sangat besar.

Wasir bisa sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas. Pasalnya, kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit, gatal pada anus, sulit duduk, bahkan perdarahan.

Kebanyakan ambeien yang kambuh akan membaik sendiri dalam dua minggu. Namun pada kasus tertentu, operasi wasir terkadang menjadi pilihan pengobatan ambeien yang paling efektif. 

Berapa biaya operasi ambeien?

Biaya operasi ambeien dapat bervariasi dan tergantung dari jenis operasi yang akan dilakukan oleh dokter bedah. Sebagai gambaran, bedah wasir di rumah sakit swasta bisa dikenakan biaya mulai dari dua juta hingga puluhan juta rupiah. 

Jika Anda terdaftar sebagai peserta BPJS, operasi ini termasuk jenis tindakan medis yang ditanggung oleh BPJS kesehatan selama Anda mengikuti prosedur yang berlaku.

Kenapa operasi ambeien diperlukan?

Tujuan operasi wasir adalah untuk menghilangkan atau membuat ambeien mengecil. Operasi ini dilakukan dengan cara:

  • Mengangkat wasir
  • Mengurangi suplai darah yang mengalir ke wasir

Meski begitu, tidak semua kasus wasir memerlukan operasi. Menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons (ASCRS), operasi ambeien diperlukan pada sekitar 10% dari seluruh kasus. 

Wasir sendiri memiliki empat klasifikasi sebagai berikut: 

  • Derajat 1: Benjolan tidak terlihat karena berada di bagian dalam anus
  • Derajat 2: Benjolan dapat diraba dan dapat kembali masuk sendiri ke lubang anus tanpa perlu didorong dengan tangan
  • Derajat 3: Benjolan makin besar hingga menonjol di luar saluran anus dan harus dimasukkan dengan bantuan tangan
  • Derajat 4: Benjolan tidak dapat dimasukkan sama sekali

Dokter akan menentukan penanganan hemoroid berdasarkan tingkat keparahannya. Ciri-ciri ambeien yang harus ditangani dengan operasi meliputi:

  • Hemoroid eksternal yang telah mengalami iritasi atau infeksi 
  • Wasir dengan gejala yang parah dan sangat mengganggu kehidupan pasien
  • Wasir derajat 3, 4, atau campuran wasir internal dan eksternal yang bergejala
  • Wasir yang tidak kunjung sembuh meski telah diobati dengan penanganan selain operasi
  • Gejala wasir muncul bersamaan dengan penyakit anus lain, yang memerlukan pembedahan
  • Benjolan wasir muncul lebih dari satu
  • Terjadi komplikasi

Apa saja persiapan sebelum menjalani operasi ambeien?

Persiapan yang dapat Anda lakukan sebelum menjalani operasi ambeien meliputi:

  • Menjalani pemeriksaan medis dan berkonsultasi dengan dokter bedah mengenai pilihan operasi
  • Mendiskusikan manfaat dan risiko prosedur, serta ekspektasi Anda
  • Menginformasikan pada dokter apabila Anda sedang hamil
  • Menginformasikan pada dokter mengenai obat-obatan yang rutin Anda konsumsi karena mungkin ada konsumsi beberapa jenis obat yang perlu dihentikan sebelum operasi, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat pengencer darah
  • Berhenti merokok setidaknya dua minggu sebelum operasi kebiasaan ini dapat memperlambat penyembuhan luka bekas operasi
  • Pada hari sebelum operasi, Anda kemungkinan akan diminta untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan tidak berminyak
  • Sehari sebelum operasi, Anda akan diminta untuk membersihkan usus dengan magnesium sitrat di sore hari atau enema natrium fosfat di malam hari dan satu jam sebelum berangkat ke rumah sakit
  • Anda akan diminta untuk hanya minum air putih hingga empat jam sebelum operasi, lalu berpuasa
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan mempersiapkan barang-barang pribadi jika Anda harus menjalani rawat inap 

Bagaimana operasi ambeien dilakukan?

Operasi wasir dapat dilakukan di ruang praktek dokter atau di ruang operasi rumah sakit. Sedangkan durasi operasi ini akan bergantung pada jenis operasi yang dipilih. 

Beberapa metode operasi ambeien yang bisa dianjurkan oleh dokter meliputi:

1. Hemorrhoidectomy

Hemorrhoidectomy adalah operasi pengangkatan ambeien. Prosedur ini melibatkan proses pembiusan dan pembuatan sayatan kecil di sekitar anus untuk mengakses wasir yang akan diangkat. 

Tergantung pada kondisi pasien, setelah ambeien dikeluarkan, dokter dapat menjahit atau membiarkan luka sayatan.

Prosedur ini dilakukan untuk hemoroid luar atau hemoroid dalam yang prolaps, menimbulkan gejala parah, dan tidak dapat disembuhkan dengan langkah pengobatan lain.

2. Hemorrhoidopexy 

Hemorrhoidopexy atau stapled hemorrhoidectomy adalah prosedur operasi yang menggunakan alat seperti stapler. Operasi ini juga membutuhkan pembiusan pada pasien.

Setelah pasien di bawah pengaruh obat bius, dokter akan menjepit wasir dengan stapler khusus untuk mengembalikan ambeien ke posisi normalnya di lubang anus. 

Prosedur ini juga bertujuan menghentikan aliran darah ke ambeien. Tanpa aliran darah, ambeien akan mengecil dengan sendirinya.

Stapler digunakan untuk mengobati wasir derajat 3 atau 4, yang telah membesar atau mengalami prolaps. Kelebihan prosedur ini dari hemoroidektomi adalah efek sampingnya yang lebih ringan serta pemulihan luka yang lebih cepat.

3. Operasi pengikatan atau banding

Prosedur yang juga disebut rubber band ligation ini dilakukan untuk mengatasi hemoroid internal dengan tingkat keparahan hingga derajat 3. Prosedur ini biasanya dilakukan bersamaan dengan anoskopi.

Saat anoskopi, dokter akan menempatkan karet gelang khusus di pangkal wasir. Dengan ini, sirkulasi darah akan terhambat dan wasir perlahan-lahan menyusut hingga terlepas sendiri. 

Bekas luka yang terbentuk di lokasi wasir tersebut akan menahan vena di dekatnya, sehingga tidak menonjol ke dalam lubang anus.

Pada operasi pengikatan, biasanya diperlukan dua kali tindakan dengan jeda sekitar dua bulan di antara jarak prosedur pertama dan kedua. Tindakan medis ini tidak mengakibatkan rasa nyeri, tapi Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman dan adanya tekanan di sekitar dubur.

4. Skleroterapi

Skleroterapi dilakukan dengan cara menyuntikkan zat kimia ke dalam ambeien. Zat kimia ini akan menyebabkan ambeien mengecil dan menghentikan perdarahan pada ambeien. Sama seperti rubber band ligation, prosedur ini tidak terlalu menyebabkan rasa nyeri.

Skleroterapi bisa menjadi pilihan bila Anda rutin mengkonsumsi obat pengencer darah. Pasalnya, prosedur ini termasuk operasi kecil yang tidak membutuhkan sayatan. 

5. Terapi koagulasi 

Terapi koagulasi atau fotokoagulasi inframerah adalah prosedur yang menggunakan cahaya inframerah, panas, atau dingin untuk membuat ambeien menciut dan mengecil. Prosedur ini juga biasanya dilakukan bersamaan dengan anoskopi. .

ihan yang lebih cepat.

6. Ligasi arteri hemoroid dan reparasi rektum-anus 

Prosedur yang juga dikenal dengan istilah hemorrhoidal artery ligation and recto anal repair (HAL-RAR) ini termasuk metode baru dalam penanganan ambeien.

Pada HAL-RAR, sensor Doppler akan dimasukkan ke anus guna mendeteksi pembuluh darah yang mensuplai darah ke ambeien.

Dokter bedah dapat menentukan mana arteri yang menyuplai darah ke ambeien dan mengikatnya untuk menghentikan aliran darah tersebut, agar ambeien dapat mengecil secara cepat (dalam hitungan minggu). Prosedur ini efektif dan efek samping berupa nyeri pun sangat minim.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah operasi ambeien?

Setelah operasi selesai, tim medis akan memantau tanda-tanda vital pasien di ruang pemulihan. Biasanya, pasien baru diizinkan pulang ketika sudah bisa buang air kecil.

Meski begitu, pasien perlu memperhatikan sederet hal di bawah ini: 

1. Masa pemulihan 

Masa penyembuhan luka pascaoperasi wasir akan bergantung pada proses pemulihan yang Anda jalani. Pemulihan dapat berlangsung dari satu hingga enam minggu, tergantung pada jenis operasinya. 

Untuk prosedur yang membatasi suplai darah ke wasir, biasanya memerlukan waktu pemulihan selama beberapa hari setelah wasir terlepas. Sedangkan luka operasi dapat memakan waktu satu sampai dua minggu hingga sembuh total.

Sementara waktu pemulihan untuk operasi pengangkatan ambeien bisa bervariasi. Umumnya, diperlukan waktu satu hingga tiga minggu sampai pasien pulih total.

2. Perawatan rasa nyeri 

Setelah operasi ambeien, Anda mungkin akan merasakan sensasi penuh atau sesak dan nyeri pada dubur pada sekitar satu minggu pertama. Untuk meringankan rasa sakit, dokter dapat menyarankan:

  • Minum obat pereda nyeri sesuai resep dari dokter
  • Kompres dingin pada anus dengan handuk berisi es batu selama beberapa menit, dan beberapa kali sehari
  • Minum air putih setidaknya delapan gelas air sehari agar tetap terhidrasi 
  • Kurangi aktivitas berat, seperti mengangkat barang berat, selama masa pemulihan
  • Rendam area dubur dengan air hangat yang dicampur garam beberapa kali sehari
  • Hindari duduk untuk waktu lama, dan gunakan bantal lembut saat Anda duduk
  • Jangan mengangkat beban berat atau mengejan saat buang air besar setidaknya selama lima hingga tujuh hari

3. Cara buang air besar (BAB) setelah operasi ambeien

Umumnya, Anda dapat BAB pada hari ketiga dari sejak operasi dilakukan. Jika mengalami sembelit, Anda dapat menerapkan beberapa langkah di bawah ini:

  • Belajar untuk mengejan sedikit demi sedikit
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum
  • Kurangi makanan seperti daging
  • Gunakan obat pelancar BAB, tapi jangan lupa untuk menanyakannya dulu ke dokter

Jika Anda tetap tidak bisa BAB, segera kembali berkonsultasi dengan dokter.

4. Perawatan luka

Perdarahan ringan dan keluarnya cairan berwarna kuning-merah dari daerah anus sering terjadi setelah operasi. Kedua hal ini dapat semakin parah pada saat Anda BAB atau melakukan aktivitas tertentu.

Untuk mengatasinya, dokter biasa akan menyarankan Anda untuk memakai pembalut atau kain selama beberapa hari setelah operasi supaya pakaian dalam Anda tidak kotor.

Luka bekas operasi juga mungkin akan dibalut perban yang perlu diganti secara rutin. Jangan sampai perban dibiarkan, padahal sudah lembap dan kotor karena bisa memicu tumbuhnya bakteri. 

Jika luka operasi dijahit, benang jahit ini bisa saja menyatu dengan daging pada 10-14 hari setelah operasi, atau diangkat oleh dokter saat Anda kembali ke dokter di jadwal kontrol yang telah ditentukan.

5. Penyesuaian gaya hidup

Setelah menjalani operasi ambeien dan pulih, Anda sebaiknya tetap menjaga pola hidup sehat untuk mencegah ambeien di kemudian hari. Misalnya dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, mencukupi cairan, menurunkan berat badan jika bobot di atas batas ideal, serta rajin berolahraga.

Apa saja komplikasi operasi ambeien?

Seperti prosedur medis lain, operasi ambeien tidak luput dari risiko komplikasi. Beberapa komplikasi yang mungkin ditimbulkan meliputi: 

  • Nyeri dan tidak nyaman sekitar dubur
  • Iritasi dan infeksi
wasirhemorrhoid

The American Society of Colon and Rectal Surgeons. https://fascrs.org/patients/diseases-and-conditions/a-z/hemorrhoids-expanded-version
Diakses pada 24 April 2022

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoid-surgeryDiakses pada 24 April 2022

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/surgery-treat-hemorrhoids#1
Diakses pada 24 April 2022

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324439#recovery
Diakses pada 24 April 2022

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/hemorrhoidectomy-surgery-treatment-for-hemorrhoids-3157276
Diakses pada 24 April 2022

Healthlinkbc. https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/rubber-band-ligation-hemorrhoids#
Diakses pada 24 April 2022

https://www.kodebpjs.com/biaya-operasi-wasir/
Diakses pada 24 April 2022

Medlineplus. https://medlineplus.gov/ency/article/002939.htm
Diakses pada 24 April 2022

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email