Fundoplikasi

09 Jul 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Fundoplikasi dapat mencegah makanan dan asam naik kembali ke kerongkongan.Fundoplikasi adalah salah satu operasi yang umum digunakan untuk mengobati GERD.

Apa itu prosedur fundoplikasi?

Fundoplikasi adalah salah satu operasi yang umum digunakan untuk mengobati rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh gastroesophageal reflux disorder (GERD).
GERD merupakan suatu gangguan yang terjadi ketika isi lambung yang terdiri dari asam dan enzim mengalir kembali (refluks) secara berulang ke dalam kerongkongan (esofagus). Akibatnya, muncul iritasi di kerongkongan, sensasi panas di dada dan menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu.GERD dapat melemahkan otot-otot yang berfungsi untuk memindahkan makanan ke dalam perut, termasuk otot sfingter yang menutup celah antara kerongkongan dan perut. Fundoplikasi dapat membantu memperkuat celah ini untuk mencegah makanan dan asam naik kembali. Prosedur ini cukup efektif mengatasi GERD dalam jangka panjang.

Mengapa prosedur fundoplikasi perlu dilakukan?

Dokter akan merekomendasikan fundoplikasi jika Anda memiliki kondisi berikut:
  • GERD
    Fundoplikasi adalah pilihan terakhir dari perawatan GERD. Dokter akan merekomendasikan fundoplikasi jika pasien memiliki gejala GERD parah yang tidak dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan dan penyesuaian gaya hidup.
    Gejala-gejala GERD bisa terasa menyakitkan dan mengurangi kualitas hidup seseorang dan menyebabkan komplikasi jika dibiarkan tanpa perawatan.
    Operasi fundoplikas juga dapat menjadi pilihan jika Anda tidak mau mengkonsumsi obat-obatan GERD dalam jangka waktu yang lama atau khawatir akan efek samping dari obat-obatan tersebut.
  • Hiatal hernia
    Fundoplikasi juga merupakan penanganan standar untuk hernia hiatal, yang terjadi ketika bagian atas perut terdorong keluar melalui lubang di diafragma.
    Hernia hiatal yang berukuran kecil mungkin tanpa gejala, dan biasanya tidak memerlukan perawatan karena dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, hernia hiatal yang berukuran lebih besar dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan GERD seperti mulas dan refluks asam.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur fundoplikasi?

Sebelum operasi dimulai, Anda mungkin diminta untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Hanya mengonsumsi cairan bening dan menghindari obat-obatan tertentu selama 2 hari menjelang operasi
  • Tidak mengonsumsi obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau acetaminophen.
  • Menanyakan kepada dokter mengenai keharusan untuk menghentikan konsumsi obat pengencer darah yang dapat meningkatkan risiko komplikasi selama operasi.
  • Beri tahu dokter tentang obat dan suplemen diet atau herbal yang Anda konsumsi. Anda mungkin diminta untuk berhenti meminumnya untuk menghindari terjadinya komplikasi.
  • Mintalah seorang anggota keluarga atau teman dekat untuk mengantar ke rumah sakit dan menjemput Anda pulang ketika prosedur telah selesai dilakukan.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur fundoplikasi?

Selama prosedur berlangsung, pasien akan tertidur setelah mendapatkan bius total sehingga tidak akan merasakan sakit.Fundoplikasi memiliki beberapa metode, sebagai berikut ini:
  • Nissen 360-degree wrap
    Pada metode ini, suatu bagian perut yang disebut fundus lambung akan dibungkus di sepanjang bagian bawah kerongkongan untuk mengencangkan sfingter. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari sendawa atau muntah yang dapat membuat GERD lebih buruk.
  • Toupet 270-degree posterior wrap
    Melalui metode ini, fundus dibungkus sekitar dua pertiga di sekitar sisi belakang bagian bawah kerongkongan untuk menciptakan semacam katup. Selanjutnya, katup ini memungkinkan Anda melepaskan gas dengan lebih mudah melalui sendawa atau muntah saat diperlukan.
  • Watson anterior 180-degree wrap
    Pada metode ini, bagian kerongkongan di sebelah diafragma direkonstruksi. Kemudian separuh fundus dibungkus, di sekitar bagian depan atau anterior dari bagian bawah kerongkongan, dan dilekatkan pada bagian dari jaringan diafragma.
Setiap prosedur dapat dilakukan secara laparoskopi. Dokter bedah akan membuat beberapa sayatan kecil untuk memasukkan instrumen bedah dan tabung kecil tipis dengan kamera serta cahaya di ujungnya untuk melakukan operasi.Rata-rata prosedur fundoplikasi memakan waktu 2-4 jam, tergantung dari metode yang digunakan.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur fundoplikasi?

Seusai menjalani operasi fundoplikasi, Anda akan merasakan berkurangnya gejala GERD. Selain itu, kerongkongan yang iritasi menjadi sembuh.

Apa risiko dari prosedur fundoplikasi?

Beberapa komplikasi fundoplikasi meliputi:
  • Risiko tersayatnya lapisan atau dinding di kerongkongan perut, atau jaringan di sekitar paru-paru
  • Infeksi di area operasi
  • Infeksi paru-paru, seperti pneumonia
  • Kesulitan menelan
  • Dumping syndrome, yang membuat makanan bergerak terlalu cepat dari perut ke usus
  • Mual dan tersedak
  • Penumpukan gas di perut
  • Ketidakmampuan untuk muntah ketika dibutuhkan
  • Refluks terus terjadi
  • Membutuhkan operasi lanjutan
asam lambunggerdrefluxtukak lambung
National Health Service. Michigan Medicine, University of Michigan.
https://www.gosh.nhs.uk/conditions-and-treatments/procedures-and-treatments/fundoplicationfundoplikasi-0
Diakses pada 25 Juni 2020
Michigan Medicine, University of Michigan.
https://www.uofmhealth.org/health-library/hw95701
Diakses pada 25 Juni 2020
Healthline.
https://www.healthline.com/health/gerd/fundoplicationfundoplikasi#complications
Diakses pada 25 Juni 2020
Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/fundoplicationfundoplikasi#Summary
Diakses pada 25 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email