Gym & Sport

7 Tempat Olahraga Selain Gym yang Bisa Disambangi

07 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Tempat olahraga selain gym antara lain taman, pantai dan rumahTempat olahraga selain gym salah satunya taman dengan jogging track

Tempat olahraga selain gym ada banyak jenisnya. Sebab, olahraga tak hanya bisa dilakukan menggunakan alat-alat khusus. Kamu bisa jadikan rumah, pantai, jalanan kompleks perumahan hingga mall sebagai tempatmu untuk melakukan aktivitas fisik.

Alternatif tempat olahraga selain gym

Mengganti-ganti tempat olahraga bisa mencegahmu merasa bosan untuk melakukan aktivitas fisik. Ini alternatif yang bisa kamu sambangi.

1. Rumah

Tempat olahraga selain gym yang paling mudah dicapai tentu adalah rumah sendiri. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan peralatan yang canggih-canggih seperti di pusat kebugaran.

Kamu bisa melakukan aerobik dengan mengikuti video yang ada di internet, melakukan body weight training seperti push up, sit up, pull up, ataupun yoga.

Olahraga di rumah tetap bisa membuatmu sehat dan bugar selama dilakukan secara teratur.

2. Pantai

Pantai adalah tempat olahraga selain gym yang tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, tapi juga membuat aktivitas fisik yang kamu lakukan jadi lebih efektif.

Berjalan atau berlari di atas pasir bisa membakar lebih banyak kalori karena kamu harus bekerja lebih keras untuk melewati pasir yang membuat langkahmu lebih berat.

Kalau pantai yang kamu sambangi bisa digunakan untuk berenang, kamu juga bisa melakukannya sebagai alternatif olahraga yang baik bagi kesehatan.

Udara pantai yang menyegarkan juga akan memberikan sensasi menenangkan untuk pikiran. Jadi selain sehat fisik, kamu juga akan pulang dengan kondisi pikiran yang lebih baik.

3. Mall

Tempat olahraga selain di gym yang bisa kamu sambangi adalah mall. Ingat, olahraga bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk jalan kaki. Tidak hanya di treadmill atau jogging track, kamu juga bisa melakukannya sambil berbelanja di mall.

Ini bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan aktivitas fisikmu selama kamu menahan untuk tidak banyak jajan makanan saat berada di dalam mall. Cobalah untuk berbelanja bahan-bahan yang sehat, seperti buah dan sayur. Pilih juga pakaian olahraga, ataupun alat olahraga yang banyak terpajang di etalase.

4. Komplek rumah

Tempat olahraga yang satu ini dekat, tanpa biaya, dan bisa sedikit mengusir kebosananmu tanpa perlu pergi jauh-jauh dari rumah. Berjalan kaki, jogging atau bersepeda saat pagi atau sore hari adalah alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mingguan.

5. Taman

Mendatangi taman kota atau taman di komplek perumahanmu adalah salah satu cara untuk bisa berolahraga dengan suasana baru dan gratis. Kamu pun bisa melakukan berbagai jenis latihan di sana, mulai dari jogging, yoga, tai chi, hingga freeletics.

6. Gunung atau bukit

Rumah kamu dekat area perbukitan atau bahkan gunung? Jangan ragu untuk manfaatkan itu agar kamu bisa punya tempat olahraga alternatif selain gym. Hiking atau naik gunung adalah salah satu jenis kegiatan fisik yang sangat baik untuk melatih otot.

Kamu juga bisa sekaligus menikmati keindahan alam yang akan menyegarkan pikiran.

7. Kantor

Olahraga di kantor? Bisa. Asal, kamu pilih olahraga yang sesuai. Untuk kamu yang terbiasa duduk berlama-lama, melakukan peregangan di meja kerja sebenarnya wajib hukumnya.

Ini untuk mengurangi risiko sakit punggung, sakit kepala, hingga gangguan saraf akibat berada di posisi yang sama terlalu lama. Jenis olahrga yang bisa dilakukan adalah peregangan.

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan stretching leher, tangan, badan bagian atas agar tubuh tetap fleksibel dan tidak kaku meski seharian bekerja di kantor.

Seberapa sering harus berolahraga dalam seminggu?

Orang dewasa dengan kondisi tubuh yang sehat disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu jika yang dilakukan adalah olahraga dengan intensitas ringan. Sementara jika yang dilakukan adalah olahraga berat, maka minimal cukup 75 menit per minggu.

Untuk mencapai durasi yang disarankan tersebut, kamu bisa membaginya dalam satu minggu. Misalnya, agar bisa mencapai total 150 menit, kamu cukup olahraga selama 30 menit, 5 kali seminggu.

Kalau kamu termasuk belum terbiasa melakukan aktivitas fisik, maka mulailah dengan perlahan. Melakukan olahraga dengan intensitas ringan selama 15 menit di pagi hari lalu 15 menit di sore hari, selama 5 hari tetap akan membantumu memiliki tubuh yang lebih sehat.

Setelah bisa rutin olaraga, jangan lupa untuk dampingi gaya hidup sehat ini dengan mengonsumsi makanan bergizi.

OlahragaTips OlahragaYogaLari

Your Weight Matters. https://www.yourweightmatters.org/alternative-places-work-out/
Diakses pada 6 Juli 2021

Make Up and Beauty. https://makeupandbeauty.com/9-exciting-places-to-workout-other-than-the-gym/
Diakses pada 6 Juni 2021

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/exercise/faq-20057916
Diakses pada 6 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter