Gym & Sport

7 Tempat Main Gokart di Jakarta dan Sekitarnya untuk Lepas Pena

20 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Tempat main gokart di Jakarta salah satunya Speedy Karting di SemanggiTempat main gokart di Jakarta antara lain di Semanggi, Cibubur, dan PIK

Tidak bisa dipungkiri, memacu kecepatan di balik kemudi bisa memicu adrenalin dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Nah, daripada kamu kebut-kebutan di jalan raya, lebih baik salurkan hobi itu dengan main gokart yang jauh lebih aman dan memiliki sirkuit khusus.

Tak hanya orang dewasa, gokart juga bisa dimainkan mulai usia anak-anak. Jadi, kegiatan ini cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Rekomendasi tempat gokart di Jakarta

Tempat main gokart di Jakarta yang bagus
Tempat main gokart di Jakarta yang bisa kamu pilih ada beragam

Ada beberapa tempat main gokart di Jakarta yang bisa kamu coba, baik indoor maupun outdoor.
Ini dia beberapa tempat gokart yang bisa kamu sambangi di Jakarta:

1. Speedy Karting, Semanggi

Speedy Karting di Semanggi mungkin adalah salah satu tempat main gokart di Jakarta yang paling terkenal. Terletak di parking area 8A Plaza Semanggi, kamu bisa menikmati serunya bermain gokart di arena indoor.

Selain bermain, Speedy Karting Semanggi juga menyediakan kursus atau sarana latihan untuk kamu yang ingin lebih serius mempelajari balapan gokart.

2. Lamtoro Karting, Cibubur

Lamtoro Karting punya beberapa lokasi yang bisa kamu sambangi, salah satunya ada di Harvest City, Cibubur. Sirkuit gokart di sini jalurnya cukup panjang dan luas.

Bahkan, sirkuit gokart Lamtoro Cibubur mungkin adalah salah satu yang paling panjang di antara tempat main gokart lain di Jakarta.

Gokart yang dipakai bisa melaju hingga kecepatan maksimal 60 km/jam. Untuk anak-anak dan orang tua, sebaiknya didampingi. Namun, kamu tak perlu khawatir. Di sini sudah disediakan berbagai alat pengaman, sehingga kamu bisa balapan dengan aman.

3. Pitstop Karting, PIK

Pitstop Karting Pantai Indah Kapuk bisa jadi pilihan main gokart untuk kamu yang tinggal di Jakarta Utara. Panjang lintasan di sini cukup panjang. Jadi, kamu akan lebih puas ketika telah mengitari lap hingga finish.

Mengingat lintasannya terbuat dari aspal, di sini kamu bisa menggeber kecepatan gokart dengan lebih halus. Hanya saja, untuk yang belum mahir, mungkin akan terasa lebih berat untuk mengendalikan kemudi.

Sirkuit gokart ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu dari pukul 14.00-21.00 pada hari kerja dan 10.00-21.00 pada akhir pekan atau hari libur.

4. Redline AXC, Kelapa Gading

Tempat main gokart di Jakarta lain yang bisa kamu sambangi salah satunya Redline AXC di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Arena bermain di sini indoor, jadi kamu tidak perlu khawatir soal cuaca.

Di Redline, kamu bisa balapan di lintasan yang terbuat dari semen. Ini membuat gokart jadi lebih ringan dikemudikan. Namun, tentu ada kekurangannya. Ada kemungkinan gokart jadi lebih mudah melintir karena licin.

Meski begitu, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Sebelum balapan, kamu akan dibekali alat pengaman. Ditambah lagi, terdapat pembatas trek dari ban yang dapat meredam benturan.

Bentuk trek di sirkuit ini juga tidak permanen alias bisa diganti-ganti. Jadi kamu tidak akan bosan main ke sini meski sudah mencoba beberapa kali.

5. BSD Xtreme Park

Sesuai namanya, BSD Xtreme Park menyediakan sarana untuk bermain berbagai permainan yang memacu adrenalin, seperti paintball, rock and rope, dan satu lagi tentunya adalah gokart.

Sirkuitnya cukup besar dengan ukuran trek yang panjang, sehingga kamu bisa puas menikmati serunya balapan gokart.

6. Sirkuit International Karting, Sentul

Di Sentul, selain ada sirkuit balap yang biasa dipakai untuk balapan kendaraan dengan CC yang lebih besar, juga ada sirkuit balap kecil yang biasa dipakai untuk gokart.

Kamu bisa menyewa gokart di sini untuk merasakan sensasi balapan di sirkuit sungguhan yang juga kerap dipakai untuk turnamen profesional.

7. Lamtoro Karting, Tangerang

Lamtoro Karting juga hadir di Tangerang, lebih tepatnya di Mall Balekota. Dengan trek yang seimbang antara tikungan dan jalur lurus, main gokart di sirkuit ini jadi tantangan tersendiri.

Belum lagi areanya yang tidak terlalu besar membuatmu akan sulit menyalip lawan di depan. Namun kelebihannya, sirkuit gokart yang seperti ini, justru aman untuk anak-anak.

Kalau kamu mau mengajak buah hati untuk belajar main gokart, bisa datang ke Lamtoro Karting. Berhubung letaknya di dalam mall, kamu juga bisa sambil berbelanja bersama keluarga.

Tips aman main gokart

Tips aman main gokart jangan lupa pakai helm
Selalu pakai helm saat main gokart

Gokart memang cenderung aman dimainkan, tapi bukan berarti tidak ada risiko tabrakan yang terjadi. Apalagi, kalau yang main adalah anak-anak ataupun orang yang belum mahir.

Berikut ini beberapa tips aman main gokart yang perlu diikuti agar kamu terhindar dari cedera saat terjadi tabrakan ataupun hal-hal lain yang tidak diinginkan.

• Jangan lupa pakai helm

Meski secara umum aman, gokart tetap kendaraan bermesin yang punya risiko terguling atau bertabrakan dengan benda-benda di sekitarnya. Apalagi, kalau yang menyetir belum begitu ahli.

Jadi, jangan lupa pakai helm saat bermain agar bisa terlindungi dari risiko cedera kepala parah.

• Kenakan sabuk pengaman

Tentu saja, saat main gokart kamu tidak boleh lupa untuk memakai sabuk pengaman. Pastikan sabuk sudah mengeluarkan bunyi “klik” dan benar-benar kencang, ya.

Jadi, kalau terjadi tabrakan baik dengan ban pembatas sirkuit maupun dengan gokart lain, kamu akan tetap aman.

• Gunakan pakaian yang pas badan

Saat bermain gokart sebisa mungkin gunakan pakaian yang pas badan atau setidaknya tidak banyak rumbai atau bagian kain yang terlalu panjang.

Pakaian yang terlalu panjang atau gombrong berisiko menyangkut di ban atau bagian gokart yang lain dan bisa membahayakan pembalap.

• Jangan terlalu ngebut

Saat main gokart, dorongan untuk ngebut memang tinggi. Namun kamu perlu ingat kalau kendaraan ini punya batas kecepatan maksimum yang harus diikuti.

Balapan gokart terlalu ngebut juga akan menambah risiko kamu bertabrakan dengan pembalap lain di sirkuit. Jadi, tetap hati-hati, ya.

• Ikuti aturan yang berlaku di tempat gokart dengan baik

Setiap tempat gokart memiliki peraturan yang perlu diikuti. Untuk anak-anak, misalnya, ada batas usia untuk bisa bermain gokart. Begitu pun minimal tinggi badan.

Selain itu, dalam setiap balapan, akan ada aba-aba yang diberikan menggunakan bendera khusus. Biasanya, kamu akan diberi tahu terlebih dahulu cara membaca aba-aba tersebut.

Beberapa tempat gokart juga akan meminta surat pernyataan tertentu untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama balapan berlangsung.

CederaTips Olahraga

Safety Risk. https://safetyrisk.net/go-kart-safety-tips-for-your-children/
Diakses pada 2 September 2021

Lehigh Valley Grandprix. https://www.lehighvalleygrandprix.com/go-kart-racing-safety/
Diakses pada 2 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email