Lumpektomi dilakukan untuk membantu dokter memberikan diagnosis dan pengobatan kanker payudara.
Lumpektomi, operasi untuk mengangkat kanker atau jaringan abnormal dari payudara.

Apa itu prosedur lumpektomi?

Lumpektomi adalah operasi untuk mengangkat kanker atau jaringan abnormal dari payudara.

Lumpektomi juga disebut operasi konservasi payudara atau eksisi lokal. Tidak seperti mastektomi yang mengangkat seluruh bagian payudara, lumpektomi hanya mengangkat sebagian payudara. Dokter biasanya merekomendasikan lumpektomi sebagai biopsi eksisi.

Selain jaringan kanker, sejumlah kecil jaringan di sekitar benjolan yang muncul di payudara juga akan diambil untuk memastikan bahwa seluruh kanker atau jaringan abnormal lainnya telah berhasil dihilangkan.

Lumpektomi dilakukan untuk membantu dokter memberikan diagnosis dan pengobatan kanker. Prosedur ini juga merupakan pilihan perawatan pertama untuk wanita dengan kanker payudara stadium awal.

Sebagai pengobatan, lumpektomi biasanya digabungkan dengan terapi radiasi payudara untuk mengurangi kemungkinan kembalinya kanker.

Mengapa prosedur lumpektomi perlu dilakukan?

Tujuan dilakukannya lumpektomi adalah untuk menghilangkan kanker atau jaringan abnormal lainnya, dengan tetap mempertahankan penampilan payudara.

Riset menunjukkan bahwa lumpektomi sama efektifnya dengan mastektomi untuk wanita dengan kanker payudara stadium awal.

Dokter bedah dapat merekomendasikan lumpektomi jika Anda memiliki kondisi seperti berikut:

  • Hasil biopsi telah menunjukkan bahwa Anda menderita kanker tahap awal, yaitu stadium I atau stadium II.
  • Ukuran tumor masih kecil dibandingkan dengan ukuran payudara.
  • Jaringan kanker berada dalam posisi yang sesuai di payudara.
  • Jaringan kanker hanya berada di satu area payudara.
  • Adanya ductal carcinoma in situ (DCIS), yaitu sel-sel abnormal yang muncul pada permukaan saluran susu di payudara.

Kontraindikasi Tindakan ini adalah:

  • Riwayat terapi radiasi pada lokasi tindakan
  • Kehamilan

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur lumpektomi?

Beberapa hari sebelum prosedur lumpektomi dilaksanakan, dokter akan mengatur janji temu dengan Anda untuk menjelaskan tujuan, manfaat dan risiko dari prosedur ini. Bawalah daftar pertanyaan sebagai pengingat tentang semua hal yang ingin Anda ketahui.

Anda akan diberi instruksi tentang persiapan pra-bedah dan hal-hal lain yang perlu Anda ketahui. Dalam kebanyakan kasus, operasi akan dilakukan sebagai prosedur rawat jalan, sehingga Anda bisa pulang pada hari yang sama.

Beri tahu dokter Anda mengenai obat, vitamin, atau suplemen yang Anda konsumsi untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Secara umum, untuk mempersiapkan prosedur lumpektomi, Anda disarankan untuk melakukan langkah berikut ini:

  • Menghentikan konsumsi aspirin atau obat pengencer darah lainnya. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk berhenti mengonsumsinya seminggu atau lebih sebelum operasi untuk mengurangi risiko perdarahan.
  • Tidak makan atau minum 8-12 jam sebelum operasi, terutama jika Anda akan akan dibius total.
  • Ajaklah orang terdekat untuk mengantar Anda. Selain untuk memberi dukungan moral, Anda butuh pendamping untuk mendengarkan instruksi pascaoperasi karena mungkin masih tidak akan sadar beberapa jam setelah operasi sampai efek anestesi hilang. Anda juga perlu iantar pulang karena tidak disarankan untuk pulang sendirian.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur lumpektomi?

Pada hari operasi dilaksanakan, Anda akan diminta untuk mengenakan pakaian rumah sakit dan menunggu di area pra-operasi.

Jika tumor tidak dapat dilihat atau dirasakan, ahli bedah akan melakukan prosedur sebelum operasi untuk menemukan dan menandai tumor menggunakan mammogram atau ultrasound.

Dokter bedah atau perawat akan membuat tanda pada payudara Anda yang menunjukkan lokasi rencana pembuatan sayatan.

Anda akan dibawa ke ruang anestesi, dan perawat akan memasukkan infus intravena ke tangan atau lengan Anda. Segera setelah tahap tersebut, obat bius akan disuntikkan melalui jalur intravena.

Kebanyakan pasien memilih untuk menggunakan bius lokal untuk mematikan rasa di daerah operasi, tetapi pilihan untuk memperoleh bius total pun tersedia.

Selanjutnya, dokter bedah akan memulai operasi menggunakan semacam pisau bedah listrik yang disebut pisau elektrokauter untuk meminimalkan perdarahan. Kebanyakan ahli bedah menggunakan sayatan melengkung yang dibuat mengikuti lekukan alami payudara Anda untuk memungkinkan penyembuhan yang lebih baik.

Jika tumor dapat dilihat atau dirasakan, ahli bedah akan mengangkatnya bersama dengan tepi jaringan sehat di sekitarnya.

Terkadang, tabung karet yang disebut drain akan dimasukkan melalui pembedahan ke area payudara atau ketiak, untuk mengumpulkan cairan berlebih yang dapat menumpuk di area tumor.

Tabung ini akan mengalirkan cairan ke bola plastik yang terhubung. Setelah selesai, dokter akan menjahit sayatan agar tertutup dan area tersebut akan dibalut dengan dressing wound.

Operasi lumpektomi memakan waktu sekitar 15-40 menit.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur lumpektomi?

Hasil laporan patologi Anda akan tersedia dalam 1-2 minggu. Pada kunjungan tindak lanjut setelah operasi, dokter akan menjelaskan laporan tersebut. Jika Anda membutuhkan perawatan lebih lanjut, dokter dapat merekomendasikan tindakan berikut ini:

  • Operasi lanjutan jika area di sekitar tumor Anda belum juga bebas kanker.
  • Seorang ahli onkologi medis akan membahas bentuk perawatan lain setelah operasi, seperti kemoterapi atau terapi hormon untuk kanker yang sensitif terhadap hormon atau gabungan keduanya.
  • Seorang ahli onkologi radiasi akan membahas perawatan radiasi, yang biasanya direkomendasikan setelah lumpektomi.

Apa risiko dari prosedur lumpektomi?

Lumpektomi memiliki risiko tertentu, termasuk:

  • Mati rasa
    Ada beberapa pasien yang mengalami mati rasa dan kehilangan sensasi di bagian payudara setelah lumpektomi, tergantung pada ukuran benjolan yang diangkat.
  • Perubahan ukuran payudara
    Payudara Anda mungkin tidak akan memiliki ukuran dan bentuk yang sama persis setelah operasi. Hal tersebut terjadi karena jaringan payudara yang diangkat selama operasi membuat payudara menjadi tampak lebih kecil.
    Anda mungkin tidak segera menyadarinya, karena biasanya terjadi pembengkakan sebagai respons terhadap pembedahan yang dapat membuat payudara tampak lebih besar sementara. Setelah selesai menjalani lumpektomi dan dinyatakan bebas dari kanker, Anda dapat meminta rekomendasi dokter untuk menjalani prosedur rekonstruksi payudara. Rekonstruksi ini bertujuan untuk memperbaiki tampilan payudara.

Breast Cancer Organization.
https://www.breastcancer.org/treatment/surgery/lumpectomy/risks
Diakses pada 24 Juni 2020

Mayo Clinic.
https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/lumpectomy/about/pac-20394650#:~:text=Lumpectomy%20(lum%2DPEK%2Dtuh,lumpectomy%20as%20an%20excisional%20biopsy.
Diakses pada 24 Juni 2020

Cancer Research UK.
https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/breast-cancer/treatment/surgery/remove-just-area-cancer
Diakses pada 24 Juni 2020

Memorial Sloan Kettering Cancer Center.
https://www.mskcc.org/cancer-care/types/breast/treatment/lumpectomy
Diakses pada 24 Juni 2020

Cancer Organization.
https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/treatment/surgery-for-breast-cancer/breast-conserving-surgery-lumpectomy.html
Diakses pada 24 Juni 2020

Artikel Terkait

Benjolan di ketiak saat menyusui belum tentu pertanda kanker

8 Penyebab Benjolan di Ketiak Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Benjolan di ketiak saat menyusui bisa jadi merupakan benjolan yang terdapat di payudara. Belum tentu kanker, kondisi ini bisa diakibatkan infeksi, mastitis, abses, dan lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?