Gym & Sport

Rekomendasi Smartband Terbaik untuk Dukung Gaya Hidup Sehat

04 Aug 2021|Bayu Galih Permana
Smartband dapat digunakan untuk membantu memantau kondisi kesehatanSmartband dapat membantu memantau aktivitas saat berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran sekaligus kesehatan tubuh. Dalam seminggu, orang dewasa dengan usia 18-64 tahun dianjurkan untuk berolahraga minimal 150 menit, yang bisa dibagi ke dalam beberapa hari.

Beragam cara dapat dilakukan untuk memantau aktivitasmu ketika berolahraga, salah satunya dengan memakai smartband. Tak hanya memberitahu berapa lama kamu telah menghabiskan waktu untuk berolahraga, alat ini juga memiliki beragam fungsi lain yang baik untuk menunjang pola hidup sehatmu.

Manfaat menggunakan smartband untuk kesehatan

Smartband selama ini seringkali digunakan orang-orang sebagai pemuncul notifikasi saat ada pesan atau panggilan masuk dari smartphone yang ada di dalam kantong maupun tas. Di sisi lain, alat satu ini juga dapat dipakai untuk membantumu dalam menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini sejumlah manfaat smartband untuk kesehatan:

  • Fitness tracker: smartband dapat dipakai untuk memantau aktivitasmu saat berolahraga, baik saat berjalan, jogging, hingga work out. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tujuan tertentu yang hendak dicapai saat berolahraga menggunakan alat ini.
  • Pengingat waktu makan: pola makan yang benar sangatlah penting untuk menunjang kesehatan. Alat ini bisa digunakan untuk membantu mengingatkanmu soal jam makan dan kapan harus mengisi tubuhmu dengan cairan.
  • Memantau waktu tidur: istirahat yang cukup dapat membantu tubuh jadi terasa lebih bugar saat bangun. Dengan alat ini, kamu bisa memantau seberapa lama dan dalam tidurmu. Selain itu, smartband akan rutin mencatat jam bangun tidurmu.
  • Mengukur detak jantung: beberapa smartband dibekali dengan fitur pengukur detak jantung. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui detak jantungmu, apakah sedang dalam kondisi normal atau tidak, terutama saat berolahraga.

Perlu diingat, angka yang ditampilkan di smartband belum tentu akurat 100 persen. Untuk memperoleh hasil yang lebih akurat, pastikan kamu membeli produk dari brand yang sudah terpercaya. 

Rekomendasi smartband terbaik untuk dukung pola hidup sehat

1

Honor Band 5

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaHonor Band 5 (Sumber foto: Honor)

Honor Band 5 adalah salah satu smartband terbaik di bawah Rp500.000 yang telah dilengkapi dengan layar AMOLED, sehingga lebih memanjakan mata dari segi tampilan. Fitur kesehatan yang terdapat dalam gelang pintar ini antara lain pemantau detak jantung, penghitung tingkat saturasi oksigen, hingga fitness tracker.

Daya tahan baterai yang ditawarkan smartband murah ini juga terbilang memuaskan, yaitu bisa bertahan selama 6 hari dengan sekali pengisian. Honor Band 5 dapat kamu beli dengan harga mulai Rp300.000.

2

Huawei Band 6

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaHuawei Band 6

Smartband dari Huawei ini memiliki bentang layar yang terbilang besar dibandingkan produk-produk lain, yaitu 1,47 inch. Tak hanya unggul dari segi layar, Huawei Band 6 juga dibekali 96 mode yang dapat mendukung kegiatanmu saat berolahraga.

Dari segi kesehatan, Huawei Band dapat membantu menghitung detak jantung, mengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah, serta memantau waktu tidurmu. Harga smartband ini dibanderol mulai Rp700.000.

3

Samsung Galaxy Fit 2

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaSamsung Galaxy Fit 2 (Sumber foto: Samsung)

Samsung Galaxy Fit 2 dibekali dengan berbagai macam fitur yang menunjang kesehatan dan aktivitasmu ketika berolahraga. Fitur-fitur yang tersedia dalam smartband murah dari Samsung ini mulai dari fitness tracker, penghitung detak jantung, hingga pemantau waktu tidur.

Saat menggunakan smartband ini, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai karena daya tahan baterainya bisa mencapai 15 hari dalam sekali pengisian. Samsung Galaxy Fit 2 dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp600.000.

4

Fitbit Luxe

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaFitbit Luxe (Sumber foto: Fitbit)

Fitbit Luxe merupakan smartband yang disenjatai dengan beragam fitur untuk mendukung aktivitasmu dalam berolahraga. Selain itu, kamu juga bisa menemukan fitur-fitur penting lain seperti pemantau waktu tidur dan penghitung waktu menstruasi

Untuk daya tahan baterainya sendiri tergolong lumayan, yaitu dapat bertahan selama 5 hari dalam sekali pengisian. Harga Fitbit Luxe dibanderol mulai Rp2.500.000.

5

Xiaomi Mi Band 4

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaXiaomi Mi Band 4 (Sumber foto: Xiaomi)

Smartband murah dari Xiaomi ini bisa dipakai untuk memantau aktivitasmu saat berolahraga, termasuk berenang. Xiaomi mengklaim, smartband dengan daya tahan baterai 20 hari miliknya ini dapat masuk ke air hingga kedalaman 50 meter.

Sama seperti smartband lain, Xiaomi Mi Band 4 juga dibekali dengan fitur notifikasi panggilan dan pesan dari smartphone. Kamu dapat membeli smartband Xiaomi ini dengan harga mulai Rp300.000.

6

Xiaomi Mi Band 5

Rekomendasi smartband yang bagus untuk teman olahragaXiaomi Mi Band 5 (Sumber foto: Xiaomi)

Penerus Mi Band 4 ini memiliki 11 mode sport yang mendukung aktivitasmu saat berolahraga. Selain itu, Xiaomi Mi Band 5 juga dibekali dengan fitur-fitur penting lain seperti pengukur detak jantung, pemantau waktu tidur, hingga penghitung waktu menstruasi.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, smartband murah dari Xiaomi ini diklaim dapat bertahan selama 14 hari hanya dalam sekali pengisian daya. Harga Xiaomi Mi Band 5 dibanderol mulai Rp350.000.

OlahragaPola Hidup Sehat

Riverplex. https://riverplex.org/advantages-and-disadvantages-to-using-a-fitness-tracker/
Diakses pada 4 Agustus 2021

Honor. https://hihonor.com
Diakses pada 4 Agustus 2021

Huawei. https://consumer.huawei.com
Diakses pada 4 Agustus 2021

Samsung. https://samsung.com
Diakses pada 4 Agustus 2021

Fitbit. https://fitbit.com
Diakses pada 4 Agustus 2021

Xiaomi. https://mi.co.id
Diakses pada 4 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email