Gym & Sport

6 Trampoline Park di Jakarta dan Sekitarnya yang Seru untuk Anak dan Keluarga

09 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Trampoline park di Jakarta dan Sekitarnya antara lain Bounce Street, Houbii, dan Jump O LandTrampoline park di Jakarta salah satunya adalah Houbii di Pondok Indah

Mengunjungi trampoline park bisa jadi salah satu alternatif kegiatan hiburan bagi keluarga, terutama anak-anak. Selain bisa seru-seruan, bermain trampoline juga bisa jadi salah satu cara olahraga, lho.

Kini sudah banyak tempat bermain trampoline yang bisa kamu kunjungi. Mengingat didampingi oleh para petugas terlatih, bermain di trampoline park bisa lebih aman dibanding dengan bermain sendiri di rumah tanpa pengawasan profesional.

Trampoline park di Jakarta dan sekitarnya

Sudah tertarik ingin bermain trampolin? Yuk, intip beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

1. Bounce Street Asia

Bounce Street Asia mungkin salah satu trampoline park paling terkenal di Jakarta. Tempatnya cukup luas dan kamu bisa puas bermain seharian. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa bermain di sini.

Untuk bisa bermain di tempat trampoline ini, kamu perlu merogoh kocek Rp135.000 per 2 jam di hari biasa dan Rp160.000 per 2 jam saat akhir pekan.

Wahana yang ada di Bounce Street Asia sangat beragam. Selain arena lompat biasa, di sini juga tersedia arena panjat tebing, wahana slam dunk, sampai gladiator zone yang bisa jadi tempat kamu perang busa.

2. Amped Trampoline Park

Satu lagi trampoline park di Jakarta Utara, yaitu Amped Trampoline Park. Jangan khawatir kalau kamu belum pernah bermain di wahana ini. Para petugas siap sedia mengajari kamu berbagai cara aman untuk bermain trampolin, termasuk trik-trik khusus agar permainan makin seru.

Beberapa wahana yang tersedia antara lain basketball, wall run, rock wall climb, air bag jump, hingga slack line.

Harga untuk bermain di Amped Trampoline Park adalah Rp80.000 per jam saat hari biasa dan Rp125.000 per jam untuk akhir pekan.

3. Houbii Urban Adventure

Houbii Urban Adventure adalah tempat bermain trampoline di Jakarta Selatan terlengkap dengan berbagai wahana yang bisa kamu nikmati. Jadi, meski kamu di sini seharian, rasa bosan rasanya hampir mustahil untuk mampir.

Beberapa wahana yang ada di Houbii, antara lain High Ropes, Ninja Area, Dodgeball, Freestyle Area, Climb and Fall, hingga X-Slide.

Bahkan, tempat ini juga bisa disewa untuk pesta ulang tahun, lho. Tersedia juga akademi olahraga trampolin untuk anak 5-12 tahun dengan kurikulum khusus. Jadi, anak bisa tetap fit dan beraktivitias fisik dengan senang.

Untuk bisa bermain di sini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp225.000 di hari biasa dan Rp285.000 di akhir pekan.

4. Fun & Fit Revo Town

Fun & Fit Revo Town adalah trampoline park di Bekasi, lebih tepatnya Pekayon, yang menyediakan wahana seru untuk melompat, bermain, dan berolahraga sambil bermain.

Selain bisa bermain dengan membayar biaya per jam, kamu juga bisa memilih paket satu hari. Dijamin puas bermain trampolin seharian.

Harga untuk bermain di sini adalah Rp50.000 per jam untuk hari biasa dan Rp70.000 per jam untuk akhir pekan. Sementara itu, paket satu harinya hanya Rp90.000.

5. Jump O Land

Jump O Land di Sentul punya berbagai area seru untuk bermain trampoline, perang gabus, hingga panjat tebing. Kamu tidak perlu khawatir karena semuanya pasti sudah diatur seaman mungkin untuk anak-anak dan keluarga.

Di sini juga terdapat kafe. Jadi, kalau kamu lapar dan haus sehabis bermain, bisa langsung mengisi “bahan bakar” tanpa perlu repot-repot ke luar arena.

Biaya untuk bermain trampolin di Jump O Land cukup terjangkau, yaitu Rp20.000 untuk tiket masuknya. Tapi, kalau belum menggunakan kaus kaki, kamu perlu membeli kaus kaki seharga Rp15.000 sebelum bisa bermain.

6. Jumper Indoor

Untuk kamu yang di Bogor, trampoline park Jumper Indoor bisa jadi pilihan untuk melepas penat. Bisa untuk anak-anak dan dewasa, tempat bermain ini memang tidak terlalu besar, hanya bisa menampung 15-20 orang sekali bermain.

Namun kelebihannya, harga untuk bermain di sana cukup terjangkau, yaitu hanya Rp30.000 per jam untuk hari biasa dan Rp50.000 per jam di akhir pekan.

Di sini ada berbagai arena yang bisa kamu coba. Selain area trampoline biasa, kamu bisa menikmati area Velcro Fly Wall. Di area ini, kamu perlu memakai pakaian khusus yang terbuat dari bahan velcro. Dengan bahan ini, kamu jadi bisa menempel di dinding-dinding khusus layaknya Spiderman!

Tips main trampoline yang aman agar tidak cedera

Bermain di trampoline park memang menyenangkan, tapi tidak bisa dipungkiri gerakan melompat bisa memicu cedera, apalagi kalau dilakukan dengan cara yang salah.

Ini tips-tips bermain trampoline yang aman agar kamu dan keluarga bisa terhindar dari cedera:

• Gunakan alat pengaman yang tepat

Saat bermain di trampoline park, pastikan kamu atau anak sudah memakai alat pengaman seperti helm dan pelindung lutut. Trampoline park biasanya akan menyediakan alat pengaman sehingga kamu tidak perlu membawa sendiri.

• Selalu awasi anak saat bermain trampoline

Anak berusia di bawah 6 tahun sebaiknya tidak diizinkan untuk bermain trampoline. Di atas usia itu, tetap perlu diawasi jangan sampai anak melakukan gerakan-gerakan berbahaya seperti berguling sambil lompat.

• Jangan bermain saat trampoline park sedang ramai

Kalau kondisi trampoline park sedang terlalu ramai, sebaiknya tunda dulu atau menunggu hingga agak sepi. Soalnya, kalau terlalu padat, risiko bertabrakan saat bermain jadi lebih besar.

• Ketahui potensi cedera yang bisa terjadi

Mengetahui potensi cedera yang bisa terjadi, akan membuatmu lebih waspada dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya alat pengaman saat bermain trampoline.

Cedera yang paling umum terjadi adalah patah tulang akibat jatuh terlalu keras setelah lompat, lutut keseleo, hingga memar dan tergores alat-alat yang ada di sekitar.

Pada kondisi yang parah, risiko cedera yang mungkin terjadi adalah benturan keras di kepala hingga pingsan.

Mengunjungi tempat bermain trampoline di Jakarta bisa jadi alternatif hiburan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kalau ingin mengunjunginya, pastikan kamu sudah mengetahui protokol keamanan dan kesehatan yang dimiliki setiap trampoline park tersebut agar risiko cedera bisa dikurangi.

OlahragaAktivitas Anak PrasekolahOlahraga Anak
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email