Lifestyle

10 Tanaman dalam Ruangan yang Cantik Sekaligus Menyehatkan

05 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Tanaman dalam ruangan bermanfaat untuk kesehatan karena bisa mengurangi stres hingga menyaring udara kotorTanaman dalam ruangan baik untuk menyaring udara kotor

Tanaman dalam ruangan tak hanya bisa menambah keindahan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman indoor bisa bertindak sebagai penyaring udara kotor dan debu, hingga meredakan stres. Jika ditaruh di ruang kerja, fokus juga bisa meningkat, sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih produktif.

Ada banyak jenis tanaman hias indoor yang bisa dipelihara di dalam rumah, seperti lidah mertua, lili paris, peace lily, dan lidah buaya. Biasanya, perawatan tanaman-tanaman ini tidaklah terlalu sulit, sehingga tidak mudah layu meski tidak setiap saat disiram atau dirawat.

Jenis tanaman dalam ruangan yang direkomendasikan

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias indoor yang bisa kamu pilih untuk mempercantik sekaligus menyegarkan ruangan.

1

Lidah mertua

Tanaman dalam rumah yang bagus Lidah mertuaLidah mertua sering disebut juga sebagai snake plants

Daun lidah mertua sering juga disebut sebagai snake plants karena bentuknya yang panjang dan meliuk. Sempat viral dan diminati banyak orang, daun ini bukan hanya sekadar indah dilihat, tapi juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara yang sangat baik.

Kamu bahkan disarankan untuk menempatkannya di kamar tidur karena oksigen yang dihasilkannya akan membantu meningkatkan kualitas udara selama kamu terlelap.

2

Lidah buaya

Tanaman hias indoor yang bagus untuk kesehatan adalah Lidah buayaLidah buaya bisa menyaring udara di dalam ruangan

Tidak hanya bagus untuk kulit dan rambut, lidah buaya rupanya juga termasuk sebagai salah satu jenis tanaman indoor yang dapat membersihkan udara.

Tanaman ini bisa menyaring partikel-partikel kimia yang dilepaskan cat tembok maupun produk pembersih rumah, sehingga udara bisa lebih bersih.

Saat sudah panen, kamu juga bisa mengolahnya menjadi bahan perawatan kulit atau mengonsumsinya sebagai kudapan.

3

Lili Paris

Lili Paris cantik untuk dijadikan tanaman dalam rumahLili Paris tidak terlalu sulit dirawat

Daun lili paris alias spider plant cocok untuk dijadikan dekorasi dalam rumah kalau kau sedang mencari tanaman yang lebat dan bisa memberikan kesan tropis yang subur.

Untuk merawatnya pun tidak terlalu sulit. Kamu cukup menaruhnya di tempat yang terang tapi tidak terkena cahaya matahari langsung, sehingga tanaman ini cocok sebagai hiasan ruang tamu yang biasanya punya akses banyak ke sinar matahari.

4

Daun sirih gading

Tanaman hias indoor yang tidak mudah layu adalah Daun sirih gadingDaun sirih gading mudah dirawat

Daun sirih gading memang tak seampuh tanaman hias indoor lain dalam hal menyaring udara. Namun keberadaannya tetap bisa membantu memberi kesegaran dan suasana yang lebih rileks di ruangan.

Satu hal yang menjadi keunggulan daun sirih gading adalah tanaman ini sangat sulit layu. Sehingga, meski kamu belum terbiasa memelihara atau sering lupa merawatnya, tanaman ini masih bisa tumbuh segar.

5

Daun janda bolong

Daun janda bolong adalah tanaman pembersih udara yang baik untuk ditaruh di dalam ruanganDaun janda bolong ada banyak jenisnya salah satunya Monstera Deliciosa

Daun janda bolong yang sempat viral memang memiliki banyak kelebihan, sehingga tidak heran banyak orang yang mengincarnya untuk dijadikan tanaman hias indoor di rumah masing-masing.

Daun ini ada banyak jenisnya. Tanaman janda bolong memiliki nama latin Monstera dan salah satu jenis yang paling sering diminati sebagai tanaman hias indoor adalah Monstera Deliciosa.

Selain nama dan bentuk daunnya yang unik, tumbuhan ini juga mudah dirawat karena kamu hanya perlu menyiramnya setiap 1-2 minggu sekali agar tanahnya benar-benar kering sebelum kembali diberi air.

Tanaman ini juga efektif sebagai penyaring udara sehingga bisa memberikan kualitas udara yang lebih baik di rumah.

6

Beringin karet

Beringin karet adalah tanaman hias indoor yang cocok untuk dirawat pemulaBeringin karet mudah dirawat dan tidak mudah layu

Daun beringin karet sering juga disebut sebagai rubber plant. Tanaman ini sangat cocok untuk kamu yang baru ingin mulai mencoba memelihara tanaman. Sebab, beringin karet tidak mudah mati dan justru lebih tahan jika jarang disiram dibanding terlalu sering disiram.

Meski begitu, untuk bisa tumbuh dengan baik, daun beringin karet perlu menerima sinar matahari langsung, sehingga kamu sebaiknya meletakkannya di dekat jendela.

7

Daun paku sarang burung

Tanaman dalam ruangan yang bagus adalah Daun paku sarang burungDaun paku sarang burung dapat menyaring udara di ruangan

Bird’s nest fern alias daun paku sarang burung adalah tanaman hias indoor yang cocok dipajang di kamar mandi karena daun ini bisa tumbuh subur di area yang lembap yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Seperti tanaman dalam ruangan lain yang direkomendasikan, daun paku sarang burung juga dapat membantu menyaring udara dari berbagai zat berbahaya yang bisa kita hirup, seperti formaldehide, xyelene, dan toluene.

Partikel tersebut biasanya ada di produk sehari-hari seperti hairspray, pembersih cat kuku, dan cairan pembersih rumah yang berbahan keras.

8

Pakis boston

Tanaman dalam ruangan yang bagus untuk menyaring udara adalah Pakis bostonPakis boston cocok untuk ditaruh di ruang tamu atau ruang keluarga

Tanaman dalam ruangan yang satu ini adalah salah satu jenis yang paling sering ditemukan di Indonesia, terutama untuk diletakkan di ruang tamu dan ruang keluarga.

Tanaman pakis boston mudah dirawat dan dapat berperan sebagai tanaman pembersih udara yang baik karena dapat menyaring debu serta partikel-partikel berbahaya lain di udara seperti plastik, formaldehid, maupun asap rokok.

9

Daun Ivi

Tanaman hias indoor Daun Ivi bisa dibesarkan sebagai tanaman gantungDaun Ivi bisa membersihkan udara di dalam ruangan

Daun ivi atau yang sering juga disebut sebagai English ivy adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang biasanya dijadikan sebagai tanaman gantung.

Tidak hanya indah dipandang mata, daun ivi juga bisa bertindak sebagai penyaring udara di dalam ruangan, sehingga udara yang kamu hirup lebih bersih dan segar. Tanaman ini juga dapat menyerap jamur-jamur yang berterbangan di udara.

Agar tidak cepat layu, kamu perlu menempatkannya di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Tidak perlu terlalu sering disiram karena daun ivi tumbuh baik di tanah yang sedikit kering.

10

Peace lily

Tanaman dalam ruangan Peace lily perlu perawatan khususPeace lily perlu dirawat dengan cara yang khusus

Untuk bisa memelihara peace lily memang dibutuhkan lebih banyak teknik. Jadi, kamu bisa menambahkannya ke dalam koleksi tanaman hias indoor saat sudah terbiasa mengurus tumbuhan di rumah.

Untuk bisa hidup, tanaman ini perlu dijaga kelembapannya, sehingga kamu harus rajin menyiramnya, tapi jangan berlebihan. Selain itu, daun peace lily juga butuh sinar matahari, tapi memang baru bisa tumbuh baik di tempat yang teduh atau tidak terlalu terik.

Tanaman ini baik untuk diletakkan di ruang keluarga atau bahkan kamar karena daun peace lily akan memproduksi oksigen saat malam hari, dibandingkan dengan tanaman lain yang seringnya menghasilkan oksigen di siang hari

Buah Dan SayuranTanaman ObatPolusi Udara

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/benefits-of-indoor-plants#7-benefits
Diakses pada 3 Mei 2021

One Green Planet. https://www.onegreenplanet.org/natural-health/10-plants-that-improve-the-air-quality-in-your-home/
Diakses pada 3 Mei 2021

Womens Health Magazine. https://www.womenshealthmag.com/life/g26610281/best-indoor-plants/
Diakses pada 3 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email