Operasi ambein dilakukan untuk menangani wasir yang mengganggu kenyamanan pasien
Operasi ambein dianjurkan untuk mengatasi wasir yang mengganggu rutinitas

Apa itu operasi ambeien?

Operasi ambeien adalah prosedur pembedahan yang dilakukan dokter bedah untuk mengatasi ambeien atau wasir. Wasir juga memiliki istilah medis hemoroid.

AMbeien merupakan pembengkakan pembuluh darah vena rektum. Pembengkakan ini dapat terjadi di dalam rektum (hemoroid interna) atau bila sudah sangat besar dapat menonjol keluar (hemoroid eksterna).

Kebanyakan ambeien yang kambuh (terasa nyeri) akan membaik sendiri dalam dua minggu. Namun terkadang ambeien dapat menimbulkan komplikasi yang membutuhkan penanganan bedah segera.

Hemoroid eksterna dapat mengakibatkan terbentuknya bekuan darah yang menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini dinamakan thrombosis hemoroid.

Kenapa operasi ambeien diperlukan?

Operasi ambeien  dilakukan untuk mengatasi hemoroid eksterna yang mengalami iritasi atau infeksi dan untuk mengatasi hemoroid yang menyebabkan ketidanyamanan pada penderitanya.

Apa saja persiapan sebelum menjalani operasi ambeien?

Persiapan yang dapat Anda lakukan sebelum menjalani operasi ambeien adalah:

  • Menjalani pemeriksaan medis dan berkonsultasi dengan dokter bedah pilihan Anda
  • Diskusikanlah mengenai manfaat dan risiko prosedur serta ekspektasi Anda
  • Infokan kepada dokter mengenai obat-obat yang rutin Anda konsumsi
  • Tanyakanlah kepada dokter apakah Anda perlu puasa sebelum tindakan

Bagaimana operasi ambeien dilakukan?

Terdapat beberapa metode operasi ambeien, diantaranya adalah:

1. Operasi pengikatan atau banding

Prosedur ini disebut juga rubber band ligation. Indikasi dilakukan prosedur ini adalah untuk mengatasi hemoroid interna.

Pada prosedur ini biasanya diperlukan 2 kali tindakan dengan jarak prosedur pertama dan kedua sekitar 2 bulan. Prosedur ini tidak mengakibatkan rasa nyeri namun Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman dan rasa tekanan pada area sekitar dubur.

2. Skleroterapi

Skleroterapi dilakukan dengan cara menyuntikkan zat kimia ke dalam ambeien. Zat kimia ini akan menyebabkan ambeien mengecil dan akan menghentikan perdarahan pada ambeien. Sama seperti rubber band ligation, prosedur ini tidak terlalu menyebabkan rasa nyeri.

Skleroterapi bisa menjadi pilihan bila Anda sebelumnya rutin mengkonsumsi pengencer darah. Pada orang yang mengkonsumsi pengencer darah prosedur rubber band ligation tidak dianjurkan.

3. Terapi koagulasi

Terapi koagulasi atau fotokoagulasi infrared adalah prosedur yang menggunakan cahaya infrared, panas, atau dingin untuk membuat ambeien menciut dan mengecil. Prosedur ini biasanya dilakukan bersamaan dengan anoscopy.

4. Hemorrhoidectomy

Prosedur ini diindikasikan pada hemoroid eksterna atau hemoroid interna yang prolaps atau menyebabkan masalah dan tidak berespon terhadap pengobatan lain.

Prosed ini membutuhkan obat anestesi karena dokter bedah akan melakukan sayatan pada ambeiein. Efek samping yang paling sering terjadi setelah prosedur ini ialah rasa nyeri dan infeksi.

5. Stapled hemorrhoidectomy

Prosedur ini dilakukan menggunakan alat seperti stapler untuk mengembalikan posisi ambeien dan menghentikan aliran darah ke ambeien. Tanpa aliran darah kesana, ambeien akan dengan sendirinya mengecil.

Prosedur ini diindikasikan untuk ambeien yang masih terdapat di dalam rektum (hemoroid interna) atau telah keluar dari rektum (hemoroid eksterna).

Kelebihan prosedur ini dibandingkan prosedur hemoroidektomi terdahulu adalah efek samping rasa nyeri, perdarahan, dan rasa gatal yang lebih berkurang serta pemulihan yang lebih cepat.

6. Ligasi arteri hemoroid dan reparasi rektum-anus

Prosedur ini juga disebut hemorrhoidal artery ligation and recto anal repair/HAL-RAR). HAL-RAR termasuk metode baru dalam penanganan ambeien.

Pada HAL-RAR, sensor Doppler miniature akan dimasukkan ke dalam anus untuk mendeteksi pembuluh darah yang mensuplai darah ke ambeien.

Dokter bedah dapat menentukan mana pembuluh darah arteri yang mensuplai ambeien dan dapat mengikatnya untuk menghentikan aliran darah kesana. Hal ini bertujuan agar ambeien dapat mengecil secara cepat (dalam hitungan minggu). Prosedur ini efektif dan efek samping nyerinya pun sangat minimal.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah operasi ambeien?

Setelah operasi ambeien Anda mungkin akan mengalami nyeri sekitar dubur. Dokter akan memberikan obat penghilang nyeri untuk mengatasinya.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercapat pemulihan setelah operasi ambeien adalah sebagai berikut:

  • Makan makanan serat tinggi
  • Jaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dengan cara minum 8-10 gelas air putih per hari
  • Menggunakan pencahar bila Anda sering kesulitan buang air besar sehingga Anda tidak perlu mengedan saat buang air besar
  • Kurangi aktivitas berat seperti mengangkat barang berat selama masa pemulihan
  • Rendam area dubur dengan air hangat yang dicampur garam beberapa kali sehari

Masa pemulihan tiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya pemulihan total dalam 10-14 hari. Setelah menjalani operasi ambeien dan pulih, Anda sebaiknya tetap menjaga pola hidup sehat untuk mencegah  terjadinya ambeien di kemudian hari. Pola hidup  yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ambeien adalah:

  • Makan makanan tinggi serat dan jaga hidrasi tubuh
  • Mengubah pola hidup jadi pola hidup sehat dan menurunkan berat badan
  • Rajin berolahraga

Apa saja komplikasi operasi ambeien?

Seperti prosedur medis lainnya, operasi ambeien tidak luput dari risiko. Risiko yang mungkin ditimbulkan antara lain: rasa nyeri dan tidak nyaman sekitar dubur, infeksi, dan iritasi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoid-surgery
Diakses pada 9 Juni 2020

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/surgery-treat-hemorrhoids#1
Diakses pada 9 Juni 2020

Artikel Terkait

Hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus yang menyebabkan benjolan yang terasa nyeri

Sering Nyeri dan Ada Benjolan di Anus? Hati-hati Hemoroid

Hemoroid adalah pembesaran pembuluh darah di area sekitar anus dan rektum yang menyebabkan nyeri. Kondisi ini juga sering disebut wasir atau ambeien.