Lifestyle

10 Tensimeter Digital Terbaik untuk Ukur Tekanan Darah di Rumah

26 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Tensimeter digitial terbaik antara lain Omron, Rossmax, Jumper, dan BeuerTensimeter digital perlu disimpan di rumah untuk monitor kesehatan keluarga

Memiliki tensimeter digital di rumah adalah salah satu langkah baik untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan memeriksa tekanan darah secara rutin, kamu bisa lebih cepat mengetahui apabila ada penurunan atau kenaikan tekanan di luar nilai normal.

Tekanan darah adalah salah satu tanda-tanda vital di tubuh selain suhu, frekuensi pernapasan, dan denyut nadi.
Nilai tekanan darah yang tidak normal bisa menunjukkan gangguan kesehatan, sehingga kamu perlu rutin memeriksanya agar dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Tips memilih tensimeter digital terbaik

Mengetahui tekanan darah tidaklah sulit kalau kamu punya tensimeter digital. Penggunaannya sederhana, yaitu cukup memasang alat pengukur ke lengan ataupun pergelangan tangan lalu menekan tombol untuk memulai pengukuran.
Berikut ini beberapa tips untuk memilih alat tensi darah digital terbaik yang bisa kamu terapkan.

• Pastikan manset pengukur pas di lengan

Manset yang terdapat pada alat pengukur tekanan darah, harus pas digunakan. Sebab kalau tidak, akan memengaruhi hasil.

Manset tensimeter biasanya tersedia dalam beberapa ukuran, sehingga jika lingkar lengan Anda cukup besar, pilihlah manset yang lebih panjang.

• Cari yang cara menggunakannya membuatmu paling nyaman

Tensimeter digital rata-rata mudah digunakan. Namun beda merek biasanya akan berbeda pula cara menggunakannya.

Secara garis besar, alat ini terbagi menjadi dua, yaitu yang pemeriksaannya dilakukan di lengan atas dan satu lagi di pergelangan tangan.

Kalau bingung harus memilih yang mana, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis yang paling tepat sesuai kondisimu.

• Pilih yang sesuai dengan budget

Beda merek dan jenis tensimeter, maka akan berbeda pula harganya. Alat medis ini tersedia dalam rentang harga yang cukup luas, dari yang cukup terjangkau hingga yang terbilang mahal. Pilih yang sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan.

• Perhatikan fitur lain yang dibutuhkan

Tensimeter digital tertentu memiliki fitur tambahan yang mungkin kamu butuhkan. Saat membeli, pastikan kamu mengetahui dengan jelas semua fitur yang dimiliki alat tersebut. Jangan sampai kamu mendapatkan fitur yang tidak dibutuhkan, tapi fitur yang dibutuhkan ternyata malah tidak tersedia.

• Pilih yang hasil pengukurannya gampang dipahami

Sebelum membeli tensimeter digital, lihatlah terlebih dahulu di brosur atau gambar yang tersedia soal hasil yang akan ditampilkan di layar. Beda merek, biasanya akan berbeda juga tampilannya. Pilih yang tidak membuatmu bingung.

Tensimeter digital terbaik

Setelah mengetahui tips memilih tensimeter, berikut ini beberapa merek tensi digital yang bagus sebagai pilihanmu.

1

Rossmax Tensimeter Digital X1

Tensimeter digital terbaik Rossmax Tensimeter Digital X1Rossmax Tensimeter Digital X1Cek Sekarang

Rossmax tensimeter digital adalah alat pengukur tekanan darah yang pas disimpan di rumah. Penggunaannya yang mudah dan fiturnya yang cukup luas membuatmu bisa melakukan monitor kesehatan dengan baik.

Selain mengukur tekanan darah, alat ini juga dilengkapi dengan detektor denyut tidak beraturan yang bisa menjadi gejala gangguan jantung.

Hasil pengukuran terakhir pun akan terekam di alat, sehingga jika lupa mencatat saat terakhir kali mengukur, kamu masih bisa melihat hasilnya.

Ukurannya yang tidak terlalu besar dan ringan membuatnya mudah disimpan dan digunakan.

Harga: Rp660.000

2

Jumper Tensimeter Wrist

Tensimeter digital terbaik Jumper Tensimeter WristJumper Tensimeter WristCek Sekarang

Tensimeter digital ini dilengkapi dengan teknologi oscillometri untuk mengukur tekanan darah dengan manset yang lebar. Kamu juga bisa memakainya untuk mengukur detak jantung.

Bagi yang terbiasa rutin mengukur tekanan darah, alat ini bisa menyimpan hingga 90 memori, sehingga kamu bisa melihat pola naik-turunnya tekanan darah secara lebih akurat.

Harga: Rp500.000

3

Jumper - Tensimeter Voice

Tensimeter digital terbaik Jumper - Tensimeter VoiceJumper - Tensimeter VoiceCek Sekarang

Jumper tensimeter jensi ini disertai dengan fitur pembacaan menggunakan suara. Ukurannya yang kecil membuat alat ini praktis dan mudah dibawa-bawa, termasuk saat sedang keluar kota.

Tensimeter digital ini mampu menyimpan hasil tes hingga 99 kali ke belakang, sehingga kamu bisa mencatat pergerakan tekanan darahmu secara rutin. Hal ini berguna untuk mengetahui pola kondisi kesehatan pribadi secara umum.

Harga: Rp525.000

4

Omron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7121

Tensimeter digital terbaik Omron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7121Omron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7121Cek Sekarang

Tensimeter Omron jenis ini adalah salah satu yang paling banyak dicari karena fiturnya yang lengkap, sehingga bisa menunjukkan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Selain bisa mengukur tekanan darah, alat ini juga dapat menunjukkan ritme detak jantung yang tidak teratur. Hasil pengukurannya pun bisa disimpan hingga 30 kali.

Saat proses pengukuran sedang dilakukan, di layarnya akan tampak indikator gerakan tubuh yang akan menyala jika badan bergerak. Sebab, pergerakan bisa membuat hasil pengukuran kurang akurat.

Harga: Rp705.000

5

Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6161 (Basic)

Tensimeter digital terbaik Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6161 (Basic)Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6161 (Basic)Cek Sekarang

Tensimeter pergelangan tangan seri basic ini bisa menjadi pilihan jika kamu hanya ingin mengetahui seputar tekanan darah dan irama detak jantung. Dengan bentuk dan penggunaan yang praktis, alat ini enak untuk dibawa dan dapat menyimpan 30 kali hasil pengukuran di dalam memorinya.

Harga: Rp730.000

6

Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6181 (Deluxe)

Tensimeter digital terbaik Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6181 (Deluxe)Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6181 (Deluxe)Cek Sekarang

Tensimeter yang dipasang di pergelangan tangan adalah pilihan yang praktis untuk kamu yang perlu membawa alat ini ke sana ke mari. Dengan fitur intelliwrap cuff dan panduan memasang manset yang jelas, hasil pengukurannya pun bisa akurat.

Alat ini juga akan menyimpan hasil pengukuran tekanan darah rata-rata yang diambil saat pagi hari dalam satu minggu, maupun rata-rata hasil 2-3 kali pengukuran dalam 10 menit terakhir.

Sebab, untuk menentukan seseorang mengidap hipertensi atau tidak, diperlukan hasil pengukuran rata-rata dan bukan hasil satu kali pengukuran.

Harga: Rp900.000

7

Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6232T (Premium)

Tensimeter digital terbaik Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6232T (Premium)Omron Tensimeter Wrist Blood Pressure Monitor HEM-6232T (Premium)Cek Sekarang

Tensimeter omron jenis ini memiliki fitur sinkronisasi data, sehingga darah yang terukur di alat dapat tersimpan di aplikasi milik Omron dan bisa diakses melaui smartphone.

Ukuran alat pengukur darah ini kecil dan mudah dipasang di pergelangan tangan dengan proses pengukuran yang berlangsung hampir tanpa suara apapun. Terdapat berbagai indikator yang ada di dalamnya, antara lain:

• Indikator gerak tubuh
• Indikator detak jantung tidak teratur
• Indikator morning hipertensi
• Indikator rata-rata pagi hari
• Rerata tekanan darah dalam 2-3 kali pengukuran selama 10 menit terakhir
• Indikator hipertensi

Alat ini juga bisa menyimpan data tekanan darah 2 orang untuk masing-masing hingga 100 kali pemeriksaan dengan tanggal dan waktu yang spesifik.

Harga: Rp1.250.000

8

Omron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7361T

Tensimeter digital terbaik Omron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7361TOmron Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7361TCek Sekarang

Tensimeter Omron HEM-7361 T dapat mengukur dan mendeteksi tekanan darah sekaligus kondisi atrial fibrilasi yang ditandai dengan irama detak jantung yang tidak teratur.

Pada atrial fibrilasi, deteksi dini perlu dilakukan karena jika dibiarkan, risiko terjadinya stroke serta gagal jantung, bisa meningkat.

Dengan mengetahui adanya indikasi gangguan irama jantung, kamu bisa lebih cepat memeriksakan diri ke dokter untuk bisa menerima perawatan.

Tensimeter ini juga akan menyediakan informasi soal rata-rata 3x pengukuran dalam 10 menit terakhir, sehingga hasilnya bisa lebih akurat. Selain itu, alat tersebut pun bisa menyimpan hasil 2 pengguna sebanyak masing-masing 100x pengukuran.

Harga: Rp1.500.000

9

Beurer BM 26 upper arm blood pressure monitor

Tensimeter digital terbaik Beurer BM 26 upper arm blood pressure monitorBeurer BM 26 upper arm blood pressure monitor (sumber foto: beurer.com)

Beurer adalah salah satu merek alat pengukur tekanan darah digital yang cukup banyak dipilih karena fiturnya yang dapat menyimpan hasil pengukuran hingga empat orang, cocok untuk disimpan di rumah untuk dipakai sekeluarga.

Hasil yang bisa disimpan masing-masing orangnya pun sampai 120 kali pengukuran. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah memantau kondisi kesehatan keluarga.

Tensimeter digital ini juga memiliki fitur bisa mendeteksi denyut jantung tidak beraturan. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut sebagai aritmia dan bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Aritmia dapat dikontrol dengan baik apabila kamu menjalani perawatan sejak dini.

Di layarnya juga terdapat indikator warna yang dapat menunjukkan hasil pengukuranmu normal, rendah, atau di atas rata-rata.

Mansetnya berukuran 22-35 cm dan bisa mengukur sistolik dari angka 60-280 mmHg dan diastoliknya 30-200 mmHg.

Harga: Rp715.000

10

Microlife BP A2 Basic Blood pressure monitor

Tensimeter digital terbaik Microlife BP A2 Basic Blood pressure monitorMicrolife BP A2 Basic Blood pressure monitor (sumber foto: microlife.com)

Microlide BP A2 Basic adalah jenis tensimeter digital yang pas untuk disimpan di rumah karena fitur dan cara penggunaannya yang sederhana. Fitur standar yang dimilikinya adalah mampu mengukur tekanan darah sekaligus denyut jantung.

Rentang pengukurannya pun luas, yaitu antara 20-280 mmHg, sehingga bisa mendeteksi tekanan darah rendah hingga tinggi dengan baik. Sementara itu untuk pembacaan denyut jantung, alat ini mampu mengukur 40-200 detak per menit.

Harga: mulai dari Rp450.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
HipertensiTekanan Darah TinggiTekanan Darah Rendah

WebMD. https://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/how-pick-home-blood-pressure-monitor
Diakses pada 23 April 2021

SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 23 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter