Mom & Baby

Tips Memilih Cooler Bag ASI Serta 10 Rekomendasinya Pilihan SehatQ

Memilih cooler bag ASI harus tepat untuk menjaga kesegaran ASI perahCooler bag ASI adalah perlengkapan bayi untuk menjaga ASI perah agar tetap dingin saat dibawa dalam perjalanan atau bekerja

Bagi para ibu menyusui yang sudah kembali bekerja, keberadaan cooler bag ASI tentu menjadi penolong. Cooler bag ASI adalah perlengkapan bayi yang berfungsi untuk menjaga suhu ASI perah (ASIP) agar tetap dingin saat dibawa dalam perjalanan atau pergi bekerja.

Kalau ASIP didinginkan, atau disimpan pada tempat yang suhunya lebih dingin, maka daya simpannya tentu bisa menjadi lebih lama.

Para ibu yang sudah memerah ASI di kantor, bisa menyimpannya dalam kulkas. Kemudian, selama perjalanan pulang, ASIP dapat disimpan dalam tas ASI.

Saat ini, sudah banyak berbagai pilihan tas ASI dengan kualitas terbaik yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari tas selempang sampai ransel dengan motif yang menarik dan beragam.

Bingung cari cooler bag ASI yang tepat? Tak perlu khawatir, simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi cooler bag ASI lengkap dengan cara memilihnya.

Cara memilih tas ASI

Memilih tas ASI yang tepat memang sering kali membingungkan, ya. Maka dari itu, ketahui cara memilih tas ASI berikut ini.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips memilih tas ASI yang utama tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contohnya, sesuaikan berapa banyak jumlah botol ASI yang dibawa dan berapa besar ukurannya.

Kalau kamu membutuhkan cooler bag untuk menyimpan ASI dalam waktu yang lama, misalnya saat bekerja di kantor, pilihlah tas ASI ukuran sedang atau besar.

Sedangkan, jika kamu hanya pergi sebentar, pilih tas ASI yang ukurannya lebih kecil.

Di samping itu, ada 2 tipe cooler bag ASI untuk membawa ASIP yang bisa dipilih, yakni sudah dilengkapi dengan alat pendingin yang menyatu dengan tas, serta ada pula yang terpisah.

Apabila lemari pendingin kantor selalu penuh, pertimbangkan memakai tas dengan kompres terpisah.

Sebaliknya, kalau lemari pendingin kantor memiliki ruang yang lebih, Anda bisa memilih tas ASI dengan alat pendingin yang menyatu

2. Perhatikan bahannya

Pastikan kamu memerhatikan bahan cooler bag ASI saat akan membelinya.

Cooler bag ASI yang tahan lama dan bagus memiliki bahan yang kokoh.

Misalnya, bahannya tebal dan tidak tembus air, tidak mudah bocor atau rembes, serta mampu melindungi kantong atau botol ASI dengan baik. 

3. Kemudahan memakainya

Memilih tas ASI yang tepat juga perlu melihat kemudahan penggunaannya. Apakah kamu lebih mudah menggunakan jenis tas ASI berbentuk ransel atau selempang. Selain itu, cek pula ritsletingnya, apakah mudah dibuka atau tidak.

Rekomendasi cooler bag ASI yang bisa jadi pilihan

Berikut adalah berbagai rekomendasi cooler bag ASI yang tahan lama dan bagus pilihan SehatQ.

1

MOOIMOM Cooler Bag 

Salah satu rekomendasi cooler bag ASI yang tahan lama pilihan SehatQ jatuh pada MOOIMOM Cooler BagMOOIMOM Cooler Bag (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Salah satu rekomendasi cooler bag ASI yang tahan lama pilihan SehatQ jatuh pada MOOIMOM Cooler Bag.

Tas ASI perah ini terbuat dari material PEVA (polyethylene vinyl acetate) yang mampu menjaga suhu ASIP dalam tas tetap stabil.

Jenis ritsletingnya bisa mencegah kemungkinan udara dari luar tidak masuk ke dalam tas yang berisiko membuat ASIP menjadi rusak.

Menariknya, tas penyimpanan ASI ini multifungsi. Jadi, kamu bisa memakai kompartemen atas untuk menyimpan peralatan pompa ASI atau botol ASI.

Kemudian, kompartemen bawah untuk menyimpan ASI perah dan ice gel sebagai pendingin ASIP.

Hal lain yang jadi favorit SehatQ adalah MOOIMOM Cooler Bag ASI bisa dijadikan sebagai tas jinjing, tas selempang, ataupun model ransel (backpack) karena tali panjangnya bisa diatur dan dilepas sesuai selera.

Harga cooler bag ASI dari Mooimon Cooler Bag mulai dari Rp319.000.

2

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag Sling Bag Rainbow

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag adalah cooler bag ASi sekaligus tempat penyimpanan makanan bayiNatural Moms Thermal Bag/Cooler Bag Sling Bag Rainbow (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Cari cooler bag ASI sekaligus tempat penyimpanan makanan bayi? Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag mungkin bisa jadi pilihannya.

