Gym & Sport

7 Tempat Sepedaan di Jakarta yang Instagrammable dan Aman

09 Jun 2021|Fadli Adzani
Tempat sepedaan di Jakarta.Ada banyak tempat sepedaan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Kegiatan bersepeda tidak melulu harus dilakukan di jalanan. Khusus di Jakarta, ada sejumlah tempat sepedaan yang kece dan instagrammable untuk membuat pengalaman gowes kamu makin menyenangkan.

Di samping itu, tempat-tempat sepedaan ini menawarkan pemandangan yang indah dan tentunya aman dari lalu lalang kendaraaan bermotor. Berikut adalah rekomendasi tempat sepedaan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

7 tempat sepedaan di Jakarta yang instagrammable dan aman

1

Monumen Nasional (Monas)

Monumen nasional monasMonumen Nasional alias Monas (Sumber: https://www.instagram.com/monumen.nasional/)

Tempat sepedaan pertama adalah Monumen Nasional alias Monas. Lintasannya yang mulus dan ditambah pemandangan Monas yang menjulang tinggi dapat membuat pengalaman bersepedamu semakin berkesan.

Ditambah lagi, jarang ada mobil atau motor yang melintas di dalam kawasan Monas sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan aman saat sedang mengendarai sepeda.

Jangan lupa juga untuk berfoto dengan sepeda kesayanganmu dengan latar belakang Monas yang ikonik.

Harga tiket masuknya pun cukup murah. Bagi pelajar, kamu hanya perlu membayar Rp3.000. Bagi orang dewasa, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5.000. Sementara itu, tiket masuk anak-anak dibanderol Rp2.000.

Jalur sepeda ini terletak di jantung ibu kota, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat.

2

Lapangan Banteng

lapangan bantengLapangan Banteng (Sumber: Taman Hutan DKI)

Jika kamu masih punya tenaga untuk mengendarai sepedamu, cobalah datang ke Lapangan Banteng yang letaknya tidak terlalu jauh dari Monas.

Di tempat sepedaan ini, ada banyak lokasi foto keren yang wajib kamu kunjungi, salah satunya Monumen Pembebasan Irian Barat yang berada tepat di tengah Lapangan Banteng. Matamu juga dapat dimanjakan dengan pemandangan rumput dan lapangan hijau.

Track sepeda ini terletak di Jl. Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke Lapangan Banteng.

3

Taman Margasatwa Ragunan

kebun binatang ragunanTaman Margasatwa Ragunan (Sumber: Ragunan Zoo)

Ingin merasakan sensasi bersepeda sambil ditemani dengan berbagai suara fauna dari kejauhan? Datanglah ke Taman Margasatwa Ragunan!

Bagi kamu yang tidak membawa sepeda, kamu tidak perlu khawatir karena pihak kebun binatang menyediakan tempat penyewaan sepeda.

Untuk menyewa satu sepeda, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 selama satu jam. Sedangkan, sepeda tandem dengan dua pedal dapat disewa dengan harga Rp15.000 per jamnya.

Pemandangan yang asri di jalur sepeda kebun binatang tentunya membuat pengalaman bersepeda makin menyenangkan. Kami juga bisa mencari lokasi foto dengan latar belakang hewan-hewan yang ada di sana.

Harga tiket masuk untuk anak-anak dibanderol Rp3.000, sedangkan orang dewasa Rp4.000. Jika kamu membawa sepeda, tiket masuknya akan ditambahkan Rp1.000.

Track sepeda ini terletak di Jalan Harsono RM No. 1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

4

Gelora Bung Karno

gelora bung karnoGelora Bung Karno (Sumber: GBK.com)

Dikenal sebagai salah satu stadion sepak bola terbesar di Asia Tenggara, ternyata kompleks Gelora Bung Karno (GBK) juga bisa dijadikan sebagai jalur sepeda.

Di lintasan sepeda ini, kamu juga dapat bertemu dengan banyak orang yang bersepeda atau sedang berolahraga. Oleh karena itu, meski lintasannya mulus, kamu perlu berhati-hati saat bersepeda di sini.

Selain itu, mobil dan motor juga bisa masuk ke dalam kompleks GBK sehingga kamu tidak boleh lengah. Setelah bersepeda, kamu juga bisa mengambil foto dengan latar belakang stadion GBK yang megah.

Track sepeda ini terletak di Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta.

