Brachytherapy

11 Jul 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Brachytherapy merupakan salah satu metode untuk mengobati kanker.Brachytherapy dilakukan dengan menggunakan kapsul radiasi untuk mengatasi kanker.

Apa itu prosedur brachytherapy?

Brachytherapy adalah salah satu jenis terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker. Brachytherapy disebut juga terapi radiasi internal. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan bahan radioaktif di dalam tubuh untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor.
Brachytherapy memungkinkan dokter untuk memberikan radiasi dosis tinggi ke area tubuh yang lebih spesifik, dibandingkan dengan bentuk terapi radiasi konvensional (radiasi sinar eksternal), yang hanya memproyeksikan radiasi dari mesin di luar tubuh.Brachytherapy termasuk ke dalam obat lokal yang hanya menjangkau bagian tertentu dari tubuh. Prosedur Ini sering digunakan untuk mengobati kanker kepala dan leher, payudara, leher rahim, prostat dan bagian tubuh lainnya.Tindakan ini menghasilkan efek samping yang lebih sedikit daripada radiasi sinar eksternal, dengan waktu perawatan yang lebih singkat.

Mengapa prosedur brachytherapy perlu dilakukan?

Brachytherapy dapat direkomendasikan untuk mengobati beberapa jenis kanker, termasuk:
  • Kanker saluran empedu
  • Kanker otak
  • Kanker payudara
  • Kanker serviks
  • Kanker endometrium
  • Kanker kerongkongan
  • Kanker mata
  • Kanker kepala dan leher
  • Kanker paru-paru
  • Kanker pankreas
  • Kanker prostat
  • Kanker dubur
  • Kanker kulit
  • Kanker jaringan lunak
  • Kanker vagina
Brachytherapy dapat digunakan bersamaan dengan perawatan kanker lainnya, seperti radiasi sinar eksternal.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur brachytherapy?

Sebelum memulai brachytherapy, Anda akan berkonsultasi dengan dokter spesialis pengobatan kanker dengan radiasi (onkologi radiasi) untuk membicarakan rencana perawatan.Selanjutnya, Anda akan menjalani beberapa tindakan persiapan, yang meliputi:
  • Persiapan usus
  • Ultrasonografi pra-perawatan, MRI atau CT scan
  • Tes darah
  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Rontgen (sinar-X) di dada
Dokter juga dapat menggunakan komputer untuk merencanakan strategi perawatan sebelum prosedur yang sebenarnya dilaksanakan.

Apa yang dilakukan dokter pada prosedur brachytherapy?

Pasien akan dibius pada saat prosedur berlangsung. Selanjutnya, dokter akan memasukkan bahan radioaktif yang terkapsulasi ke dalam tubuh Anda di lokasi kanker berada atau di area sekitarnya.Anastesi spinal akan diberikan pada lokasi kanker di saluran kemih, genital, usus serta area rahim.Cara dokter menempatkan bahan radioaktif dalam tubuh tergantung pada banyak faktor, termasuk lokasi dan luasnya kanker, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan tujuan perawatan.Penempatan radiasi akan dilakukan di dalam rongga tubuh atau di jaringan tubuh dengan metode berikut ini:
  • Radiasi ditempatkan di dalam rongga tubuh
    Pada metode ini, perangkat yang mengandung bahan radioaktif akan ditempatkan di celah tubuh, seperti batang tenggorokan atau vagina. Perangkat tersebut biasanya berbentuk tabung atau silinder yang dibuat agar sesuai dengan bukaan tertentu.
    Tim terapis radiasi Anda dapat menempatkan perangkat brachytherapy dengan tangan atau mesin yang terkomputerisasi.
    Peralatan pencitraan, seperti pemindai CT atau mesin ultrasonik, dapat digunakan untuk memastikan perangkat ditempatkan di lokasi yang paling efektif.
  • Radiasi dimasukkan ke dalam jaringan tubuh
    Melalui metode ini, perangkat yang mengandung bahan radioaktif akan ditempatkan di dalam jaringan tubuh, seperti di dalam payudara atau prostat.
    Tim terapis radiasi akan menggunakan jarum atau aplikator khusus berupa tabung yang panjang dan berlubang. Aplikator ini diisi dengan perangkat brachytherapy yang terdiri dari kabel, balon, dan kapsul kecil seukuran butiran beras yang kemudian akan dilepaskan dan mengirimkan radiasi interstitial ke area target.
    Dalam beberapa kasus, kateter dapat pula ditempatkan selama operasi berlangsung, yang kemudian akan diisi dengan bahan radioaktif.
    CT scan, ultrasound atau teknik pencitraan lainnya dapat digunakan untuk memastikan perangkat ditempatkan di lokasi yang paling efektif.

Hasil apa yang didapatkan dari prosedur brachytherapy?

Dokter akan menentukan keberhasilan pengobatan berdasarkan pada jenis dan lokasi kanker Anda.Ketika digunakan dengan tepat, brachytherapy telah terbukti sama efektifnya dengan terapi radiasi eksternal dan pembedahan untuk banyak kanker.

Apa risiko dari prosedur brachytherapy?

Efek samping yang Anda dapat dari brachytherapy tergantung pada bagian tubuh yang mendapatkan perawatan. Efek samping brachytherapy terbilang lebih sedikit daripada prosedur radiasi lainnya. Sebab, brachytherapy hanya menyasar daerah kecil yang dekat dengan kanker. Oleh karena itu, lebih sedikit sel sehat yang dapat terkena dampaknya.Efek samping yang paling umum terjadi adalah pembengkakan di area perawatan dan perubahan area perawatan menjadi lebih lunak.
kanker payudarakankerkanker pankreaskanker rektumkanker matausus
Cancer Organization.
https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/types/radiation-therapy/brachytherapy
Diakses pada 29 Juni 2020
Radiology Info.
https://www.radiologyinfo.org/en/info.cfm?pg=brachy
Diakses pada 29 Juni 2020
Mayo Clinic.
https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/brachytherapy/about/pac-20385159#:~:text=Brachytherapy%20(brak%2De%2DTHER,is%20sometimes%20called%20internal%20radiation.
Diakses pada 29 Juni 2020
Memorial Sloan Kettering Cancer Center.
https://www.mskcc.org/cancer-care/diagnosis-treatment/cancer-treatments/radiation-therapy/side-effects-radiation-therapy
Diakses pada 29 Juni 2020
Cancer Research UK.
https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-in-general/treatment/radiotherapy/internal/radioactive-implant-treatment/what-is-brachytherapy
Diakses pada 29 Juni 2020
Medline Plus.
https://medlineplus.gov/ency/article/007385.htm
Diakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email