News

Tekan Penyebaran Covid-19, Warga yang Baru Kembali ke Jakarta Harus Lapor

17 May 2021|Maria Yuniar
Jangan lupa melaporkan diri ke pengurus RT dan RW setelah kembali dari mudik LebaranWarga DKI Jakarta mesti melaporkan diri ke ketua RT dan RW setelah pulang dari mudik

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta meminta warga yang sudah kembali ke ibukota untuk melapor ke Ketua RT maupun RW setempat. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 setelah masa libur Lebaran.

Melaporkan diri dan keluarga kepada pengurus wilayah setempat adalah salah satu tahapan yang harus dijalani warga Jakarta yang kembali dari liburannya. Masih ada beberapa tahap yang harus dilalui. Berikut ini penjelasannya.

Tahapan bagi warga yang kembali ke Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun Instagramnya menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah provinsi untuk mengawasi arus balik, seperti berikut ini.

1. Random testing

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, termasuk yang tanpa gejala sekalipun, pemerintah provinsi DKI Jakarta melakukan screening pada setiap pintu masuk wilayah Jabodetabek.

Bahkan, para pengguna kendaraan pribadi akan menjalani random screening lewat tes swab antigen.

2. Pendataan warga

Selanjutnya, setiap Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT dan RW, kelurahan, dan kecamatan, akan mengumpulkan data warga yang sudah kembali ke ibukota. Kemudian, warga yang baru kembali ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes rapid antigen.

Jadi, apabila Anda termasuk warga Jakarta yang sempat mudik maupun bepergian ke luar kota dan telah kembali untuk beraktivitas seperti biasa di ibukota, segera laporkan diri kepada ketua RT maupun RW setempat untuk pendataan.

Kasus Covid-19 terbaru di Jakarta

Berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di bawah ini adalah angka kasus Covid-19 per tanggal 16 Mei 2021.

  • Kasus aktif (masih menjalani perawatan atau isolasi): 7.146 (berkurang 120 kasus)
  • Total kesembuhan: 404.980 (bertambah 265 angka kesembuhan)
  • Kasus meninggal dunia: 7.082 (bertambah 16 angka kematian)
  • Kasus positif secara total: 419.208 (bertambah 161 kasus)
  • Tingkat kematian: 1,7%
  • Tingkat kesembuhan: 96,6%

Akan tetapi hasil tes antigen positif Jakarta, tidak masuk ke dalam angka kasus positif Jakarta maupun nasional, karena semuanya dikonfirmasi ulang melalui tes PCR.

Ketersediaan fasilitas perawatan untuk pasien Covid-19

Belajar dari pengalaman mengenai adanya tren lonjakan kasus Covid-19 setelah libur panjang, Kementerian Kesehatan telah mendata seluruh lapasitas tempat tidur seluruh fasilitas kesehatan di Tanah Air.

Pendataan juga dilakukan terhadap ketersediaan farmasi dan alat kesehatan. Selain itu, pemerintah melakukan pendampingan intens di wilayah yang diprediksi akan mengalami tren kenaikan kasus.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, berikut ini angka ketersediaan tempat tidur dan ruang ICU secara nasional.

  • Tempat tidur faskes

    Jumlah tempat tidur untuk Covid-19: 70.000 unit dari total 390.000 unit
    Tingkat keterisian: 23.000 unit
  • Ruang ICU

    Jumlah ruang ICU untuk Covid-19: 7.500 unit dari total 22.000
    Tingkat keterisian: 2.500 unit

Dengan jumlah tersebut, Kementerian Kesehatan memperkirakan masih ada ketersediaan fasilitas berupa tempat tidur hingga dua kali lipat, untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Lebaran.

Apabila nantinya terjadi kekurangan fasilitas, baik itu dari segi ketersediaan tempat tidur untuk rawat inap maupun ruang ICU, Kementerian Kesehatan menyatakan siap mengubah rumah sakit menjadi rumah sakit khusus Covid-19.

Setidaknya ada delapan wilayah yang mengindikasikan peningkatan keterisian ruang perawatan dan ruang ICU khusus Covid-19, yaitu di:

  • Sumatra Utara
  • Kepulauan Riau
  • Riau
  • Sumatra Selatan
  • Jambi
  • Kalimantan Barat
  • Lampung
  • Nusa Tenggara Timur

Selain mempersiapkan ketersediaan fasilitas perawatan bagi pasien Covid-19 di rumah sakit, Kementerian Kesehatan RI pun terus memantau kapasitas tempat tidur, terutama di wilayah yang diperkirakan akan mengalami kenaikan kasus secara signifikan.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
MudikCoronavirusVaksin Corona

Antaranews.com.
https://www.antaranews.com/berita/2157954/dki-minta-warga-yang-tiba-di-jakarta-lapor-rt-dan-rw
Diakses pada 17 Mei 2021

Kementerian Kesehatan RI. https://www.kemkes.go.id/article/view/21051100001/antisipasi-lonjakan-kasus-pasca-lebaran-kemenkes-tambah-kapasitas-tempat-tidur-rs.html
Diakses pada 17 Mei 2021

Akun Twitter Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
https://twitter.com/DKIJakarta/status/1393892686508167173/photo/1
Diakses pada 17 Mei 2021

Akun Instagram Gubernur DKI Jakarta.
https://www.instagram.com/p/CO2N0S9giGI/
Diakses pada 17 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter