Lifestyle

Inspirasi 10 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

16 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah biru langit alias sky blueWarna cat kamar tidur yang menenangkan salah satunya biru langit

Kembali ke kamar setelah seharian beraktivitas di luar rumah adalah salah satu hal yang paling dinanti. Agar waktu istirahatmu yang berharga bisa lebih maksimal dinikmati, mengubah warna cat kamar tidur ternyata bisa jadi salah satu caranya.

Ada beberapa warna cat kamar tidur yang menenangkan, antara lain biru, hijau, dan levender. Warna-warna tersebut, dianggap bisa menenangkan pikiran. Semakin gelap warnanya, maka semakin kencang efeknya.

Pengaruh warna untuk pikiran dan bahkan kesehatan fisik manusia ternyata tidak remeh. Selain bisa memengaruhi emosi, warna juga bisa memengaruhi tekanan darah, metabolisme, dan juga kesehatan mata.

Seputar psikologi warna

Pengaruh warna terhadap perasaan manusia cukup besar. Warna yang masuk ke dalam golongan warna hangat seperti oranye, merah, dan kuning, misalnya, dinilai bisa memicu berbagai jenis emosi mulai dari rasa hangat hingga marah.

Sementara itu warna yang masuk ke dalam spektrum yang lebih “dingin” seperti biru, ungu, dan hijau, dipercaya bisa menenangkan pikiran. Namun pada beberapa orang warna ini juga bisa melambangkan rasa sedih.

Tidak hanya sebagai warna cat kamar tidur, pertimbangan pemilihan warna yang memengaruhi emosi juga diaplikasikan di berbagai hal, termasuk pemasaran dan produksi barang-barang tertentu.

Perusahaan teknologi, misalnya, sering menggunakan warna silver untuk produknya karena warna tersebut melambangkan inovasi dan terkesan modern. Sementara itu warna hitam banyak dipakai oleh produk yang ingin menampilkan kesan seksi, misterius, atau powerful.

Warna cat kamar tidur yang menenangkan pikiran

Berikut ini beberapa warna cat kamar tidur yang dianggap bisa memberikan efek menenangkan.

Cat kamar tidur yang menenangkan adalah biru langit
Biru langir bisa jadi cat kamar tidur yang menenangkan

1. Biru langit

Biru langit bisa memberikan kesar segar untuk kamarmu tanpa membuatnya terlihat terlalu terang dan bertabrakan dengan warna furnitur lain di kamar. Warna ini juga cocok untuk kamu yang ingin mendekor kamar dengan warna-warna menenangkan lain seperti spektrum biru yang lebih gelap, putih, ataupun lavender.

2. Biru es

Biru es alias ice blue adalah warna biru yang agak samar yang mengarah ke abu-abu muda. Warna ini bisa membuat kamarmu terkesan jadi lebih teduh namun tetap segar.

3. Hijau sage

Hijau sage adalah warna alami yang unik dan tentu saja menenangkan. Kamar yang di cat dengan warna hijau sage akan memberikan kesan yang lebih dewasa dan tenang, sangat cocok dipadukan dengan aksen kayu dan tanaman dalam ruangan.

Warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah hijau mint
Hijau mint akan memberikan efek lebih dingin pada kamar

4. Hijau mint

Hijau mint punya efek yang menenangkan sekaligus memberikan efek lebih “dingin” pada kamarmu. Kalau kamu ingin punya kamar yang tidak membosankan, warna ini cocok dipilih karena memberikan kesan lebih seru namun tidak berlebihan.

5. Lilac atau lavender

Lilac dan lavender adalah jenis warna cat kamar tidur yang menenangkan. Spektrum warna ungu yang halus ini rupanya juga memiliki efek yang sama dengan aroma alaminya yaitu memicu perasaan nyaman dan tenang.

Warna ini cocok untuk kamu yang merencanakan punya dekorasi kamar yang dengan banyak sentuhan warna kuning butter hingga aksen gold.

6. Tan

Tan adalah warna krem kecoklatan yang dapat memberikan kesan tenang dan homey, sehingga membuat lebih betah di kamar. Jika dipadukan dengan tanaman dalam ruangan dan aksen kayu, tembok dengan warna tan bisa menciptakan suasana rustic yang nyaman dan hangat.

7. Putih gading

Memiliki kamar tidur dengan car berawarna putih gading memberimu banyak ruang untuk brekreasi dengan berbagai ornamen yang akan menambah kenyamanan dalam beristirahat. Sebab, putih gading adalah warna yang netral.

Warna cat kamar yang menenangkan adalah mauve
Warna cat kamar yang menenangkan adalah mauve

8. Mauve

Warna cat kamar tidur yang menenangkan dan unik adalah mauve. Mauve adalah gabungan warna ungu dan abu-abu, sehingga bisa memberikan kesan sejuk namun tetap cerah.

9. Abu-abu muda

Abu-abu muda bisa membuat kamarmu terlihat lebih menenangkan. Warna ini juga akan memberikan ilusi di kamar karena dapat memberikan kesan lebih luas. Abu-abu muda adalah warna yang sangat pas untuk dipadukan dengan aksen kayu.

10. Kuning butter

Kuning butter terlihat seperti gabungan antara warna kuning dan krem yang memberikan kesan menggemaskan sekaligus menenangkan. Ini adalah pilihan warna yang populer untuk cat dinding kamar.

Banyak orang mungkin menghindari warna kuning sebagai cat kamar. Tapi percayalah, kuning butter akan memberikan kadar menenangkan, terang, dan unik yang pas untuk kamarmu.

Alergi LingkunganTes PsikologiCara Mengusir Tikus Di Rumah

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/color-psychology-2795824
Diakses pada 15 Juni 2021

Sebring Design Build. https://sebringdesignbuild.com/psychology-bedroom-paint-colors-ideas/
Diakses pada 15 Juni 2021

House Beautiful. https://www.housebeautiful.com/room-decorating/colors/g1610/relaxing-paint-colors/?slide=15
Diakses pada 15 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter