Mom & Baby

Timbangan Bayi Berkualitas untuk Pantau Berat Badan Buah Hati

18 May 2021|Bayu Galih Permana
Timbangan bayi berguna untuk membantu memantau perkembangan buah hatiTimbangan bayi digital bantu orangtua pantau berat badan si Kecil

Timbangan bayi merupakan salah satu benda penting bagi orangtua yang baru saja memiliki anak. Benda ini berguna untuk membantu orangtua memantau tumbuh kembang buah hatinya.

Apabila berat badan bayi berada di bawah batas normal, kondisi tersebut bisa menjadi tanda bahwa si Kecil kekurangan asupan nutrisi. Sebaliknya, jika melebihi batas normal, si Kecil terlalu banyak menerima asupan makanan. Saat kedua kondisi itu tidak mendapat perhatian atau penanganan, bayi akan menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Berat badan bayi normal berdasarkan usia

Ukuran berat badan bayi yang normal dapat dilihat dari berbagai macam faktor, salah satunya umur si Kecil. Berikut ini berat normal rata-rata bayi ketika baru lahir hingga memasuki rentang usia 1 tahun:

  • Baru lahir: 3,2 sampai 3,4 kilogram
  • 2 minggu: turun sekitar 5% (minum susu dari botol) atau 10% (minum ASI langsung dari ibunya) dari berat badan ketika lahir
  • 1 bulan: naik sekitar 1 pound (sekitar 0,45 kilogram) dari berat badan ketika lahir
  • 6 bulan: sekitar 7,3 kilogram (bayi perempuan) atau 7,9 kilogram (bayi laki-laki)
  • 1 tahun: sekitar 8,9 kilogram (bayi perempuan) atau 9,6 kilogram (bayi laki-laki)

Apabila berat badan bayi berada di bawah atau atas batas normal, segera periksakan si Kecil ke dokter. Langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapan berat badan bayi harus ditimbang?

Kamu bisa menimbang berat badan bayi untuk pertama kali ketika si Kecil memasuki usia dua minggu. Hingga memasuki umur 6 bulan, kamu hanya perlu menimbang berat badan bayi tiap satu bulan sekali.

Memasuki rentang usia 6 hingga 12 bulan, bayi cukup ditimbang setiap 2 bulan sekali. Setelah memasuki umur 1 tahun ke atas, menimbang berat badan si Kecil hanya butuh dilakukan setiap 3 bulan sekali. Orangtua mungkin perlu menimbang berat badan bayi lebih sering jika buah hati mereka menderita kondisi medis tertentu.

Rekomendasi timbangan bayi yang berkualitas

1

Timbangan bayi digital Rossmax

Timbangan bayi yang berkualitas untuk pantau berat badan si KecilTimbangan bayi digital RossmaxCek Sekarang

Dikemas dalam desain unik, Rossmax WE300 merupakan timbangan digital bayi berkualitas yang mudah untuk digunakan. Selain itu, bahan yang dipakai untuk membuat produk ini juga aman untuk buah hati.

Timbangan digital Rossmax dapat mengukur berat badan bayi maksimal hingga 20 kilogram. Apabila kamu tertarik untuk membelinya, harga timbangan bayi ini dijual mulai Rp825.000.

2

Timbangan bayi digital Onemed OD231B

Timbangan bayi yang berkualitas untuk pantau berat badan si KecilTimbangan bayi digital Onemed OD231B (Sumber foto: Onemed)

Timbangan bayi Onemed OD231B memiliki bak dengan bentuk yang nyaman untuk digunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengukur tinggi si Kecil dengan menggunakan papan ukur yang dapat diatur panjangnya.

Onemed OD231B juga menyediakan fitur penyimpanan data, sehingga kamu bisa membandingkan berat badan bayi sekarang dengan terakhir ketika menimbang. Untuk harganya, produk ini bisa didapat dengan harga sekitar Rp400.000-an.

3

Timbangan bayi digital Beurer BY80

Timbangan bayi yang berkualitas untuk pantau berat badan si KecilTimbangan bayi digital Beurer BY80 (Sumber foto: Beurer)

Beurer BY80 merupakan timbangan digital yang dilengkapi dengan layar LCD berukuran cukup besar sehingga memudahkanmu untuk membaca angka berat badan si Kecil. Tidak hanya itu, fitur Tare juga tersedia dalam timbangan ini, yang bisa membantu menghitung berat badan bayi tanpa memperhitungkan berat tambahan dari pakaian, popok, atau mainan.

Dilengkapi dengan segudang fitur canggih, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam jika ingin memiliki alat ini. Timbangan bayi digital Beurer BY80 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1.800,000.

4

Timbangan bayi GEA RGZ-20A

Timbangan bayi yang berkualitas untuk pantau berat badan si KecilTimbangan bayi GEA RGZ-20A (Sumber foto: GEA/Swarna Datta)

Timbangan bayi GEA RGZ-20A adalah jenis timbangan manual. Alat ini masih memakai jarum penunjuk untuk memberitahu berapakah berat badan si Kecil. Berat maksimal bayi yang dapat diukur dengan timbangan ini mencapai 20 kilogram.

Meskipun terkesan jadul, wadah yang digunakan untuk menopang badan terbilang nyaman karena disesuaikan dengan lekuk tubuh bayi. Harga timbangan bayi GEA-RGZ 20A ini dijual mulai dari Rp300.000.

5

Timbangan bayi GEA gantung

Timbangan bayi yang berkualitas untuk pantau berat badan si KecilTimbangan bayi GEA gantung (Sumber foto: PaDi UMKM)

Selain menidurkan si Kecil pada wadah khusus, ada juga timbangan bayi model gantung. Salah satu produsen timbangan bayi gantung adalah GEA. 

Namun, timbangan ini hanya mempunyai kapasitas hingga 7 kilogram saja sehingga cocok dipakai untuk menimbang berat badan bayi usia kurang dari 1 bulan. Harga dari timbangan gantung GEA sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp60.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Tumbuh Kembang BayiBerat Badan BayiPerlengkapan Bayi

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/height-weight-and-reviews/baby-height-and-weight/
Diakses pada 18 Mei 2021

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/first-year-infant-growth-431721
Diakses pada 18 Mei 2021

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/best-baby-scales_00644980/
Diakses pada 18 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter