Makan Sehat

Rekomendasi Tepung Terigu Protein Tinggi Terbaik untuk Adonan Roti

13 Oct 2021|Bayu Galih Permana
Gunakan tepung terigu protein tinggi yang sudah teruji kualitasnyaTepung terigu protein tinggi cocok untuk membuat roti

Tepung terigu merupakan salah satu bahan utama untuk membuat roti. Meskipun begitu, tidak semua jenis tepung terigu cocok untuk membuat roti. Jenis yang tepat untuk membuat roti yaitu tepung terigu protein tinggi.

Dibanding jenis tepung terigu lainnya (protein sedang dan protein rendah), tepung yang dikenal dengan sebutan bread flour ini punya kandungan gluten dan protein paling tinggi. Menghasilkan tekstur kenyal, tepung ini cocok digunakan untuk membuat makanan seperti donat, mie, hingga aneka jenis roti.

Manfaat tepung terigu protein tinggi

Manfaat tepung terigu protein tinggi sangatlah beragam. Sama seperti namanya, jenis tepung ini punya kandungan protein yang lebih tinggi. Tingginya kandungan gluten di dalamnya juga membuat tepung ini menghasilkan olahan roti dan mie yang kenyal.

Tak hanya membuat tekstur adonan jadi lebih kenyal, jenis tepung terigu ini juga mempunyai kandungan vitamin yang baik untuk menunjang fungsi tubuh. Sejumlah manfaat tepung terigu protein tinggi, di antaranya:

  • Kaya kandungan vitamin B3

Dibanding jenis tepung terigu lain, bread flour punya kandungan vitamin B3 atau niacin yang lebih tinggi. ½ cup tepung terigu tinggi protein diketahui mengandung niacin sekitar 5,2 mg. Sementara itu, niacin yang terkandung pada tepung terigu protein sedang hanya 3,7 mg per ½ cup-nya. 

Niasin merupakan vitamin yang memiliki peranan penting dalam produksi hormon yang berkaitan dengan seks dan stres. Vitamin B3 juga berguna membantu tubuh memroses energi.

  • Punya kandungan asam folat lebih tinggi

Kandungan asam folat pada tepung protein tinggi lebih banyak jika dibandingkan tepung protein sedang. Meski begitu, jumlahnya sendiri sebenarnya juga tak terlalu besar, yaitu 192 mikrogram per serving, sedangkan tepung protein sedang hanya 182 mikrogram.

Asam folat adalah salah satu vitamin yang mempunyai banyak fungsi penting di dalam tubuh. Vitamin ini membantu mendukung fungsi otak, serta mengambil peran di dalam proses produksi DNA dan RNA.

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi

1

Sriboga HIME

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi terbaikSriboga HIME (Sumber foto: Sriboga)

Sriboga HIME adalah salah satu merk tepung terigu protein tinggi yang berkualitas. Rendahnya kadar ash (abu), serta butirannya yang sangat halus membuat tepung ini menghasilkan produk roti dengan kualitas terbaik.

Tepung terigu protein tinggi dari Sriboga ini memiliki kandungan protein minimal 12% dan gluten sebanyak 35%. Tepung Sriboga HIME bisa dibeli dengan harga mulai Rp12.000 untuk kemasan 1 kilogram.

2

Tali Emas

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi terbaikTali Emas Spesial (Sumber foto: Sriboga)

Tali Emas merupakan salah satu contoh tepung terigu protein tinggi yang cocok dipakai untuk membuat roti dan mie. Produk ini memiliki kandungan gluten sebesar 34% dan protein minimal 12%.

Kadar abu dalam tepung Tali Emas Spesial pun sangat rendah, yaitu hanya 0,60% sehingga adonan yang dihasilkan akan terlihat lebih putih cerah. Harga tepung terigu protein tinggi ini dibandrol mulai Rp11.000 untuk kemasan 1 kilogram.

3

Cakra Kembar

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi terbaikCakra Kembar (Sumber foto: Bogasari)

Cakra kembar merupakan tepung terigu dengan daya serap air tinggi. Salah satu merk tepung terigu protein tinggi terbaik ini cocok digunakan untuk membuat aneka olahan seperti roti tawar, mie, martabak telur, dan bun burger.

Tepung terigu Cakra Kembar tersedia dalam dua varian, antara lain Cakra Kembar Bening dan Cakra Kembar Premium. Harga tepung terigu protein tinggi Bogasari ini dijual mulai Rp10.000 untuk kemasan 1 kilogram.

4

Golden Eagle

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi terbaikGolden Eagle (Sumber foto: Bungasari)

Golden Eagle adalah salah satu jenis tepung terigu protein tinggi yang menggunakan gandum pilihan terbaik sebagai bahan bakunya. Hasilnya, tepung terigu ini dapat menghasilkan aneka roti dan mie dengan tekstur kenyal serta warna yang memikat.

Tepung Golden Eagle mengandung protein minimal 13% dan gluten sebesar 34%. Kamu bisa membeli salah satu merk tepung terigu protein tinggi yang bagus ini dengan harga Rp10.000 untuk kemasan 1 kilogram.

5

Komachi

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi terbaikKomachi (Sumber foto: PT Puri Pangan Utama)

Berasal dari Jepang, Komachi adalah salah satu merk tepung terigu protein tinggi berkualitas. Menggunakan biji gandum pilihan sebagai bahan bakunya, kadar protein di dalam tepung ini diklaim lebih tinggi dibanding produk serupa.

Tepung terigu protein tinggi Komachi cocok dipakai untuk membuat adonan roti yang kenyal, namun bertekstur lembut dan halus saat dikunyah. Harga tepung terigu protein tinggi ini bisa dibeli mulai Rp20.000 untuk kemasan 1 kilogram.

ProteinMakanan Sehat

SFGate. https://healthyeating.sfgate.com/highgluten-flour-vs-allpurpose-flour-9171.html
Diakses pada 13 Oktober 2021

Sriboga. https://www.sriboga-flourmill.com/id/produk
Diakses pada 13 Oktober 2021

Bogasari. https://www.bogasari.com/product/1310afda-524f-4264-baba-e3006d96ccfc
Diakses pada 13 Oktober 2021

Bungasari. https://bungasari.com/product-bakery
Diakses pada 13 Oktober 2021

PT Puri Pangan Utama. https://puripangan.co.id/manfaat-komachi-wheat-flour-membuat-adonan-roti/
Diakses pada 13 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter