Vaksin Influenza (Vaksin Flu)Vaksin influenza adalah vaksin untuk mencegah infeksi influenza dan diberikan satu tahun sekali. Vaksin flu bisa diberikan dengan suntikkan atau semprot hidung.
Pemberian Vaksin MMRVaksin MMR adalah vaksin untuk mencegah campak, rubella, dan gondongan. Vaksin ini bisa diberikan pada bayi, anak, maupun orang dewasa, terutama wanita usia subur yang sedang merencanakan kehamilan. Di Indonesia, pemberian vaksin MMR kini diganti menjadi vaksin MR.
USG 4 DimensiUSG 4 dimensi adalah teknologi USG yang tidak hanya menampilkan gambar, tapi juga dapat menampilkan video janin di dalam kandungan. Sehingga, orang tua bisa melihat aktivitas janinnya dengan lebih jelas. USG ini paling baik dilakukan pada usia kehamiln 16-30 minggu.
Tes MantouxTes Mantoux adalah pemeriksaan untuk mendeteksi kuman tuberkulosis penyebab infeksi TB. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyuntikkan zat khusus bernama purified protein derivative (PPD) ke kulit lengan. Jika pasien pernah terpapar kuman TB, reaksi kulit berupa bentol kemerahan akan muncul di kulit.
Pemberian Vaksin Hepatitis AVaksin hepatitis A adalah vaksin untuk mencegah penyakit akibat infeksi virus hepatitis A. IDAI merekomendasikan pemberian vaksin hepatitis A setelah anak berusia dua tahun. Penyakit ini bisa ringan tanpa gejala hingga memicu gagal ginjal dan kematian.
Suntik Botox atau Botulinum ToxinSuntuk botox biasanya digunakan untuk tujuan kosmetik, yaitu mengurangi kerutan pada kulit wajah. Namun ternyata, tindakan medis yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi migrain dan keringat berlebihan.
Operasi KatarakOperasi katarak adalah salah satu prosedur yang dilakukan untuk mengatasi penyakit katarak. Tindakan medis ini melibatkan penggantian lensa yang keruh dengan lensa buatan. Seperti apakah prosedurnya?
Tambal GigiTambal gigi adalah prosedur menutup lubang atau celah pada enamel gigi yang membusuk, patah, atau rusak. Tindakan medis ini biasanya bertahan selama 5-15 tahun.
Tes Saliva Covid-19Tes saliva Covid-19 adalah salah satu pemeriksaan untuk mendiagnosis Covid-19 melalui sampel air liur. Prosedur ini terbilang lebih nyaman dari tes corona lainnya karena mudah dilakukan.
USG TransvaginalUSG transvaginal adalah prosedur pemeriksaan USG panggul untuk memeriksa organ reproduksi wanita. Tes pencitraan ini dapat mengidentifikasi abnormalitas dan membantu dokter untuk mendiagnosis berbagai penyakit reproduksi atau kehamilan.
Cabut GigiCabut gigi adalah pencabutan gigi yang harus dilakukan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah mulut. Prosedur ini dapat mengatasi gangguan kesehatan gigi sekaligus mengatasi gigi yang patah.
Operasi Gigi BungsuOperasi gigi bungsu adalah prosedur pembedahan untuk mencabut satu buah gigi bungsu atau lebih. Operasi ini hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi atau dokter speslalis bedah mulut.
Rontgen GigiRontgen gigi adalah gambar gigi untuk mengevaluasi kesehatan mulut pasien. Sinar X ini digunakan dengan radiasi tingkat rendah untuk menangkap gambar bagian dalam gigi dan gusi pasien.
DebridementDebridement adalah prosedur pengangkatan jaringan kulit mati (nekrotik) yang terinfeksi untuk membantu penyembuhan luka. Prosedur ini juga dilakukan untuk menghilangkan benda asing yang mungkin masuk ke dalam jaringan kulit.
Tes TORCHTes TORCH adalah serangkaian pemeriksaan guna mendeteksi infeksi pada ibu hamil. TORCH merupakan singkatan dari toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, dan herpes.
Tes ElektrolitTes elektrolit adalah pemeriksaan untuk mengukur kadar elektrolit dalam tubuh tubuh. Terdapat empat jenis elektrolit utama, yaitu sodium, klorida, kalium, dan bikarbonat.
Pemeriksaan Bayi Baru LahirPemeriksaan bayi baru lahir adalah pemeriksaan fisik dan tes darah sederhana untuk mendeteksi kelainan medis pada bayi baru lahir. Melalui deteksi dan penanganan dini pada kelainan medis yang muncul, tumbuh kembang bayi niscaya bisa berjalan dengan optimal.
Suntik KolagenSuntik kolagen adalah prosedur pemberian kolagen ke bagian bawa kulit untuk menghilangkan bekas luka, keriput, garis halus pada wajah, bahkan menebalkan bibir. Efek samping yang mungkin terjadi antara lain alergi, abses di bawah kulit, bengkak, dan kerusakan jaringan di area suntikan.
Donor GinjalProsedur donor ginjal dapat dilakukan dengan dua cara, living donor dimana ginjal diambil dari pendonor yang masih hidup dan deceased donor dimana ginjal diambil dari orang yang sudah meninggal. Operasi ini disebut juga sebagai donor nephrectomy.
Medical Check UpMedical check up adalah pemeriksaan medis rutin untuk mengecek kondisi kesehatan secara menyeluruh. Tes ini dianjurkan setahun sekali, terutama pada orang di atas 50 tahun.