Tas ASI dari Natural Moms ini diklaim sudah mendapat sertifikasi food grade sehingga aman digunakan untuk menyimpan ASIP atau makanan bayi.

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag bisa menjaga suhu ASIP agar tetap segar sampai 20 jam, serta makanan bayi agar tetap panas selama 4 jam.

Biasanya, cooler bag ASI dari Natural Moms memiliki motif dan model tali yang bervariasi.

Namun, untuk tas penyimpan ASI ini, hanya terdapat satu model saja, yakni sling bag atau tas selempang.

Harga cooler bag ASI dari Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag Sling Bag Rainbow: mulai dari Rp238.500.

3

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Backpack

Cooler bag ASI dari Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag – Backpack ini mungkin bisa jadi pilihanNatural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Backpack (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Bagi para ibu yang suka melakukan perjalanan jauh, tas penyimpanan ASI dari Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag – Backpack ini mungkin bisa jadi pilihan.

Berbentuk ransel atau tas punggung, cooler bag ASI dapat menyimpan ASIP dan makanan bayi dengan aman.

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag bisa menjaga suhu ASIP agar tetap segar sampai 20 jam, serta makanan bayi agar tetap panas selama 4 jam.

Harga cooler bag ASI dari Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Backpack: mulai dari Rp344.250

4

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Tote Blue Sofya

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag juga mengeluarkan cooler bag ASI dalam model tote bagNatural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Tote Blue Sofya (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Selain tas selempang dan ransel, Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag juga mengeluarkan tas penyimpan ASI dalam model tote bag.

Menurut SehatQ, cooler bag ASI ini cocok digunakan buat kamu yang bepergian tidak terlalu memakan waktu.

Tas penyimpan ASI model tote bag bisa menyimpan kurang lebih 5 botol ASI dan 4 kantong ASI, serta ice gel di dalamnya. 

Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag bisa menjaga suhu ASIP agar tetap segar sampai 20 jam, serta makanan bayi agar tetap panas selama 4 jam.

Harga cooler bag ASI dari Natural Moms Thermal Bag/Cooler Bag - Tote Blue Sofya: mulai dari Rp222.000

5

Gabag Indonesia

Gabag adalah salah satu merek cooler bag ASI yang populer di kalangan para busuiGabag Indonesia (Sumber: Gabag Indonesia)

Gabag adalah salah satu merek tempat penyimpanan ASI yang populer di kalangan para busui.

Cooler bag Gabag mempunyai berbagai model, mulai dari tas jinjing, selempang, sampai model cooler bag ransel atau backpack.

Beberapa model di antaranya, tidak hanya dirancang untuk menyimpan ASI, melainkan juga perlengkapan bayi lainnya, sampai dengan laptop.

Motif yang diproduksi oleh Gabag pun sangat bervariasi, seperti warna netral, tanpa motif, sampai aneka warna dan banyak motif.

Biasanya, cooler bag Gabag dilapisi oleh alumunium foil dan lapisan antibocor. Terdapat kantong di sisi tas untuk memudahkan kamu membawa botol atau pompa ASI berukuran kecil.

Harga cooler bag ASI Gabag Indonesia cukup bervariasi tergantung model yang diinginkan.

6

Allegra Philip Cooler Bag

Allegra Philip Cooler Bag adalah cooler bag ASI ukuran besarAllegra Philip Cooler Bag (Sumber: Allegra)

Kalau kamu cari cooler bag dengan ukuran penyimpanan sangat besar untuk membawa ASI perah dalam jumlah banyak, Allegra Philip Cooler Bag bisa jadi pertimbangan.

Allegra merupakan cooler bag ASI merek lokal. Allegra Philip Cooler Bag jadi favorit beberapa busui karena punya ruang penyimpanan ASI yang cukup besar, yakni bisa menyimpan 6-8 botol ASI.

Meski tas bisa dibuka melalui samping, botol ASIP tetap tegak saat kamu membuka tas ASI ini.

Allegra Philip Cooler Bag punya kompartemen utama yang luas untuk menyimpan perlengkapan ibu dan bayi, tanpa khawatir terpapar kelembapan dari kompartemen pendingin.

Tas penyimpan ASI ini terbagi menjadi 2 bagian utama. Bagian bawahnya ada lapisan penahan suhu dan mika tebal untuk menjaga suhu tetap dingin dalam perjalanan.

Sedangkan, bagian atas bisa digunakan untuk membawa pompa ASI atau perlengkapan lainnya yang perlu disimpan di tempat kering.

Harga cooler bag ASI dari Allegra: mulai dari Rp350.000

7

Pigeon Breast Milk Cooler Bag

Pigeon juga mengeluarkan produk cooler bag ASI yang tahan lamaPigeon Breast Milk Cooler Bag (Sumber: Pigeon)

Produsen produk perawatan ibu dan bayi, Pigeon, juga mengeluarkan produk cooler bag ASI yang tahan lama.

Pigeon Breast Milk Cooler Bag dilengkapi dengan panel pendinginyang berada di samping depan dan belakang sehingga kesegarannya bisa bertahan secara maksimal sampai 6 jam.

Tas penyimpanan ASI dapat memuat 1 pompa payudara dan 5 botol ASI. Tempat untuk menyimpan ice gel pun tersedia khusus sehingga tidak mengganggu susunan botol ASI perah.

Sayangnya, desain dan model cooler bag ASI Pigeon ini hanya menyediakan satu jenis saja, yakni warna hitam dengan desain selempang (sling).

Harga cooler bag ASI dari Pigeon Breast Milk Cooler Bag: kurang lebih Rp600.000.

8

Okiedog Freckles Cooler Bag

Rekomendasi cooler bag ASI lainnya pilihan SehatQ adalah Okidog FrecklesOkiedog Freckles Cooler Bag

Rekomendasi cooler bag ASI lainnya pilihan SehatQ adalah Okidog Freckles.

Tas penyimpanan ASI ini dirancang cukup besar dengan model travel bag sehingga cocok digunakan bagi para ibu yang kerap bepergian ke luar kota.

Terbuat dari bahan polyester, cooler bag ASI ini dilengkapi dengan kompartemen utama untuk menjaga ASI tetap dingin, serta makanan bayi agar tetap hangat.

Harga cooler bag ASI dari Okiedog Freckles mulai dari Rp400.000

9

Mama’s Choice Cooler Bag

Mama's Choice Sling Cooler Bag adalah tas penyimpanan ASI perahMama’s Choice Cooler Bag (Sumber: Mama's Choice)

Mama's Choice Sling Cooler Bag adalah tas penyimpanan ASI perah pilihan SehatQ yang mudah, aman, dan nyaman dibawa ke mana saja.

Pada kompartemen atas, dirancang khusus untuk mempertahankan suhu ASIP dan menjaganya tetap higienis. Ada pula kantong untuk menaruh kabel pompa elektrik atau perlengkapan kecil lainnya.

Pada kompartemen bawah, digunakan untuk menyimpan botol ASI dan ice gel.

Tas ASI ini terbuat dari material yang mampu menjaga temperatur suhu ASIP dalam tas agar tetap stabil. Luasnya cukup menampung 9 botol ASI ukuran kecil.

Sayangnya, lama waktu suhu ASIP yang disimpan dalam tas ini hanya dalam 1 jam.

Hal lainnya yang jadi favorit SehatQ adalah ada kompartemen ekstra di bagian belakang untuk menyimpan tisu basah, kain lap, atau perlengkapan lainnya.

Ritsleting tasnya unik dan mudah untuk dibuka dan ditutup. Kamu bisa menggunakannya sebagai tas selempang dan tas jinjing.

Ada 3 pilihan warna berbeda yang bisa kamu pilih, yaitu abu-abu, biru, dan hijau toska.

Harga cooler bag ASI dari Mama's Choice antara Rp319.000 - Rp359.000.

10

Coco Cooler Bag Baby Go Inc

Coco Cooler Bag dari Baby Go Inc adalah tas penyimpanan ASI dengan kapasitas sedangCoco Cooler Bag Baby Go Inc (Sumber: Baby Go Inc)

Coco Cooler Bag dari Baby Go Inc adalah tas penyimpanan ASI dengan kapasitas sedang.

Jenis tas ASI ini bisa menampung 12-14 botol ASI dan pompa ASI. Selain itu, kamu bisa menyimpan 3 ice gel bungkus, untuk menjaga kesegaran ASIP hingga 20-24 jam lamanya, di atas botol ASI.

Kamu bisa juga menggunakan tas ini untuk menyimpan popok mini dan makanan agar tetap hangat.

Coco Cooler Bag bisa digunakan sebagai ransel atau tas selempang. Hadir dengan warna hitam dan biru, Harga cooler bag ASI ASI Coco Cooler Bag Baby Go Inc ini dibanderol dengan harga Rp349.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & MenyusuiBayiCara Menyimpan AsiPerlengkapan BayiBayi Baru Lahir

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com
Diakses pada 1 April 2021

Baby Go Inc. https://babygoinc.com/product/coco-cooler-bag/
Diakses pada 1 April 2021

Mamas Choice. https://mamaschoice.id/product/sling-cooler-bag/?lang=en
Diakses pada 1 April 2021

Pigeon. http://www.pigeon.co.id/products/product/based-on-categories/mother-care/breastfeeding-accessories/breast-milk-cooler-bag
Diakses pada 1 April 2021

Gabag Indonesia. https://www.gabag-indonesia.com/produk/single-sling-forest
Diakses pada 1 April 2021

Exclusive Pumping. https://exclusivepumping.com/best-breastmilk-cooler/
Diakses pada 1 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter