Iridektomi dilakukan untuk mengangkat selaput belakang kornea mata.
Iridektomi antara lain diperlukan oleh pasien glaukoma sudut tertutup.

Apa itu prosedur iridektomi?

Iridektomi adalah prosedur untuk mengangkat bagian dari iris, yang merupakan selaput melingkar berwarna di belakang kornea mata. Dulu, tindakan ini dilakukan melalui pembedahan (pembedahan iridektomi). Namun sekarang, prosedur ini dalam banyak kasus dilakukan dengan laser (laser iridotomi).

Saat ini, iridektomi paling sering dilakukan untuk mengobati glaukoma sudut tertutup akut dan kanker mata melanoma. Iridektomi untuk mengobati glaukoma disebut juga sebagai iridektomi perifer, yang dilakukan dengan menghilangkan sebagian dari pinggiran atau akar iris. Dalam beberapa kasus, iridektomi dilakukan sebelum operasi katarak, untuk memudahkan pelepasan lensa mata.

Mengapa prosedur iridektomi perlu dilakukan?

Berikut ini kondisi medis yang memerlukan prosedur iridektomi:

1. Glaukoma sudut tertutup akut

Glaukoma sudut tertutup akut terjadi ketika tekanan di bola mata menjadi terlalu tinggi. Bila tidak ditangani dengan segera, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf mata, yang akhirnya berujung pada kebutaan. Kondisi ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan di dalam mata karena cairan tidak bisa mengalir keluar dengan lancar.

Cairan mata diproduksi di bagian belakang mata, tepatnya di belakang iris atau selaput pelangi mata. Cairan tersebut seharusnya disalurkan keluar melalui pupil ke ruangan bagian depan bola mata. Selanjutnya, cairan mata melewati jaringan-jaringan kecil bernama trabekula dan dialirkan ke pembuluh darah vena sklera atau bagian putih bola mata.

Pada glaukoma sudut tertutup akut, jaringan trabekula tersumbat atau mengalami kerusakan. Akibatnya, cairan ini tidak bisa melewatinya dengan lancar dan akhirnya menumpuk sehingga tekanan dalam mata pun meningkat.

Gejalanya dapat berupa nyeri di mata,sakit kepala, mual, muntah, penglihatan kabur atau berkabut.

2. Kanker mata melanoma

Kanker melanoma pada mata atau melanoma okular merupakan kanker yang bermula pada sel melanin, yaitu pigmen pemberi warna pada kulit, rambut dan mata. Kanker ini dapat menyerang mata, karena mata juga memiliki sel yang menghasilkan melanin. Kanker melanoma pada mata biasanya dimulai pada lapisan tengah mata yaitu uvea. Irodotomi laser paling sering dilakukan untuk mengatasi laukoma sudut tertutup.

Pembedahan iridektomi umumnya dilakukan untuk mengangkat tumor atau sebagian jaringan sehat di sekitar tumor. Pembedahan iridektomi juga biasanya dijalani secara rutin oleh pasien yang mengalami operasi:

  • Glaukoma (trabeculectomy)
  • Phakic IOL (implantasi lensa intraokular tanpa melepas lensa kristal)
  • Implantasi lensa intraokular di ruang anterior mata

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur Iridektomi?

Pasien yang akan menjalani iridotomi laser tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, pasien perlu menjalani pemeriksaan berupa:

  • Tes darah
  • Tes urine
  • EKG, untuk memantau aktivitas jantung
  • Gonioskopi, untuk mengevaluasi aliran cairan di sudut mata
  • Tes tonometri, untuk mengevaluasi tekanan di dalam bola mata. Tekanan yang normal adalah antara 10-21 mmHg. Pada kasus glaukoma sudut tertutup akut, tekanan dalam bola mata dapat mencapai 40-80 mmHg.
  • Biomikroskop, untuk memeriksa bagian depan bola mata dengan mikroskop khusus bernama slit lamp.
  • Pemeriksaan ini dapat mengevaluasi tanda glaukoma sudut akut tertutup, meliputi respons pupil yang tidak terlalu baik, sudut bilik mata depan yang dangkal atau tertutup, pembengkakan kornea, kemerahan pada bagian putih mata, dan peradangan mata.
  • Oftalmoskopi, untuk membantu dokter dalam mengevaluasi kelainan atau abnormalitas pada saraf mata.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur iridektomi?

Pasien akan berbaring di meja operasi, dokter akan melakukan anastesi umum sehingga pasien akan tertidur selama proses ini berlangsung. Iridotomi melibatkan penggunaan instrumen bedah, atau biasanya laser, untuk membuat lubang kecil (setengah milimeter) di iris supaya cairan yang terperangkap dapat mengalir.

Pertama, tetes mata yang dikenal sebagai pilocarpine diteteskan pada mata untuk mempersempit pupil (membuatnya lebih kecil), sehingga membuat iris menjadi lebih tipis ketika jaringannya mengembang. Kemudian tetes mata anestesi digunakan untuk membuat mata mati rasa.

Setelah itu, laser digunakan untuk membuat lubang drainase. Lubang ini tidak akan memengaruhi penglihatan pasien, dan biasanya ditempatkan di tepi jauh dari iris, di bawah kelopak mata, jauh dari area penglihatan.

Selama satu jam pertama setelah prosedur, penglihatan pasien akan kabur, yang biasanya berlalu dengan cepat. Jika tekanan intraokular pasien meningkat, maka dokter akan memberikan lebih banyak tetes mata untuk menurunkannya. Obat tetes mata antiinflamasi biasanya akan diresepkan untuk pemakaian beberapa kali sehari selama beberapa hari.

Iridektomi adalah prosedur yang mirip dengan iridotomi. Dalam pembedahan iridektomi, ahli bedah membuang sebagian dari jariangan mata, sedangkan iridotomi hanya membuat lubang kecil.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur iridektomi?

Hasil normal untuk iridotomi laser atau pembedahan iridektomi adalah penurunan tekanan intraokular (TIO) jangka panjang atau pengangkatan total melanoma pada iris.

Apa risiko dari prosedur iridektomi?

Berikut ini sejumlah komplikasi yang dapat muncul sebagai risiko dari prosedur iridektomi.

Komplikasi umum:

  • Perdarahan
  • Bekas luka di lokasi sayatan (iridektomi) atau titik kontak sinar laser (iridotomi)
  • Kegagalan untuk mengurangi tekanan cairan di mata akibat penutupan lubang

Komplikasi spesifik:

  • Infeksi
  • Pembentukan katarak

Selain komplikasi yang disebutkan di atas, ada beberapa risiko lain dari iridektomi untuk melanoma iris, yaitu:

  • Glaukoma akibat pertumbuhan pembuluh darah baru
  • Pembentukan katarak
  • Kambuhnya tumor

Eye Health Web.
https://www.eyehealthweb.com/iridotomy-and-iridectomy/
Diakses pada 28 Mei 2020

Medindia.
https://www.medindia.net/surgicalprocedures/iridectomy.htm#
Diakses pada 28 Mei 2020

Surgery Encyclopedia.
https://www.surgeryencyclopedia.com/Fi-La/Iridectomy.html
Diakses pada 28 Mei 2020

Artikel Terkait

Satu-satunya cara terbukti untuk panjangkan bulu mata ialah dengan obat.

6 Mitos Cara Memanjangkan Bulu Mata yang Bisa Membahayakan Mata

Banyak cara memanjangkan bulu mata yang bisa Anda temui di dunia maya, namun nyatanya, jarang yang sudah terbukti secara ilmiah. Seperti apa cara memanjangkan bulu mata yang aman dan tidak membahayakan mata?