Mom & Baby

Rekomendasi Susu UHT untuk Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Si Kecil

26 May 2021|Bayu Galih Permana
Susu UHT untuk anak 1 tahun bantu dukung tumbuh kembang si KecilSusu UHT untuk anak 1 tahun boleh dikonsumsi sebagai pendamping ASI

Bayi membutuhkan ASI setidaknya hingga mereka menginjak usia 2 tahun. Namun, banyak orangtua yang memilih untuk memberi anak susu UHT, terlebih dalam kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan bagi si Kecil untuk menerima ASI secara langsung.

Pemberian susu UHT memang dapat membantu proses tumbuh kembang bayi dan menjadi sumber energi bagi si Kecil. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan apabila orangtua ingin memberikan susu UHT untuk anak 1 tahun.

Panduan memberi susu UHT untuk anak 1 tahun

Susu UHT memang dapat membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak, namun tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran ASI. Selain itu, pemberiannya harus menunggu hingga anak berusia 1 tahun karena pencernaannya dikhawatirkan tidak dapat menerima protein susu sapi dalam jumlah besar.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua jika hendak memberi susu UHT untuk anak 1 tahun:

  • Maksimal hanya boleh mengonsumsi 700 ml susu UHT dalam sehari. Konsumsi susu UHT secara berlebihan dapat memengaruhi nafsu makan anak. Kondisi tersebut bisa mengganggu asupan nutrisi si Kecil secara keseluruhan.
  • Jumlah susu UHT yang dikonsumsi maksimal 30 persen dari total kebutuhan kalori, sementara 70 persen sisanya harus berupa makanan padat bernutrisi seperti sayur, daging, maupun buah.
  • Susu UHT tidak bisa digunakan sebagai pengganti ASI. Anak harus menerima asupan ASI setidaknya hingga usia 2 tahun.
  • Berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu jika hendak memberikan susu UHT atau jenis susu selain ASI untuk mencegah risiko alergi.

Rekomendasi susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsi

1

Indomilk UHT

Susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsiIndomilk UHT (Sumber foto: IDMarco)

Indomilk UHT adalah salah satu merek susu UHT full cream untuk anak 1 tahun yang dapat membantu mendukung proses pertumbuhan tulang dan gigi. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan kalsium dan vitamin D yang ada di dalamnya.

Selain itu, Indomilk UHT juga diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk mendukung perkembangan sekaligus kesehatan si Kecil. Produk ini tersedia dalam kemasan kotak 115ml, produk ini dapat dibeli mulai Rp90.000 per dus isi 40.

2

Bebelac Go!

Susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsiBebelac Go! (Sumber foto: Bebelac)

Diperkaya omega 3, omega 6, serat pangan inulin, dan 10 jenis vitamin, Bebelac UHT Go! bisa dijadikan susu kotak untuk bayi 1 tahun ke atas. Produk ini juga punya varian rasa yang disukai oleh anak-anak, yaitu cokelat dan vanilla.

Tersedia dalam kemasan 112 ml, Bebelac Go! tidak memakan banyak tempat dan bisa dibawa dengan praktis ketika bepergian. Produk yang masuk dalam salah satu rekomendasi susu UHT untuk anak 1 tahun ke atas ini dibanderol dengan harga mulai Rp140.000 per dus isi 140.

3

Ultra Mimi

Susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsiUltra Mimi (Sumber foto: Ultrajaya)

Ultra Mimi Kids merupakan salah satu rekomendasi susu UHT untuk anak 1 tahun ke atas yang bisa digunakan sebagai pendamping ASI. Produk ini diklaim punya beragam kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, kolin, DHA, asam linoleat, fosfor, dan kalsium.

Merk susu uht yang baik untuk anak 1 tahun ke atas ini tersedia dalam beberapa varian rasa, di antaranya stroberi, cokelat, vanilla, dan full cream. Ultra Mimi Kids tersedia dalam kemasan 125 ml dan bisa dibeli dengan harga mulai Rp95.000 per karton isi 40.

4

Diamond Cereal

Susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsiDiamond Cereal (Sumber foto: Diamond)

Diamond Cereal terbuat dari susu segar tanpa diberi tambahan bahan pengawet. Kandungan 10 vitamin (A,C,D,E,K,B1,B2,B3,B5,B6) dan 5 mineral (kalsium, zinc, magnesium, fosfor, selenium) yang ada di dalamnya baik untuk mendukung proses tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil.

Ada tiga varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera buah hati, antara lain original, cokelat, dan stroberi. Diamond Cereal bisa kamu beli dengan harga mulai Rp80.000 untuk kemasan karton isi 40 kotak.

5

Frisian Flag Milky

Susu UHT untuk anak 1 tahun yang aman dikonsumsiFrisian Flag Milky (Sumber foto: Frisian Flag)

Frisian Flag Milky adalah salah satu merek susu UHT yang aman untuk dikonsumsi oleh anak berusia 1 tahun ke atas. Susu UHT ini diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan vitamin A yang dapat membantu tumbuh kembang buah hati.

Satu kotak Frisian Flag Milky 180 ml mengandung 4 gram protein, yang setara dengan ½ butir telur ayam. Produk ini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp79.200 untuk kemasan karton isi 36 kotak (115 ml).

Nutrisi AnakSusu

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Milk-Allergy-Foods-and-Ingredients-to-Avoid.aspx
Diakses pada 26 Mei 2021

IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/bolehkah-susu-kental-manis-skm-diberikan-pada-anak
Diakses pada 26 Mei 2021

Diamond. https://www.diamondfair.co.id/
Diakses pada 26 Mei 2021

Ultra Mimi. https://ultramimi.com/about
Diakses pada 26 Mei 2021

Indomilk. http://www.indomilk.com/article/mengenal-susu-cair-uht-full-cream-dan-manfaatnya-di-sini
Diakses pada 26 Mei 2021

Frisian Flag. https://www.frisianflag.com/milkpedia/kapan-dan-bagaimana-cara-minum-susu/amankah-kandungan-susu-frisian-flag-untuk-anak
Diakses pada 26 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter