Proses suntik filler hidung hanya berlangsung kurang dari satu jam.
Hasil suntik filler hidung bisa bertahan hingga enam bulan.

Apa itu prosedur suntik filler hidung?

Suntik filler hidung, disebut juga nonsurgical rhinoplasty, adalah prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung tanpa pembedahan. Prosedur pembentukan hidung ini dilakukan dengan cairan filler atau zat pengisi untuk membentuk hidung ke bentuk yang Anda inginkan. Prosesnya singkat dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Hasil suntik filler hidung dapat bertahan hingga 6 bulan.

Mengapa prosedur suntik filler hidung perlu dilakukan?

Prosedur ini sangat ideal untuk orang-orang dengan kondisi berikut ini:

  • Tidak siap dengan operasi hidung yang hasilnya permanen tapi ingin meratakan benjolan di hidung atau memperbaiki hidung agar tidak terkesan terlalu tajam atau lancip
  • Ingin mengubah sedikit dari bagian di hidung dan masih ingin mencoba-coba bentuk yang paling pas.
  • Masih mengkhawatirkan risiko dan waktu pemulihan yang biasa terjadi pada operasi hidung dengan pembedahan
  • Memiliki kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan untuk menjalani operasi hidung permanen dengan pembedahan

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur suntik filler hidung?

Bahan filler yang berbeda memiliki langkah persiapan yang berbeda pula. Dokter atau perawat akan memberi tahu Anda petunjuk terperinci tentang persiapan sebelum prosedur filler hidung dilakukan.

Berikut ini persiapan menjalani suntik filler hidung secara umum:

  • Menghindari konsumsi obat seperti aspirin, obat anti-inflamasi seperti ibuprofen, suplemen vitamin E, dan suplemen pengencer darah lainnya seminggu sebelum prosedur dilaksanakan. Jika Anda sedang menjalani pengobatan yang mengharuskan mengonsumsi pengencer darah, pastikan dokter mengetahuinya.
  • Memastikan kebutuhan vitamin K Anda terpenuhi untuk mengurangi risiko terjadinya memar. Makanlah banyak sayuran hijau untuk meningkatkan vitamin K selama beberapa minggu sebelum prosedur dilakukan.
  • Mengonsumsi air putih, protein, dan karbohidrat yang cukup sebelum prosedur dilakukan. Jangan makan berlebihan, karena Anda mungkin akan merasa mual selama atau setelah prosedur berlangsung.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur suntik filler hidung?

Prosedur suntik filler hidung terbilang cukup sederhana apalagi jika dibandingkan dengan operasi plastik hidung dengan pembedahan. Setelah proses konsultasi dengan dokter untuk menentukan bentuk hidung yang diinginkan, dokter akan meminta Anda untuk berbaring dengan memiringkan wajah. Dokter mungkin akan mengoleskan bius topikal di hidung dan daerah sekitarnya agar Anda tidak akan merasakan sakit akibat suntikan jarum filler.

Setelah efek bius bekerja, dokter akan menyuntikkan filler ke area sekitar hidung dan mungkin juga batang hidung. Selanjutnya, Anda mungkin akan merasakan sedikit tekanan di bagian filler diberikan. Prosedur filler hidung biasanya berlangsung selama 15-45 menit.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur suntik filler hidung?

Hasil suntik filler hidung akan terlihat sepenuhnya setelah 1-2 minggu. Kemerahan dan memar yang menjadi efek sampingnya akan mereda dalam waktu yang sama.

Pasien-pasien yang sudah mendapatkan suntikan filler hidung biasanya dapat kembali beraktivitas normal di hari yang sama, karena waktu pemulihan dari tindakan ini sangat cepat.

Sebagian besar bahan filler akan larut ke dalam lapisan kulit Anda dalam waktu 6 bulan. Beberapa bahan filler bisa bertahan hingga 3 tahun. Setelah zat filler tersebut habis, bentuk hidung akan kembali ke bentuk semula.

Apa risiko dari prosedur suntik filler hidung?

Efek samping  suntik filler hidung yang paling banyak dilaporkan terjadi adalah memerahnya area di bagian suntikan. Dua hari setelah prosedur selesai dilakukan, biasanya area suntikan filler menjadi lebih sensitif.

Efek samping lain yang bisa saja terjadi adalah:

  • Memar di lokasi suntikan filler
  • Pembengkakan
  • Zat pengisi berpindah ke area lain di hidung atau di bawah mata sehingga wajah akan terlihat membengkak.
  • Mual-mual
  • Reaksi alergi seperti gatal, kemerahan hingga sesak napas

Hidung adalah area sensitif karena memiliki banyak pembuluh darah yang dekat dengan mata. Oleh karena itu, proses suntik filler hidung biasanya lebih sulit daripada prosedur penyuntikan filler lainnya.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/nonsurgical-rhinoplasty#Fast-facts
Diakses pada 16 Mei 2020

Johnson, O., & Kontis, T. (2016). Nonsurgical Rhinoplasty. Facial Plastic Surgery, 32(05), 500–506. doi:10.1055/s-0036-1586209

Artikel Terkait

Manfaat teh hijau untuk wajah dapat beragam, termasuk atasi jerawat dan penuaan dini

Atasi Jerawat dan Penuaan Dini dengan Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Teh hijau memang dahsyat. Di samping berkhasiat untuk kesehatan badan, ada pula beragam manfaat teh untuk wajah dan kulit, mulai dari mengatasi jerawat hingga mencegah penuaan dini