Electrocautery (Electrosurgery)

Salah satu kondisi yang bisa diatasi dengan electrocautery adalah kutil pada kulitElectrocautery dapat dilakukan untuk mengatasi kutil pada kulit

Apa itu electrocautery (electrosurgery)?

Electrosurgery atau electrocautery adalah tindakan medis yang sering dilakukan pada saat operasi, seperti mengangkat jaringan abnormal maupun menghentikan perdarahan.
Electrocautery relatif aman. Prosedur ini menggunakan alat khusus dengan aliran listrik dan menghasilkan efek panas untuk membakar maupun memotong jaringan. Orang yang menjalani electrocautery akan diberikan pelindung khusus pada tubuhnya sebelum prosedur. Langkah ini bertujuan melindungi area kulit lain agar tidak ikut terbakar.

Kenapa electrocautery (electrosurgery) diperlukan?

Electrocautery umumnya bisa direkomendasikan untuk:
  • Prosedur pembedahan. Dokter bedah biasanya menggunakan electrosurgery untuk memotong atau mengangkat jaringan lunak tertentu dan menghentikan perdarahan selama pembedahan.
  • Pengangkatan tumor.
  • Mengatasi mimisan yang terlalu sering.
  • Mengangkat kutil pada kulit.

Siapa yang sebaiknya tidak menjalani electrocautery (electrosurgery)?

Apabila Anda memakai alat pacu jantung atau sendi buatan atau prostetik, Anda sebaiknya menginformasikannya pada dokter sebelum menjalani prosedur electrosurgery.

Seberapa sering Anda harus menjalani electrocautery (electrosurgery)?

Tidak terdapat panduan khusus mengenai berapa kali seseorang harus menjalani electrocautery. Frekuensinya tergantung pada seberapa sering Anda mengalami kondisi-kondisi yang membutuhkan prosedur ini.

Apa saja persiapan untuk menjalani electrocautery (electrosurgery)?

Tidak ada persiapan khusus untuk menjalani electrocautery. Dokter umumnya akan meminta Anda untuk:
  • Berhenti mengonsumsi obat pengencer darah pada beberapa hari sebelum prosedur. Misalnya, aspirin, ibuprofen, dan warfarin.
  • Berhenti merokok selama beberapa hari sebelum prosedur. 
  • Berpuasa sejak semalam sebelum operasi, namun ini tergantung di mana lokasi kauterisasinya.
Pada kasus perdarahan berat, dokter mungkin akan menganjurkan Anda menjalani pemeriksaan darah guna mendeteksi tanda anemia dan gangguan pembekuan darah.

Bagaimana prosedur electrocautery (electrosurgery) dilakukan?   

Secara garis besar, langkah prosedur electrosurgery meliputi:
  • Dokter akan memakaikan pad pelindung pada area di sekitar bagian yang akan dioperasi. Langkah ini dilakukan untuk melindungi bagian tubuh ini dari efek yang tidak diinginkan, seperti rasa panas dan terbakar.
  • Anda akan diberi obat bius lokal atau total, tergantung pada jenis operasi yang dilakukan. 
  • Dokter akan menggunakan electrocauter dengan aliran listrik ringan hingga sedang untuk memotong jaringan tubuh yang akan diangkat. Aliran listrik ini hanya akan mengenai bagian tubuh yang bersentuhan dengannya, tanpa mengenai atau menyebar ke area tubuh lain.

Apa saja yang perlu diperhatikan setelah electrocautery (electrosurgery)?

Setelah prosedur electrocautery, Anda mungkin mengalami rasa nyeri ringan, kulit yang memerah, atau kulit yang bengkak pada lokasi operasi. Tergantung dari jenis operasi yang dilakukan, Anda bisa saja mengalami jaringan parut sesudahnya.Dokter akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Obat antibiotik  juga bisa diresepkan untuk mencegah infeksi sesudah electrocauteryWaktu pemulihan electrosurgery tergantung dari luasnya area yang dioperasi dan banyaknya jaringan yang diangkat. Secara umum, durasi penyembuhan berlangsung selama 2-4 minggu atau lebih. 

Apa saja risiko electrocautery (electrosurgery)?

Seperti prosedur medis lainnya, electrocautery juga dapat menimbulkan komplikasi yang meliputi:
  • Perdarahan minimal
  • Infeksi, tapi dokter akan memberikan antibiotik setelah prosedur guna menurunkan risiko ini.
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi obat penghilang nyeri.
Pada orang yang menjalani electrosurgery sebagai bagian dari pembedahan lain, risikonya akan bervariasi dan tergantung pada jenis operasi yang dijalani, dan bukan hanya dari komplikasi electrocautery.
operasianemiakutilperdarahan
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002359.htm
Diakses 19 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/electrocauterization
Diakses 19 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email