Gym & Sport

Jaga Massa Otot dengan Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik Ini

20 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Konsumsi suplemen BCAA terbaik bagus untuk membentuk massa ototSuplemen BCAA bantu jaga massa otot dan percepat pemulihan usai latihan

Branched-chain amino acids atau BCAA adalah salah satu jenis asam amino yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat utama dari BCAA yaitu meningkatkan massa otot. Maka dari itu, bodybuilder umumnya rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan BCAA untuk membantu membentuk tubuh mereka.

Jenis asam amino yang terdiri dari leusin, isoleusin, dan valin ini bisa diperoleh secara alami lewat konsumsi makanan-makanan seperti telur, daging, dan produk olahan susu. Selain itu, kamu juga bisa mendapat asupan BCAA melalui suplemen. Dalam memilih suplemen BCAA terbaik, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Manfaat BCAA untuk kesehatan tubuh

Manfaat utama dari BCAA adalah meningkatkan pertumbuhan otot. Selain itu, asam amino ini juga memiliki beragam manfaat lain yang tidak kalah baiknya untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh, meliputi:

  • Meredakan nyeri otot

Beberapa penelitian mengatakan bahwa BCAA dapat membantu mengurangi nyeri otot yang muncul setelah latihan atau berolahraga. Biasanya, orang-orang akan merasakan nyeri pada otot selama 1 atau 2 hari setelah latihan, terutama jika aktivitas tersebut adalah rutinitas baru. Kondisi ini terjadi sebagai hasil dari robekan kecil di otot setelah berolahraga.

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, BCAA terbukti dapat membantu mengurangi kerusakan otot. Selain itu, asam amino ini juga mengurangi durasi dan tingkat keparahan dari rasa nyeri yang dialami.

  • Meredakan kelelahan setelah latihan

Selain meredakan nyeri otot, BCAA bisa membantu mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Otot menggunakan BCAA selama berolahraga, sehingga kadarnya dalam darah menurun. Saat kadar BCAA dalam darah menurun, kadar asam amino triptofan di otak akan meningkat.

Di otak, triptofan diubah menjadi serotonin, zat kimia di otak yang dianggap berkontribusi dalam berkembangnya rasa lelah saat berolahraga. Dengan konsumsi makanan atau suplemen BCAA terbaik, kamu bisa lebih cepat pulih dari kelelahan yang dialami.

  • Mencegah penyusutan otot

Kekurangan BCAA bisa menyebabkan penyusutan otot. Maka dari itu, penting untuk mengganti BCAA yang hilang ketika berolahraga. Memastikan kebutuhan BCAA-mu terpenuhi dengan baik dapat membantu mencegah terjadinya penyusutan otot.

Rekomendasi suplemen BCAA terbaik

1

Scitec BCAA Xpress

Rekomendasi suplemen BCAA terbaikScitec BCAA Xpress (Sumber foto: Scitec)

Scitec BCAA Xpress merupakan salah satu produk BCAA terbaik dengan rasio perbandingan leusin, isoleusin, dan valin sebesar 2:1:1. Konsumsinya dapat membantu mencegah hilangnya massa otot.

Berbentuk minuman bubuk, Scitec BCAA Xpress disebut bisa diserap lebih cepat oleh tubuh dibandingkan suplemen tablet. Harga salah satu suplemen BCAA terbaik ini dibanderol mulai Rp585.000 untuk 100x serving.

2

Evolene BCAA

Rekomendasi suplemen BCAA terbaikEvolene BCAA (Sumber foto: Alkana Store/Evolene)

Evolene BCAA merupakan suplemen BCAA yang berbentuk kapsul. Suplemen ini disebut bisa membantu mencegah penyusutan otot, membantu mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga, serta mempercepat proses pemulihan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen ini 1-2 kapsul sehari, diminum pada saat sarapan dan sebelum latihan. Harga suplemen BCAA Evolene ini dijual mulai Rp140.000 untuk kemasan isi 60 kapsul.

3

Musclepharm BCAA

Rekomendasi suplemen BCAA terbaikMusclepharm BCAA (Sumber foto: Musclepharm)

Musclepharm BCAA adalah suplemen BCAA yang punya perbandingan rasio leusin, isoleusin, dan valin sebesar 3:1:2. Konsumsi produk ini dapat membantu merangsang pertumbuhan otot dan memperlambat kerusakannya akibat berolahraga.

Salah satu BCAA terbaik ini aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Kamu bisa mendapatkan Musclepharm BCAA mulai Rp300.000 untuk kemasan isi 240 kapsul.

4

Muscletech Platinum BCAA

Rekomendasi suplemen BCAA terbaikMuscletech Platinum BCAA (Sumber foto: Muscletech Indonesia)

Muscletech Platinum BCAA merupakan salah satu suplemen BCAA terbaik yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otot dan mempercepat proses pemulihan setelah berolahraga. Produk ini memiliki perbandingan rasio leusin, isoleusin, dan valin sebesar 8:1:1.

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsinya masing-masing 2 kaplet, sebelum dan sesudah latihan. Harga BCAA dari Muscletech ini dijual mulai Rp400.000 untuk kemasan isi 200 kaplet.

5

Mutant BCAA

Rekomendasi suplemen BCAA terbaikMutant BCAA (Sumber foto: Mutant Indonesia)

Suplemen BCAA bubuk dengan rasa semangka ini punya perbandingan rasio leusin, isoleusin, dan valin sebesar 2:1:1. Mutant BCAA juga dilengkapi dengan 8 jenis elektrolit, yang membantu menjaga sel tubuh tetap terhidrasi usai berolahraga.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, kamu cukup mencampurkan satu scoop suplemen bubuk ini dengan 300-400 ml air dan meminumnya sebelum latihan. Mutant BCAA dapat kamu beli dengan harga mulai Rp750.000 untuk 90x serving.

Makanan Pembentuk Otot

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-bcaa
Diakses pada 20 Agustus 2021

Mutant. https://www.iammutant.com/
Diakses pada 20 Agustus 2021

Musclepharm. https://musclepharm.com/
Diakses pada 20 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email