5

Kota Tua

kota tuaKota Tua (Sumber: https://www.instagram.com/p/Bin7fB7DO_O/)

Jika kamu sudah bosan bersepeda dikelilingi gedung-gedung modern di ibu kota, cobalah datang ke Kota Tua. Di sana, kamu dapat bersepeda sambil ditemani gedung-gedung bersejarah peninggalan zaman Belanda.

Kamu juga bisa berhenti di depan museum bersejarah dan mengambil foto dengan sepeda kesayanganmu.

Jika sudah selesai bersepeda, cobalah mampir ke Cafe Batavia, tempat makan yang cukup ikonik di Kota Tua sambil berfoto-foto ria.

Kalau perut sudah kenyang, kendarai sepedamu untuk menjelajahi berbagai macam museum di sana sambil belajar tentang sejarah.

Untuk masuk ke dalam Kota Tua sendiri, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Namun jika kamu ingin masuk ke museumnya, kamu harus membayar tiket yang harganya berkisar dari Rp2.000 hingga Rp10.000.

Tempat sepedaan ini terletak di Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

6

Pantai Indah Kapuk

pusat sepeda pantai indah kapukPusat Sepeda di Pantai Indah Kapuk (Sumber: https://www.instagram.com/p/CNjyb3IrBMy/)

Pantai Indah Kapuk menjadi salah satu lintasan sepeda favorit warga Jakarta. Di sana, kamu juga bisa bersantai ria sambil duduk-duduk di pasir putih.

Tidak hanya itu, baru-baru ini juga ada Pusat Sepeda yang dibuka di sana. Di Pusat Sepeda ini, kamu dapat bertemu dengan toko yang menawarkan aksesoris sepeda. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam sepeda yang dipamerkan.

Ada pula jalur sepeda yang bisa kamu jajal. Selain itu, ruang ganti khusus pesepeda bisa kamu manfaatkan untuk mandi setelah berkeringat.

Pusat Sepeda dapat kamu kunjungi lewat jembatan dari Golf Island serta area Pantai Indah Kapuk 2.

Tempat ini juga dibuka untuk umum, mulai dari pukul 09:00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan di akhir pekan dan libur nasional, jam bukanya berbeda mulai dari pukul 06:00 hingga 21.00 WIB.

7

Allianz Ecopark Ancol

Allianz Ecopark AncolAllianz Ecopark Ancol (Sumber: https://www.instagram.com/p/CNpQNJkhXuk/)

Jika kamu sedang berada di Ancol dan membawa sepedamu, jangan lupa main ke Allianz Ecopark Ancol.

Di sana, terdapat jalur sepeda yang mulus dan ruang terbuka hijau yang bisa memanjakan kedua matamu sambil bersepeda.

Kamu pun bisa membawa keluargamu sambil bermain di dekat danau dan memberikan makanan kepada ikan-ikan yang ada di sana.

Sebelum masuk ke dalam Allianz Ecopark, kamu perlu membayar tiket masuk ke dalam Ancol. Per orang akan dikenai biaya Rp25.000. Jika kamu menggunakan mobil, biaya tiket masuknya Rp25.000. Kalau kamu mengendarai motor, kamu harus membayar Rp15.000.

Olahraga

Harga Tiket.
https://www.hargatiket.net/harga-tiket-masuk-monas/
Diakses pada 9 Juni 2021

Museum Nasional. https://www.museumnasional.or.id/alamat
Diakses pada 9 Juni 2021

ID Alamat. https://idalamat.com/alamat/156062/lapangan-banteng-jakarta-dki-jakarta
Diakses pada 9 Juni 2021

Jakarta Tourism. http://jakarta-tourism.go.id/visit/event/2021/01/lapangan-banteng
Diakses pada 9 Juni 2021

Ragunan Zoo. HTTPS://RAGUNANZOO.JAKARTA.GO.ID/TICKET/
Diakses pada 9 Juni 2021

Gelora Bung Karno. https://gbk.id/
Diakses pada 9 Juni 2021

Wisata Bagus. https://wisatabagus.com/kota-tua-jakarta/#Harga_Tiket_Masuk_Kota_Tua_Jakarta
Diakses pada 9 Juni 2021

Liputan 6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4519499/ada-pusat-sepeda-di-pik-apa-saja-fasilitasnya
Diakses pada 9 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email