Gym & Sport

9 Tempat Jogging Track di Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi

31 May 2021|Fadli Adzani
Tempat joging track di jakarta.Ada banyak tempat jogging track di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Di tengah hiruk pikuk kemacetan dan kebisingan ibu kota Jakarta, terdapat beberapa tempat jogging track yang bisa kamu kunjungi sambil berolahraga. Selain pemandangannya yang bagus, kamu juga bisa berlari dengan nyaman.

Sepatu dan baju olahragamu sudah siap? Berikut adalah berbagai tempat jogging track di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

9 tempat jogging track di jakarta yang patut dikunjungi

1

Taman Jogging Kelapa Gading

tempat jogging di jakartaTaman Jogging Kelapa Gading (Sumber: Berita Jakarta)

Taman Jogging adalah tempat jogging track di Jakarta yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tempat jogging ini memiliki jalur yang memutar dan berbagai permainan anak-anak yang cukup lengkap.

Letak jogging track ini tidak terlalu jauh dari Mall Kelapa Gading, tepatnya di sebelah Bundaran Kelapa Gading.

Selain itu, terdapat banyak pohon rindang yang bisa menjaga kamu dari sinar matahari yang terlalu menyengat. Areanya yang luas bisa membantu memaksimalkan sesi olahragamu di sana.

2

Kebun Binatang Ragunan

Tempat jogging track di jakartaKebun Binatang Ragunan (Sumber: Ragunan Zoo)

Selain menjadi tempat untuk melihat binatang, Kebun Binatang Ragunan juga termasuk jogging track yang patut kamu kunjungi.

Ditambah lagi, kamu bisa menikmati keindahan pohon-pohon tinggi beserta suara hewan dari kejauhan sambil berolahraga. Kebun Binatang Ragunan terletak di Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Harga tiket masuknya juga tidak mahal. Untuk orang dewasa, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp.4.000 saja. Sedangkan untuk anak-anak, biaya masuknya hanya Rp3.000.

3

Taman Suropati

Tempat jogging track di jakartaTaman Suropati (Sumber: Museum Nusantara)

Bagi kamu yang sedang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk jogging di Taman Suropati. Tempat jogging track ini terletak di Jl. Taman Suropati No. 5, Menteng, Jakarta Pusat.

Jogging track yang juga dikenal dengan sebutan Tamsur ini memiliki area yang cukup luas dan nyaman. Selain itu, jalurnya cukup layak untuk dijadikan jogging track.

Selain ditemani dengan pohon-pohon yang rindang, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya pengunjung lain yang membawa hewan peliharaan lucu di sana.

4

Taman Menteng

tempat jogging track di jakartaTaman Menteng (Sumber: Jakarta Tourism)

Tidak terlalu jauh dari Taman Suropati, ada  jogging track di Menteng yang bisa kamu kunjungi, yakni Taman Menteng.

Selain memiliki jalur yang cukup panjang, Taman Menteng juga menyediakan sarana untuk berolahraga lainnya, salah satunya ialah lapangan basket dan futsal.

Ditambah lagi, matamu akan dimanjakan dengan bunga-bunga dan pepohonan yang ditanam di sana. Taman Menteng terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

5

Sudirman dan MH Thamrin

tempat jogging track di jakartaSudirman dan MH Thamrin (Sumber: Info Car Free Day)

Jika kamu ingin jogging sambil ditemani oleh keramaian, maka Car Free Day dapat menjadi tempat jogging di Jakarta yang tepat. Hari tanpa mobil ini digelar di sekitar Jl. Sudirman hingga Jl. MH Thamrin setiap hari Minggu, mulai dari pukul 06.00 hingga 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sambil jogging, kamu dapat melihat banyaknya gedung-gedung bertingkat di kiri dan kananmu. Bahkan, kamu juga bisa bersantai ria di patung Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk sekadar beristirahat setelah jogging.

