Makan Sehat

Rilekskan Tubuh dan Pikiran dengan 5 Pilihan Teh Jahe Ini

28 Jul 2021|Bayu Galih Permana
Teh jahe merupakan minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatanMinum teh jahe dapat membantu menghangatkan tubuh

Saat sedang tidak enak badan, banyak orang yang langsung memeriksakan diri mereka ke dokter. Di sisi lain, beberapa orang memilih untuk menggunakan cara alami terlebih dahulu, salah satunya dengan minum teh jahe.

Menurut sejumlah penelitian, konsumsi teh jahe memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, kamu sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat memicu beberapa efek samping, mulai dari meningkatkan risiko perdarahan, mengganggu kinerja obat diabetes, hingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Manfaat teh jahe untuk kesehatan

Manfaat teh jahe untuk kesehatan sangat beragam. Tak hanya mengatasi masalah kesehatan tertentu, konsumsinya juga membantu mencegah infeksi penyakit. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi teh jahe:

  • Mengurangi nyeri

Dalam sebuah studi berjudul “Zingiberaceae extracts for pain: a systematic review and meta-analysis”, dikatakan bahwa konsumsi jahe bisa membantu meredakan rasa nyeri yang dipicu oleh osteoarthritis (peradangan kronis sendi akibat kerusakan pada tulang rawan). Selain itu, teh jahe juga disebut dapat membantu meringankan kondisi seperti kram menstruasi, sakit kepala, dan nyeri otot.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam jahe dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh dan mengurangi stres. Uap dari teh jahe juga bisa digunakan untuk membantu meredakan hidung tersumbat dan masalah pernapasan lain akibat flu.

  • Mengontrol gula darah yang berlebihan

Bagi penderita diabetes, konsumsi teh jahe bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang berlebihan. Namun, sebaiknya hindari konsumsinya dalam waktu yang berdekatan dengan obat diabetes karena dapat menyebabkan hipoglikemia.

Konsumsi jahe memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi kamu sebaiknya membatasi asupan jahe dalam teh maksimal 4 gram dalam sehari. Apabila mengalami masalah kesehatan seusai mengonsumsi teh jahe, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu kondisi yang mendasarinya.

Rekomendasi teh jahe untuk bantu tubuh dan pikiran lebih rileks

1

Dilmah Ginger and Honey Tea

Rekomendasi teh jahe untuk hangatkan tubuhDilmah Ginger and Honey Tea (Sumber foto: Dilmah Tea)Cek Sekarang

Dilmah Ginger and Honey Tea mengombinasikan antara teh, madu, dan jahe. Jahe dan madu yang dipakai di dalamnya tidak hanya memberi aroma, melainkan menambah sensasi hangat ketika diminum.

Cara membuat teh jahe kemasan ini pun sangat mudah, kamu cukup menyeduhnya dengan air panas hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Harga Dilmah Ginger and Honey Tea dijual mulai Rp83.000 untuk kemasan isi 20 kantong teh.

2

Kepala Djenggot Ginger Tea

Rekomendasi teh jahe untuk hangatkan tubuhKepala Djenggot Ginger Tea (Sumber foto: PT Gunung Subur Sejahtera)

Kepala Djenggot Ginger Tea merupakan produk yang memadukan antara teh berkualitas tinggi dengan jahe alami. Konsumsinya disebut dapat memberi efek yang menenangkan pada tubuh dan pikiran.

Produk ini aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Kamu bisa membeli teh jahe kemasan dari Kepala Djenggot ini mulai Rp20.000 untuk kemasan isi 8 kantong teh.

3

SariWangi Jahe Kunyit

Rekomendasi teh jahe untuk hangatkan tubuhSariWangi Jahe Kunyit (Sumber foto: Teh SariWangi)

SariWangi Jahe Kunyit adalah teh celup kemasan yang dipadukan dengan jahe dan kunyit. Konsumsi teh jahe kemasan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan hingga menyegarkan tubuh setelah lelah beraktivitas.

Untuk meningkatkan rasa, kamu bisa menyeduh teh ini dengan menggunakan campuran madu dan lemon. Sariwangi Jahe Kunyit dapat ditemui di pasaran dengan harga mulai Rp8.500 untuk kemasan isi 25 kantong teh.

4

Twinings Lemon and Ginger Tea

Rekomendasi teh jahe untuk hangatkan tubuhTwinings Lemon and Ginger Tea (Sumber foto: Twinings USA)

Konsumsi Twinings Lemon and Ginger Tea dapat memberi kehangatan, serta membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks saat diminum. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan jahe, sereh, dan lemon yang terkandung di dalamnya.

Bagi yang memiliki masalah dengan kafein, kamu tidak perlu khawatir karena Twining Lemon and Ginger Tea bebas dari kandungan tersebut. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga mulai Rp60.000 untuk kemasan isi 10 kantong teh.

5

Yogi Tea Lemon Ginger

Rekomendasi teh jahe untuk hangatkan tubuhYogi Tea Lemon Ginger (Sumber foto: Yogi Tea)

Yogi Tea Lemon Ginger merupakan teh celup kemasan yang mengombinasikan antara lemon, peppermint, dan jahe. Konsumsinya tidak hanya membantu menghangatkan tubuh, melainkan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Teh jahe kemasan ini caffeine free, sehingga kamu yang tidak bisa mengonsumsi kafein tidak perlu khawatir untuk meminumnya. Harga Yogi Tea Lemon Ginger dibanderol mulai Rp120.000 untuk kemasan isi 16 kantong teh.

TehJahe

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-ginger-tea
Diakses pada 28 Juli 2021

BMC Nutrition Journal. https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12937-015-0038-8
Diakses pada 28 Juli 2021

Gunung Subur Sejahtera. http://www.gss.co.id/
Diakses pada 28 Juli 2021

Teh SariWangi. https://www.tehsariwangi.com/
Diakses pada 28 Juli 2021

Twinings Australia. https://twinings.com.au/
Diakses pada 28 Juli 2021

Yogi Tea. https://yogiproducts.com/
Diakses pada 28 Juli 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 28 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email