Multislice Computerized Tomography (MSCT)

02 Jul 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari

Apa itu prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT)?

Multislice computerized tomography (MSCT) adalah suatu prosedur invasif minimal yang dilakukan untuk medeteksi adanya stenosis atau penyempitan jantung yang siginifikan.

MSCT mampu mengevaluasi tingkat stenosis lumen pembuluh koroner pada pasien yang dicurigai menderita penyakit arteri koroner. Tidak seperti teknik pemindaian jantung lainnya, kateter tidak digunakan pada prosedur ini. Proses MSCT membutuhkan waktu 30-45 menit.

Dengan melakukan MSCT, dokter dapat memperkirakan konsekuensi hemodinamis ateriosklerosis dan dapat membuat pengambilan keputusan klinis yang lebih baik. Sebab, MSCT dapat memberikan penilaian yang akurat secara 3D. Hal ini memungkinkan dokter melihat anatomi jantung lebih optimal.

Mengapa prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT) perlu dilakukan?

MSCT perlu dilakukan untuk mendeteksi penyakit koroner dan penyakit lain yang terjadi pada arteri koroner.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT)?

Seperti halnya prosedur yang melibatkan radiasi, Anda harus memberitahu dokter atau petugas kesehatan terkait jika Anda sedang hamil atau menjalani program hamil.

Anda mungkin akan diminta untuk tidak makan atau minum beberapa jam sebelum prosedur dilakukan. Menjelang pelaksanaan tindakan, Anda akan diminta untuk melepas perhiasan dan barang logam lainnya. 

Selama prosedur berlangsung, Anda akan menerima suntikan zat pewarna kontras yang mengandung yodium, serta beta-blocker. Jadi, beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadapnya.

Jika Anda sebelumnya mengonsumsi obat-obatan seperti obat Metformin, Sildenfil atau Vardenafil, Anda harus menghentikan konsumsi obat-obatan tersebut beberapa waktu sebelum prosedur dilakukan. Misalnya, konsumsi Gluformin dan Metformin harus dihentikan sehari sebelum prosedur, pada hari pencatatan dan satu hari setelah prosedur. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai hal ini.

Apabila mengalami gagal ginjal, Anda perlu menjalani pemeriksaan fungsi ginjal untuk melihat kondisi urea dan kreatinin. Hasil pemeriksaan berlaku kurang dari 2 minggu sebelum tes MSCT dilakukan. Bawa semua catatan medis yang Anda miliki dan laporkan pada dokter dan petugas terkait.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT)?

  1. Awalnya, zat pewarna atau media kontras yodium akan disuntikkan ke dalam pembuluh darah vena. Anda akan mengalami sensasi hangat yang menyebar ke seluruh tubuh, dan mungkin rasa logam di mulut.
  2. Selanjutnya dengan menggunakan sinar radiasi, tim medis akan mengambil gambar arteri koroner dari berbagai bagian.
  3. Elektrokardiogram (EKG) yang mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung pasien akan dipantau setiap saat selama prosedur berlangsung.
  4. Dokter kemudian akan menganalisis kondisi jantung pasien berdasarkan gambar pemindaian yang telah diambil.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT)?

Gambar-gambar hasil pemindaian MSCT biasanya akan didapatkan segera setelah prosedur berlangsung.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda memiliki atau berisiko terkena penyakit jantung, seperti penyakit koroner dan penyakit lain yang terjadi pada arteri koroner, maka dokter akan menawarkan pilihan perawatan yang tepat.

Apa risiko dari prosedur Multislice Computerized Tomography (MSCT)?

Multislice computerized tomography (MSCT) memiliki risiko berupa:

  • Paparan radiasi. Namun, dosis radiasi MSCT yang sesuai tidak akan menyebabkan komplikasi serius.
  • Reaksi alergi terhadap media kontras. Risiko ini dapat dicegah dengan persiapan yang memadai misalnya dengan tes alergi yang dilakukan sebelum pelaksanaan prosedur.
penyakit jantungsakit jantungpenyakit jantung koroner

Revista Espanola de Cardiologia.
https://www.revespcardiol.org/en-multislice-computed-tomography-coronary-angiography-articulo-13081175
Diakses pada 19 Juni 2020


Belmedic.
https://www.belmedic.rs/en/exam/msct-coronary-angiography#:~:text=Multislice%20Scanner%20(MSCT)%20coronary%20angiography,Recording%20takes%2030%2D45%20minutes.
Diakses pada 19 Juni 2020


National Library of Medicine.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2920698/
Diakses pada 19 Juni 2020


National Library of Medicine.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2584765/#:~:text=MSCT%2Dcoronary%20angiography%20(MSCT%2D,suspected%20of%20coronary%20artery%20disease.
Diakses pada 19 Juni 2020

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email