Makan Sehat

Atasi Belang dengan Rekomendasi Vitamin untuk Memutihkan Kulit Ini

14 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Vitamin untuk memutihkan kulit bantu mengatasi belangVitamin untuk memutihkan kulit bantu agar terlihat cerah

Saat masih anak-anak atau remaja, banyak orang yang mengabaikan kesehatan kulit mereka dengan bermain di bawah terik sinar matahari tanpa perlindungan. Hasilnya, kulit pun menjadi terbakar dan belang.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi belang, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin untuk memutihkan kulit. Ketika memilih suplemen vitamin pencerah kulit, pilihlah produk yang telah memperoleh izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI atau sesuai rekomendasi dokter.

Kebutuhan vitamin yang harus dipenuhi agar kulit sehat dan cerah

Untuk menjaga kulit tetap sehat, kebutuhan vitamin harus terpenuhi dengan baik. Kebutuhan vitamin yang harus dipenuhi untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan kulit meliputi vitamin C, E, dan K.

Keempat vitamin tersebut juga bisa membantu mengatasi masalah seperti kulit kering, belang, kerutan, serta kemerahan. Berikut ini fungsi dari masing-masing vitamin untuk kesehatan kulit:

  • Vitamin C

Menurut penelitian, Vitamin C membantu mencerahkan kulit dengan membatasi enzim yang bertanggung jawab dalam produksi melanin. Melanin adalah zat yang membuat warna bagian tubuh seperti kulit, rambut, dan mata terlihat lebih gelap. 

Ketika kulit menjadi gelap, kondisi tersebut menjadi tanda bahwa tubuh memproduksi melanin secara berlebih. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan produksi melanin secara berlebihan di antaranya kerusakan akibat sinar matahari, kehamilan, penuaan, hingga efek konsumsi obat-obatan tertentu.

  • Vitamin E

Fungsi vitamin E dalam perawatan kulit yaitu melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kemampuan photoprotection yang dimiliki meminimalkan kerusakan seperti bintik hitam dan kerutan akibat sinar ultraviolet.

  • Vitamin K

Vitamin K selama ini dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin K ternyata juga mempunyai fungsi untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti belang, stretch mark, dan kantung mata hitam.

Rekomendasi vitamin untuk memutihkan kulit

1

Hakubi White C

Vitamin untuk memutihkan kulitHakubi White C (Sumber foto: Sato)

Hakubi White C merupakan salah satu vitamin untuk memutihkan kulit yang bekerja dengan membatasi produksi melanin. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin dan asam amino yang terkandung di dalamnya.

Suplemen vitamin ini juga diklaim dapat membantu meredakan jerawat dan mengatasi bintik-bintik pada kulit. Harga Hakubi White C dibanderol mulai Rp140.000 untuk kemasan berisi 90 tablet.

2

Kinohimitsu ProWhite

Vitamin untuk memutihkan kulitKinohimitsu ProWhite (Sumber foto: Kinohimitsu)

Radikal bebas dari paparan matahari dan gaya hidup tidak sehat membuat kulit terlihat kusam. Vitamin untuk kulit putih ini membantumu tampak lebih bersinar dengan cara menghilangkan flek dan meredakan stres oksidatif akibat radikal bebas

Kinohimitsu ProWhite diketahui juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan hati. Produk ini biasanya dijual dengan harga mulai Rp320.000 untuk kemasan 15 sachet.

3

Everwhite Hi-Collagen

Vitamin untuk memutihkan kulitEverwhite Hi-Collagen (Sumber foto: Everwhite)

Everwhite Hi-Collagen diklaim sebagai salah satu suplemen pemutih terbaik yang bisa membantu mencerahkan kulit. Suplemen ini membantu mencerahkan kulit dengan cara menghilangkan flek dan bekas luka.

Selain menjaga kesehatan kulit, konsumsi Everwhite Hi-Collagen disebut dapat mendukung pencernaan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga mulai Rp90.000 untuk kemasan isi 10 sachet.

4

Collaskin Drink

Vitamin untuk memutihkan kulitCollaskin Drink (Sumber foto: NASA)

Collaskin Drink merupakan salah satu produk suplemen pemutih terbaik yang dapat membantu mencerahkan kulit. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan vitamin C dan kolagen yang ada di dalamnya.

Produk ini sudah mendapatkan izin dari BPOM, namun sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika hendak mengonsumsinya. Collaskin Drink dapat kamu beli dengan harga mulai Rp200.000 untuk kemasan 15 sachet.

5

H2 Health & Happiness Fair Skin

Vitamin untuk memutihkan kulitH2 Health & Happiness Fair Skin (Sumber foto: Kalbe)

H2 Health & Happiness Fair Skin adalah vitamin untuk memutihkan kulit yang sudah teruji dan terbukti secara klinis. Kombinasi kandungan seperti Hytolive, L-cysteine, dan Vitamin C disebut dapat mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam.

Produk ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit, baik kering maupun berminyak. Harga H2 Health & Happiness Fair Skin dijual mulai Rp190.000 untuk kemasan isi 30 kaplet.

6

Glucola Sakura

Vitamin untuk memutihkan kulitGlucola Sakura (Sumber foto: MCI)

Glucola Sakura bisa dikonsumsi untuk membantu mencerahkan kulit. Kemampuannya untuk mencerahkan kulit tidak lepas dari kandungan L-Glutathione dan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Tak hanya membantu memutihkan, Glucola Sakura juga disebut dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV dan penuaan dini. Suplemen ini dijual dengan harga mulai Rp500.000 untuk kemasan isi 20 sachet.

VitaminKesehatan Kulit

Healthline. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin
Diakses pada 14 Juni 2021

Insider. https://www.insider.com/what-does-vitamin-c-do-for-the-skin
Diakses pada 14 Juni 2021

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/
Diakses pada 14 Juni 2021

Kinohimitsu. https://sg.kinohimitsu.com/product/prowhite-30s/
Diakses pada 14 Juni 2021

Everwhite. https://produk.everwhite.co.id/ga-hi-collagen1
Diakses pada 14 Juni 2021

Sato. http://www.sato.com.hk/hakubi/eng/whiteC/index.php
Diakses pada 14 Juni 2021

NASA. https://stockistnasa.com/collaskin-drink/
Diakses pada 14 Juni 2021

Kalbe. https://www.kalbemed.com/product/id/352
Diakses pada 14 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email