Beauty & Skincare

9 Rekomendasi Sunscreen Spray untuk Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sunscreen spray banyak dipilih oleh beberapa orang karena cenderung praktisKamu bisa menyemprotkan sunscreen spray ke permukaan tangan lalu mengusapkannya ke wajah

Pemakaian sunscreen dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari sangat penting dilakukan. Tak hanya hadir dalam bentuk lotion, gel, foam, atau stick, produk sunscreen spray juga hadir di pasaran.

Kendati demikian, fungsi sunscreen tetap sama, yakni untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Cari rekomendasi sunscreen spray yang tepat? Simak berbagai pilihannya dalam artikel berikut ini.

Apakah efektif menggunakan sunscreen berbentuk spray?

Spray sunscreen banyak dipilih oleh beberapa orang karena cenderung praktis. Bahkan, produk ini dapat digunakan untuk melindungi area tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung badan.

Sayangnya hingga saat ini, Food and Drug Administration (FDA) masih terus mengevaluasi efektivitas dan keamanannya.

Pasalnya, sejumlah studi yang ada menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya semprot hanya menggunakan seperempat dari jumlah yang dibutuhkan.

Selain itu, FDA juga mengingatkan risiko bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat menghirup sunscreen semprot.

Untuk mencegah risiko bahaya yang timbul, para ahli dermatologi menyarankan cara pakai sunscreen semprot dengan tepat.

Pertama, kocok wadahnya terlebih dulu sebelum digunakan. Langkah ini bertujuan untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin menggumpal pada wadahnya.

Semprotkan sunscreen pada area kulit tubuh sampai tampilan kulit tampak lebih bersinar dari sebelumnya. Kemudian, usapkan residunya sampai meresap sempurna ke dalam kulit.

Pastikan kamu menggunakannya dalam jumlah yang cukup dan mampu melindungi seluruh permukaan kulit wajah secara merata.

Untuk area wajah, hindari menyemprot sunscreen dekat area hidung dan mulut. Kamu disarankan untuk menyemprot sunscreen spray untuk wajah ke permukaan tangan terlebih dahulu. Lalu, usapkan residunya ke wajah secara merata.

Rekomendasi sunscreen spray terbaik

Berikut adalah berbagai rekomendasi sunscreen spray terbaik pilihan SehatQ.

1

Banana Boat Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50

Salah satu pilihan sunscreen spray dari SehatQ jatuh pada Banana Boat Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50Produk ini telah direkomendasikan oleh Skin Care Cancer FoundationCek Sekarang

Salah satu pilihan sunscreen spray dari SehatQ jatuh pada Banana Boat Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50.

Produk ini disebut mampu menyerap di kulit, tidak lengket, serta memiliki SPF tinggi yang mampu menangkal paparan sinar UVB.

Jika digunakan dengan tepat, Banana Boat Ultramist Sport Coolzone Spray SPF 50 dapat memberi perlindungan tahan air (waterproof) lebih dari 80 menit.

Tak ayal bila produk yang direkomendasikan oleh Skin Care Cancer Foundation ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang gemar berolahraga di luar ruangan.

Menariknya lagi, sunblock badan spray ini juga memiliki aroma yang segar. Tertarik memilikinya? Kamu bisa membeli dengan harga Rp265.100,00.

2

Kose Suncut UV Protect Spray

Sunscreen spray untuk wajah ini bebas dari minyak mineral, paraben, serta 100% transparan atau tidak berwarnaProduk ini cocok digunakan bagi kamu yang kerap beraktivitas di luar ruanganCek Sekarang

Sunscreen dari brand ternama Jepang ini cocok untuk kamu yang aktif beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, Kose Suncut UV Protect Spray diperkaya dengan kandungan SPF50+ PA++++.

Kamu bisa menggunakannya baik sebelum memakai make up, maupun setelah menggunakan make up untuk reaplikasi selanjutnya. Formulanya dirancang cepat kering dan lembut di kulit.

Produk ini juga tahan terhadap keringat, air, dan sebum. Meski waterproof, kamu tetap dapat membersihkannya dengan mudah menggunakan sabun.

Sunscreen spray untuk wajah ini bebas dari minyak mineral, paraben, serta 100% transparan atau tidak berwarna.

Selain dapat digunakan di wajah, sunscreen semprot yang hadir dalam ukuran 60 gr ini juga dapat digunakan di kulit tubuh, rambut, bahkan hingga kulit kepala. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp255.000,00.

3

Nivea Sun Spray SPF 30

Sunscreen spray dilengkapi oleh SPF30 sehingga cukup melindungi kulit dari sinar UV sehari-hariNivea Sun Spray SPF 30 memiliki tekstur yang mudah diserap oleh kulit. (Sumber foto: Official Nivea)

Nivea Sun Spray SPF 30 bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang tidak terlalu sering beraktivitas di luar rumah.

Sebab, produk ini hanya dilengkapi oleh SPF30 sehingga cukup melindungi kulit dari sinar UV sehari-hari.

Nivea Sun Spray SPF 30 memiliki tekstur yang mudah diserap oleh kulit. Ditambah lagi, ada kandungan pelembap yang di dalamnya sehingga membuat kulit ekstra lembap.

Tabir surya ini juga mengandung vitamin E yang berfungsi menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas. Sudah teruji secara dermatologi sehingga risiko kulit mengalami iritasi pun rendah. Menarik, bukan?

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, kamu bisa membeli sunscreen semprot ini dengan harga sekitar Rp119.000,00.

4

Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Sunscreen spray untuk wajah dari Parasol mengandung SPF 25 PA++Produk ini diperkaya dengan kandungan ekstrak aloe vera dan vitamin E (Sumber foto: Official Parasol Indonesia)

Sunscreen spray untuk wajah dari Parasol mengandung SPF 25 PA++. Tabir surya ini menawarkan efek sejuk yang didapat dari kandungan ekstrak Aloe vera di dalamnya. Kemudian, kulit juga akan terasa lembap berkat adanya vitamin E.

Keunggulan lainnya, produk ini tidak menimbulkan rasa lengket atau berminyak saat digunakan dan cenderung waterproof. Dengan demikian, kulit kamu masih akan tetap terlindungi walaupun terkena air.

Gunakan sunscreen spray ini 30 menit sebelum keluar rumah agar kandungan bahan aktifnya terserap maksimal.

Sunscreen ini memiliki kemasan berwarna biru dengan ukuran 60 ml. Kamu dapat menggunakannya untuk kulit wajah dan badan. Kamu bisa memperolehnya dengan harga Rp67.000,00.

5

Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++

Sunscreen spray ini tidak memiliki warna dan bertekstur ringanKao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++ bisa digunakan mulai dari ujung kepala sampai kaki (Sumber foto: Official KAO)

Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++ merupakan sunscreen spray yang dapat digunakan mulai dari ujung kepala sampai kaki.

Produk ini tidak memiliki warna dan bertekstur ringan sehingga membuat kulit terasa lembut saat digunakan.

Kamu bisa menggunakannya setelah memakai make up. Tak perlu khawatir karena produk ini tidak menimbulkan rasa lengket di kulit.

Menariknya lagi, kelembapan kulit juga tetap terjaga berkat ekstrak chamomile di dalamnya.

Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati menggunakan produk ini karena terdapat kandungan alkohol di dalamnya.

Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++ dijual dengan harga sekitar Rp150.000,00.

6

L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++

Rekomendasi sunscreen spray untuk wajah lainnya adalah L’Oreal ParisProduk ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB hingga 12 jam lamanya

Rekomendasi sunscreen spray untuk wajah lainnya adalah L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++.

Produk ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB hingga 12 jam lamanya. Jadi, kamu tidak perlu lagi ribet untuk reaplikasi.

Adanya kandungan vitamin E dan detoxyl dapat melindungi kulit dari efek negatif lingkungan. 

Kamu bisa menggunakan  L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++ baik sebelum dan sesudah menggunakan make up.

Tertarik mencoba produk ini? Dapatkan dengan harga sekitar Rp160.000,00.

7

Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free bisa jadi pilihan produk sunscreen sprayProduk ini disebut tidak rentan menyebabkan alergi

Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free bisa jadi pilihan produk sunscreen spray untuk wajah bagi kamu yang tidak suka aroma wewangian.

Selain tidak mengandung zat wewangian, produk ini tidak mengandung etanol, zat pewarna, minyak mineral, dan tidak rentan menyebabkan alergi.

Hasil akhirnya matte dan tidak lengket, serta dapat digunakan setelah memakai make up. Produk asal Jepang ini tahan air dan keringat sehingga kamu semakin nyaman berkegiatan.

Selain itu, sunscreen semprot Sunplay juga mengandung double hyaluronic acid dan kolagen yang dapat melembapkan dan menjaga keremajaan kulit.

Kamu bisa memperoleh berbagai manfaat tersebut dengan merogoh kocek sekitar Rp135.000,00.

8

Jarte Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy

Bagi pemilik kulit berminyak, sunscreen spray lokal ini disebut cocok karena mengandung formula oil controlJarte Sunscreen Spray cocok digunakan oleh pemillik kulit berminyak. (Sumber foto: Official Jarte)

Cari produk sunscreen spray untuk wajah merek lokal? Kamu bisa melirik produk Jarte Sunscreen Spray.

Produk ini mengandung SPF30. Tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV, Jarte Sunscreen Spray juga dapat menutrisi dan menyehatkan kulit.

Pasalnya, ada kandungan centella asiatica, vitamin B5, B1, B3, dan vitamin E. Seluruh bahan tersebut dapat membantu mengurangi kemerahan dan bintik-bintik hitam di wajah.

Bagi pemilik kulit berminyak, sunscreen spray lokal ini disebut cocok karena mengandung formula oil control.

Kemasan botolnya sangat sederhana, yakni berwarna kuning yang tersedia dalam ukuran 30 ml dan 100 ml dengan harga Rp55.00,00 - Rp175.000,00 per botol.

9

Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50

sunscreen semprot dari Bioderma memiliki SPF 50 dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahayaBioderma Photoderm Max Spray SPF 50 bebas paraben dan zat pewangi. (Sumber foto: Official Bioderma)

Sesuai namanya, sunscreen semprot dari Bioderma memiliki SPF 50 dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya.

Produk ini juga bebas paraben dan zat pewangi, serta bersifat noncomedogenic dan hypoallergenic. Teksturnya ringan dan diklaim mudah diratakan ke permukaan kulit.

Selain melindungi kulit dari UVA dan UVB, tabir surya ini juga mampu menghambat risiko rusaknya sel dengan kandungan Cellular Bioprotection® yang terkandung di dalam produknya.

Namun, produk ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp462.000,00.

Perawatan KulitKulit Dan KecantikanProduk KecantikanPerawatan Wajah

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen/how-to-use-stick-spray-sunscreens
Diakses pada 7 September 2021

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/skin-cancer/which-is-best-for-optimal-sun-protection-sprays-or-lotions
Diakses pada 7 September 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
Diakses pada 7 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email