Makan Sehat

Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik untuk Membuat Kue

07 Oct 2021|Bayu Galih Permana
Tepung terigu protein rendah punya kandungan gluten lebih kecilTepung terigu protein rendah biasa dipakai membuat kue

Tepung terigu protein rendah adalah jenis tepung yang umumnya digunakan untuk membuat kue atau jajanan pasar. Rendah akan kandungan gluten, tepung protein rendah menghasilkan tekstur yang lembut pada makanan.

Di sisi lain, tepung ini juga dapat digunakan untuk membuat makanan semakin renyah. Sesuai namanya, tepung terigu protein rendah memiliki jumlah protein yang lebih sedikit dibandingkan bread flour maupun tepung serba guna (all purpose flour). 

Kegunaan tepung terigu protein rendah

Tepung terigu protein rendah adalah tepung yang memiliki kandungan protein gluten, dan gula yang lebih rendah jika dibandingkan jenis lain. Kandungan proteinnya berada pada angka 8%, sedangkan tepung terigu protein tinggi 12% dan tepung serbaguna 10%.

Daya serap airnya pun juga terbilang rendah apabila dibandingkan jenis tepung lain. Jika kamu menambahkannya ke dalam adonan roti, hasilnya akan sulit mengembang dan berpotensi akan menjadi bantat. 

Tepung protein rendah sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kue atau cake karena dapat menghasilkan tekstur yang lembut. Selain itu, jenis tepung ini juga cocok dipakai untuk membuat makanan bertekstur renyah seperti gorengan, kerupuk, dan kue kering.

Rekomendasi tepung terigu protein rendah

1

Lencana Merah

Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaikLencana Merah (Sumber foto: Bogasari)

Lencana merah merupakan salah satu merk tepung terigu protein rendah yang bagus. Tepung ini cocok dipakai untuk membuat beraneka macam gorengan. Pemakaian tepung ini membuat gorengan menjadi renyah dan tidak menyerap minyak berlebih.

Selain gorengan, kamu juga bisa memanfaatkan tepung ini sebagai bahan kue dan jajanan pasar. Harga tepung terigu protein rendah Lencana Merah dibanderol mulai Rp10.000 untuk kemasan 1 kilogram.

2

Kunci Biru

Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaikKunci Biru (Sumber foto: Bogasari)

Tepung terigu Kunci Biru cocok digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan kekenyalan dan volume seperti biskuit maupun kue kering. Rendahnya kandungan protein yang terdapat dalam tepung ini membuat produk olahannya menjadi lebih crispy.

Tak hanya kue kering, Kunci Biru juga bisa dipakai untuk membuat beraneka ragam kue seperti kue lapis, pancake, dan chiffon cake. Harga tepung protein rendah dari Bogasari ini dijual mulai Rp10.000 untuk kemasan 1 kilogram.

3

Kotobuki

Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaikKotobuki (Sumber foto: PT Puri Pangan Utama)

Kotobuki merupakan salah satu merk tepung terigu protein rendah terbaik. Tepung asal Jepang ini biasanya diaplikasikan pada cake, untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan halus. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan baku untuk membuat kue kering.

Tepung terigu protein rendah ini aman dikonsumsi karena telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Harga tepung protein rendah Kotobuki dijual mulai Rp20.000 untuk kemasan 1 kilogram.

4

Hana Emas

Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaikHana Emas (Sumber foto: Bungasari)

Tepung terigu Hana Emas dibuat menggunakan gandum berkualitas tinggi dan teknologi yang modern. Salah satu merk tepung terigu protein rendah yang bagus ini mempunyai kadar abu rendah, sehingga warna makanan yang dihasilkan tetap cantik.

Tepung protein rendah ini cocok digunakan untuk membuat kue, wafer, kue kering, dan biskuit. Kamu dapat membeli tepung terigu Hana Emas dengan harga mulai Rp12.000 untuk kemasan 1 kilogram.

5

Hana Biru

Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaikHana Biru (Sumber foto: Bungasari)

Hana Biru adalah satu merk tepung protein rendah yang biasa digunakan untuk membuat cake dengan tekstur lembut. Kamu juga bisa memakainya sebagai bahan baku membuat kue kering atau biskuit yang renyah.

Kandungan protein dalam tepung ini tidak lebih dari 10% dan kadar abunya hanya berada pada angka 0,52%. Harga tepung protein rendah dari Bungasari ini dibanderol mulai Rp25.000 untuk kemasan 1 kilogram.

Makanan Sehat

Food Network. https://www.foodnetwork.com/how-to/packages/food-network-essentials/what-is-cake-flour
Diakses pada 7 Oktober 2021

Bogasari. https://www.bogasari.com/
Diakses pada 7 Oktober 2021

Bungasari. https://bungasari.com/
Diakses pada 7 Oktober 2021

Bola Deli. https://www.boladeli.id/id/bola-inspirasi/bedanya-tepung-terigu-protein-tinggi-rendah-dan-sedang-yang-wajib-diketahui
Diakses pada 7 Oktober 2021

MamaSuka. https://www.mamasuka.com/id/artikel/perbedaan-tepung-terigu-protein-tinggi-sedang-dan-rendah
Diakses pada 7 Oktober 2021

PT Puri Pangan Utama. https://puripangan.co.id/our-product/kotobuki-cake-flour/
Diakses pada 7 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email