Lifestyle

10 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Olahraga Outdoor

21 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Taman di Jakarta yang cocok untuk olahraga antara lain Taman Menteng, Taman Kalijodo, dan Taman SuropatiTaman di Jakarta banyak yang cocok dijadikan tempat olahraga

Berolahraga secara teratur akan membuatmu terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Melakukan aktivitas fisik ini memang bisa di mana saja, tapi ada manfaat ekstra kalau kamu berolahraga di luar ruangan, termasuk taman.

Ada banyak taman di Jakarta yang cocok dikunjungi sebagai destinasi untuk olahraga ataupun sekadar refreshing. Selain bisa menyegarkan pikiran dan mata, berolahraga di taman juga tak membutuhkan biaya ekstra. Tentu kecuali kalau kamu akan banyak jajan ketika sampai di tempat.

Manfaat berolahraga di taman

Olahraga di Taman di Jakarta banyak manfaatnya
Berolahraga di taman membuat kita bisa menghirup udara segar

Berolahraga baik di dalam maupun di luar ruangan sama-sama bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Tapi tahukah kamu kalau berolahraga di area outdoor ternyata punya manfaat lebih? Ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat.

• Membuat olahraga lebih seru

Olahraga tidak harus selalu yang berat. Jalan kaki maupun jogging pun sudah termasuk olahraga yang menyehatkan dan kalau kamu melakukannya di luar ruangan seperti di taman, maka tubuh akan bekerja lebih keras dan manfaat yang kamu dapatkan akan lebih besar.

Sebab saat bergerak di luar ruangan, akan ada lebih banyak “rintangan” yang perlu kamu lewati, mulai dari polisi tidur, orang lain yang juga sedang berolahraga, batang pohon yang menghalangi, dan lain-lain.

Hal ini membuatmu harus lebih awas, sehingga tubuh bekerja lebih keras dibanding kamu berjalan atau jogging di treadmill.

• Bisa menghirup udara segar

Menghirup udara segar tentu menyehatkan untuk tubuh. Apalagi, kalau kamu berolahraga di taman yang banyak pepohonan. Pohon bisa membantu menyaring udara kotor, sehingga udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.

• Mendapatkan asupan vitamin D alami

Satu lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau berolahraga di taman di Jakarta adalah asupan vitamin D alami karena sinar matahari yang melimpah. Vitamin D sangatlah penting untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk tulang, vitamin ini juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh.

• Baik untuk pikiran

Melihat pemandangan di taman yang tertata cantik dengan tumbuhan-tumbuhan asri bisa memberikan efek menyegarkan bagi pikiranmu. Ini tentu hal yang baik untuk kesehatan mental.

• Tidak butuh biaya banyak

Berolahraga di taman kota di Jakarta tidak membutuhkan biaya banyak, apalagi kalau dibandingkan dengan biaya langganan gym. Kamu bisa datang dan pergi sesuka hati sambil menikmati pemandangan asri yang menyegarkan pikiran.

Taman di Jakarta yang cocok untuk olahraga

Nah, untuk kamu yang jadi tidak sabar untuk berolahraga di luar ruangan karena ingin mendapatkan manfaat di atas, berikut ini beberapa taman di Jakarta yang bisa dikunjungi.

Taman Menteng, Taman di Jakarta yang cocok untuk olahraga
Taman Menteng, Jakarta Pusat (sumber foto: shutterstock.com by Georgina Captures)

1. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Taman yang terletak di pusat kota Jakarta ini lokasinya tidak jauh dari ikon Ibu Kota, Bundaran HI. Tata taman yang modern terlihat khas dengan bangunan rumah kaca berbentuk asimetris yang dibangun di tengah-tengah taman.

Di sini, kamu bisa melakukan berbagai olahraga, mulai dari jogging, basket, hingga futsal karena taman ini memang dilengkapi dengan lapangan dan jogging track yang memadai.

Tak cuma olahraga, Taman Menteng juga terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda dan keluarga yang ingin menikmati ruang terbuka hijau di tengah hiruk pikuk Ibu Kota.

Kalau kamu ingin menyegarkan pikiran sekaligus mengisi perut, di samping Taman Menteng terdapat pusat kuliner kaki lima yang buka sore hari hingga tengah malam.

2. Taman Tebet, Jakarta Selatan

Taman Tebet lokasinya memang agak sedikit di pinggir Jakarta, tapi tetap ramai dan diminati banyak warga karena fasilitasnya yang cukup memadai. Di taman ini, kamu akan menemui jogging track serta peralatan kebugaran lainnya.

Selain itu, banyaknya para pedangan makanan di sekitar taman turut menjadi daya tarik tersediri bagi pengunjungnya.

3. Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara

Tak hanya ditemani pohon-pohon yang tertata rapi, berolahraga di Taman Waduk Pluit juga akan menambah kesan tersendiri karena bentangan waduk. Kalau kamu berolahraga saat sore hari, jangan lupa untuk sekaligus menikmati pemandangan matahari tenggelam alias sunset.

Taman Suropati, Menteng, Jakarta pusat, Taman di Jakarta yang cocok jadi tempat olahraga
Taman Suropati (sumber foto: shutterstock.com by Georgina Captures)

4. Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat

Taman Suropati adalah salah satu taman paling asri yang ada di Jakarta. Begitu tiba, kamu akan langsung disambut oleh pohon-pohon besar yang usianya mungkin sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Suasana hijaunya sangat cocok untuk olahraga pagi dan sore hari. Apalagi, taman ini juga dilengkapi dengan jogging track yang cukup panjang, sehingga kamu bisa berjalan-jalan dengan nyaman sekaligus menghirup oksigen segar sebanyak-banyaknya.

Taman Suropati juga berdekatan dengan salah satu ikon kota Jakarta, yaitu Masjid Agung Sunda Kelapa.

5. Taman Langsat, Barito, Jakarta Selatan

Taman Langsat menyediakan area rumput yang luas sehingga kamu bisa melakukan beragam olahraga mulai dari yoga, weight training, hingga freeletics. Keunikan dari taman yang terletak di bilangan Jakarta Selatan ini adalah tersedianya area penyuluhan yang memungkinkan kamu belajar beragam tanaman yang ada di sini.

Karena suasanya yang rindang dan indah, tak jarang Taman Langsat juga digunakan sebagai lokasi pemotretan bahkan pernikahan.

6. Taman Ayodia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman Ayodia lokasinya di dekat salah satu pusat keramaian Ibu Kota, yaitu Blok M. Bentuk taman ini cantik dan cocok untuk dijadikan tempat berolahraga santai atupun sekadar refreshing karena di tengah-tengahnya ada danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur.

Selain itu, di taman Ayodia juga tersedia banyak tempat duduk, gazebo, hingga Wi Fi gratis untuk warga yang ingin menghabiskan waktu lebih lama.

7. Taman Cattleya, Kemanggisan, Jakarta Barat

Taman Cattleya adalah salah satu lokasi yang cocok untuk kamu yang ingin berolahraga di luar ruangan dengan tenang. Sebab dengan luasnya yang cukup besar, taman ini tidak terlalu ramai dan dilengkapi dengan jalur lari yang memadai.

Danau buatan yang ada di dalamnya juga menambah kesan asri, damai, dan segar, membuat olahraga terasa semakin menyenangkan.

Bagi kamu yang sudah memiliki momongan, Taman Cattleya juga menyediak taman bermain anak, sehingga bisa jadi alternatif lokasi bermain yang aman dan murah agar Si Kecil tak bosan di rumah.

Taman Kalijodo, Taman di Jakarta yang cocok untuk olahrga
Taman Kalijodo (sumber foto: shutterstock.com by ardiwebs)

8. Taman Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara

Sempat ramai karena lokasinya adalah bekas area lokalisasi, Kalijodo kini sudah disulap menjadi ruang terbuka hijau yang berisi berbagai fasilitas yang menyenangkan untuk anak muda, seperti skate park dan BMX park.

Jadi untuk kamu para pecinta adrenalin, tak ada salahnya menjajal kemampuanmu di Taman Kalijodo.

9. Taman Waduk Ria Rio, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Untuk kamu yang tempat tinggalnya di area Jakarta Timur, Taman Waduk Ria Rio mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk bisa bersantai dan olahraga saat pagi dan sore hari.

Ruang terbuka hijau ini memang dibuat agar warga sekitar bisa menikmati indahnya waduk dengan dikelilingi pepohonan hijau yang asri. Fasilitas Wi Fi gratisnya juga banyak mengundang pengunjung untuk datang menikmati keindahan sambil melihat tenangnya air danau.

10. Taman Situlembang, Menteng, Jakarta Pusat

Taman Situ Lembang di Menteng, Jakarta Pusat adalah salah satu taman yang legendaris karena sering menjadi lokasi syuting berbagai film terkenal, terutama film-film yang dibintangi oleh Warkop.

Bentuk taman yang melingkar dengan danau buatan di tengah, membuatnya cocok jadi lokasi untuk jalan-jalan atau jogging. Apalagi, ada air mancur cukup besar di sana. Dijamin olahraga atau waktu kunjunganmu bisa berlangsung lebih menyenangkan.

Tips OlahragaKeratosis PilarisPola Hidup Sehat

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/fitness/outdoor-exercise-benefits.aspx
Diakses pada 18 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter