Makan Sehat

Rekomendasi Teh Chamomile untuk Bantu Tubuh dan Pikiran Lebih Rileks

23 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Teh chamomile dapat membantu meredakan kecemasan hingga insomniaKonsumsi teh chamomile punya banyak manfaat untuk kesehatan

Teh adalah salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Minuman ini punya jenis yang beragam, di mana masing-masing terbuat dari tanaman berbeda. Setiap tanaman yang dibuat menjadi teh memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan, tak terkecual chamomile.

Teh chamomile adalah teh yang terbuat dari bunga chamomile kering. Menurut sejumlah studi, ada beragam manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi jenis teh ini. Manfaat tersebut tak hanya bisa dirasakan secara fisik, melainkan juga emosional.

Manfaat teh chamomile untuk kesehatan

Berbagai macam manfaat kesehatan dapat kamu peroleh dari mengonsumsi teh chamomile secara rutin. Manfaat tersebut bisa dirasakan secara fisik maupun mental. Beberapa potensi manfaat teh chamomile adalah sebagai berikut:

  • Mereleksasi tubuh
  • Mengatasi insomnia
  • Mengatasi gejala pilek
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi rasa nyeri menstruasi
  • Meredakan kecemasan dan depresi
  • Meredakan peradangan dalam tubuh
  • Mencegah atau memperlambat osteoporosis
  • Menurunkan kadar gula darah yang berlebihan pada penderita diabetes

Perlu diingat, manfaat yang didapat dari konsumsi teh chamomile mungkin akan berbeda pada masing-masing orang. Apabila kamu punya alergi terhadap serbuk sari, sebaiknya hindari atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh jenis ini.

Rekomendasi teh chamomile yang bagus

1

Dilmah Pure Camomile Flower Tea

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhDilmah Pure Camomile Flower Tea (Sumber foto: Dilmah)Cek Sekarang

Teh Chamomile dari Dilmah dapat membantu memberikan efek yang menenangkan bagi tubuh. Ketika tubuh rileks, kamu yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia tentu akan menjadi lebih mudah untuk tidur.

Terbuat dari 100% bunga chamomile, teh ini tidak mengandung kafein. Dilmah Pure Camomile Tea bisa didapatkan dengan harga mulai Rp73.000 untuk kemasan isi 25.

2

 

Enchantea Chamomile Flower Tea

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhEnchantea Chamomile Flower Tea (Sumber foto: Enchantea)

Enchantea Chamomile Flower Tea merupakan teh dari Croatian chamomile yang dikeringkan dan diproses secara alami. Konsumsinya disebut dapat memperbaiki kualitas tidur, mengatasi ketegangan tubuh, menurunkan gula darah berlebihan, hingga mengurangi gejala flu.

Cara konsumsinya pun sangat mudah, kamu cukup mencampurkan 1 sendok teh chamomile dengan 150-200 ml air panas. Produk ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp15.000 untuk kemasan plastic 25 gram.

3

 

Singabera Chamomile Lemongrass

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhSingabera Chamomile Lemongrass (Sumber foto: Singabera)

Terbuat dari campuran sereh dan bunga chamomile, Singabera Chamomile Lemongrass memberi aroma serta rasa yang menenangkan tubuh. Bebas kafein, produk ini aman bagi orang-orang yang tidak dapat menoleransi kandungan ini.

Singabera Chamomile Lemongrass aman dikonsumsi karena sudah mendapat sertifikat halal MUI maupun izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Harga produk ini dijual mulai Rp150.000 untuk kemasan isi 40 kantong teh.

4

Lipton Chamomile

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhLipton Chamomile (Sumber foto: Unilever Indonesia)

Produk dari Unilever Indonesia ini terbuat dari 100 persen bunga chamomile yang telah melalui proses pengeringan. Konsumsinya dapat membantu mengatasi insomnia, meredakan migrain, hingga mengurangi gejala maag.

Lipton Chamomile juga dikemas secara higienis untuk menjaga kualitas rasa dan aroma. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai Rp43.000 untuk kemasan isi 25 kantong teh.

5

Ahmad Tea Camomile and Lemongrass Infusion

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhAhmad Tea Camomile and Lemongrass Infusion (Sumber foto: Ahmad Tea)

Dikombinasikan dengan sereh, Ahmad Tea Camomile and Lemongrass Infusion memiliki rasa dan aroma citrus ketika dikonsumsi. Aroma dan rasa yang disajikan disebut dapat memberikan efek yang menenangkan bagi tubuh.

Bebas kandungan kafein, kamu bisa mengonsumsi teh ini dengan tenang di pagi, siang, atau malam hari. Harga Ahmad Tea Camomile and Lemongrass Infusion dibanderol mulai Rp90.000 untuk kemasan isi 20 kantong teh.

6

Twinings Pure Camomile Tea

Teh chamomile yang bantu rileksasi tubuhTwinings Pure Camomile Tea (Sumber foto: Twinnings)

Twinings Pure Camomile Tea adalah salah satu teh chamomile terbaik yang dapat memberikan efek ketenangan saat dikonsumsi. Terbuat dari bahan-bahan alami, produk ini mempunyai cita rasa yang sedikit manis.

Cara membuat teh chamomile Twinings sangat mudah, kamu cukup menyeduhnya dengan air panas selama 2 hingga 3 menit sebelum diminum (atau lebih lama jika ingin mendapatkan rasa yang lebih kuat). Kamu dapat membeli Twinings Pure Camomile Tea dengan harga Rp108.000 untuk kemasan isi 25 kantong teh.

Teh

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/5-benefits-of-chamomile-tea
Diakses pada 22 Juni 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320031
Diakses pada 22 Juni 2021

Dilmah. https://dilmah.co.id/
Diakses pada 22 Juni 2021

Unilever Indonesia. https://www.unileverfoodsolutions.co.id/
Diakses pada 22 Juni 2021

Ahmad Tea. https://uk.ahmadtea.com/
Diakses pada 22 Juni 2021

Twinings. https://www.twinings.co.uk/
Diakses pada 22 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email