6

Monumen Nasional (Monas)

tempat jogging track di jakartaMonumen Nasional alias Monas (Sumber: Instagram Monumen Nasional)

Monumen Nasional atau Monas menjadi salah satu ikon atau lambang dari kota Jakarta. Ternyata, Monas juga bisa dijadikan jogging track yang nyaman dan patut dicoba.

Selain bisa belajar sejarah di Museum Sejarah Nasional, kamu pun bisa jogging sambil berlari mengelilingi Monas yang besar dan tinggi. Bagi kamu yang belum tahu, Monas terletak di Jl. Medan Merdeka, Jakarta Pusat di dekat Istana Negara.

Harga tiket masuk Monas juga tergolong murah. Anak-anak atau pelajar hanya perlu merogoh kocek Rp2.000 saja, sementara mahasiswa biaya masuknya Rp.3000. Untuk orang dewasa atau umum, kamu hanya perlu membayar sedikit lebih mahal, yaitu Rp5000.

7

Kota Tua

tempat jogging track di jakartaKota Tua (Sumber: Jakarta Tourism)

Zaman dahulu, pemerintahan Belanda membangun benteng, kanal, dan gedung perkantoran di sebuah wilayah yang kini dikenal dengan sebutan Kota Tua. Jadi tidak heran di sana banyak bangunan-bangunan peninggalan Belanda.

Tidak hanya belajar sejarah saja, Kota Tua dapat dimanfaatkan sebagai jogging track bagi kamu yang ingin berolahraga. Selain menguras keringat, kamu juga bisa mengunjungi berbagai museum di sana.

Kota Tua terletak di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

8

Banjir Kanal Timur (BKT)

tempat jogging track di jakartaBanjir Kanal Timur (BKT) (Sumber: Foursquare/Nera)

Bagi kamu yang tinggal di daerah Jakarta Timur dan ingin mengunjungi tempat jogging terdekat dari rumahmu, Banjir Kanal Timur (BKT) bisa jadi alternatif. Jalur jogging di wilayah ini sudah rapi dan memudahkanmu untuk berlari.

Banjir Kanal Timur sebenarnya merupakan tempat penangkal banjir. Namun, karena letaknya yang strategis, tempat ini juga dijadikan sebagai area untuk berolahraga.

Selain jogging, Banjir Kanal Timur juga menjadi tempat favorit para pesepeda atau pemain skateboard. Di sana pun sudah tersedia tempat parkir sepeda yang aman.

9

Ancol

tempat jogging track di jakartaAncol (Sumber: Ancol)

Tempat jogging di Jakarta berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Ancol. Tempat wisata yang menawarkan banyak hiburan untuk kamu dan keluarga.

Di sana ada pantai yang cocok jadi tempat jogging pagi atau soremu. Selain itu, ada Dunia Fantasi atau Dufan yang bisa kamu kunjungi untuk mencoba berbagai wahana menarik.

Area Ancol yang sangat luas cocok dijadikan sebagai salah satu tempat jogging track di Jakarta untuk menguras keringat.

Tiket masuk Ancol per orangnya adalah Rp25.000. Jika kamu membawa mobil, kamu harus membayar tiket masuknya sebesar Rp25.000. Bagi kamu yang membawa motor, kamu perlu membayar Rp15.000 saja.

Tips Olahraga

Ragunan Zoo. https://ragunanzoo.jakarta.go.id/ticket/
Diakses pada 28 April 2021

Jakarta Tourism. http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/12/Taman-Menteng
Diakses pada 28 April 2021

Info Car Free Day. https://www.infocarfreeday.net/maps-locations/
Diakses pada 28 April 2021

Jakarta Tourism. http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2020/07/monumen-nasional-monas
Diakses pada 28 April 2021

Jakarta Tourism. http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/12/kota-tua-batavia-tua
Diakses pada 28 April 2021

Ancol. https://www.ancol.com/widget/regular-taman-pantai
Diakses pada 28 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter