Beauty & Skincare

Deretan Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat yang Ampuh Digunakan

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya mengandung niacinamideSerum untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya mengandung niacinamide, alpha arbutin, serta bahan aktif lain

Bagi beberapa orang, kemunculan flek hitam bekas jerawat tentu dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, tak sedikit yang menjalani sejumlah perawatan kulit, seperti menggunakan berbagai produk skincare, termasuk produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat.

Serum penghilang bekas jerawat dipercaya dapat memperbaiki lapisan kulit yang rusak akibat jerawat.

Namun, sebelum menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat, alangkah baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, tidak semua kandungan dalam serum untuk bekas jerawat cocok digunakan pada kulit Anda.

Kandungan bahan aktif yang ada dalam serum penghilang bekas jerawat

Jika tertarik menggunakan serum penghilang bekas jerawat, pastikan kamu membaca informasi mengenai zat aktif yang terkandung di dalamnya.

Adapun sejumlah kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada dalam serum penghilang bekas jerawat, yakni:

1. Niacinamide

Salah satu manfaat niacinamide, atau dikenal pula sebagai vitamin B3, yang paling dikenal adalah mengatasi noda hitam bekas jerawat.

Maka, tak heran bila niacinamide kerap digunakan sebagai bahan utama dalam produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat.

Beberapa studi membuktikan kalau konsentrasi niacinamide 5% dalam produk perawatan kulit dapat digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat.

Fungsi niacinamide ini diyakini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi kolagen  sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

2. Alpha hydroxy acids (AHA)

Kandungan bahan aktif yang banyak ditremukan dalam produk serum penghilang bekas jerawat adalah alpha hydroxy acids (AHA).

AHA berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah tersumbatnya pori-pori wajah.

Zat aktif satu ini juga bekerja dengan mengikis noda bekas jerawat pada lapisan terluar kulit. Hasilnya, flek hitam bekas jerawat akan menghilang.

3. Lactic acid

Sebuah riset membuktikan bahwa lactic acid atau asam laktat dalam takaran tertentu yang rutin dioleskan pada kulit wajah selama 2 minggu sekali, dapat membantu memperbaiki tekstur dan pigmentasi kulit akibat bekas jerawat.

4. Alpha arbutin

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya ada yang memasukkan kandungan alpha arbutin di dalamnya.

Fungsi alpha arbutin adalah mengurangi pigmentasi dan flek hitam di wajah. Hal ini karena alpha arbutin mampu menghambat aktivitas enzim tirosinase.

Tirosinase adalah suatu enzim yang terdapat dalam melanosit. Melanosit adalah sel-sel yang memproduksi melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit. Produksi tirosinase bisa meningkat apabila kulit terpapar sinar ultraviolet dan matahari.

Ketika produksi tirosinase meningkat, maka jumlah melanin bisa bertambah banyak. Akibatnya, kulit Anda bisa terlihat kusam dan bertambah gelap.

Jika produksi tirosinase terhambat, produksi melanin menjadi lebih sedikit sehingga masalah pigmentasi dan flek hitam di wajah Anda bisa semakin berkurang.

Hal ini juga berlaku untuk flek hitam bekas jerawat, bintik hitam akibat penuaan, serta freckles (bintik cokelat di wajah).

Rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang ampuh

Bagi kamu yang tertarik menggunakan serum untuk bekas jerawat, mungkin merasa bingung cari produk serum yang terbaik.

Nah, sekarang tak perlu khawatir, karena ada beberapa produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu pertimbangkan, seperti:

1

ElsheSkin Radiant Skin Serum

Salah satu produk serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat yang ampuh adalah ElsheSkin Radiant Skin SerumElsheSkin Radiant Skin Serum bisa membantu memudarkan noda hitam yang timbul akibat bekas jerawatCek Sekarang

Salah satu produk serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat yang ampuh adalah ElsheSkin Radiant Skin Serum.

ElsheSkin Radiant Skin Serum dapat membantu memudarkan noda hitam yang timbul akibat bekas jerawat atau dikenal dengan kondisi Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

Tak hanya menghilangkan bekas jerawat, ElsheSkin Radiant Skin Serum juga dapat mencerahkan kulit wajah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena serum penghilang bekas jerawat ini diformulasikan dengan zat aktif, seperti niacinamide, arbutin, glutation, ekstrak biji vitis vinifera, dan tokoferil asetat yang merupakan kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah kulit kusam dan bekas jerawat.

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini aman digunakan oleh pemilik kulit normal, kering, berminyak, hingga tipe kulit kombinasi.

Akan tetapi, produk serum untuk bekas jerawat  ini tidak dianjurkan digunakan bila kondisi kulit kamu sedang sensitif atau berjerawat.

ElsheSkin Radiant Skin Serum bisa didapatkan di sejumlah toko online terpercaya dengan harga mulai dari Rp215.000,00 untuk ukuran 20 ml.

2

Scarlett Whitening Acne Serum

Manfaat serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini dapat membantu memudarkan bekas jerawatScarlett Whitening Acne Serum mengandung tea tree water, asam salisilat, dan liquoriceCek Sekarang

Bagi pemilik kulit berjerawat, kemunculan bekas jerawat di wajah memang tidak dapat dihindari.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melirik produk serum Scarlett untuk menghilangkan bekas jerawat bernama Scarlett Whitening Acne Serum yang mengandung tea tree water, asam salisilat, dan liquorice.

Manfaat serum Scarlett untuk menghilangkan bekas jerawat ini dapat membantu memudarkan bekas jerawat atau luka, serta masalah lainnya, seperti:

  • Menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan, dan iritasi.
  • Meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitif tanpa menimbulkan iritasi.
  • Menenangkan dan menghaluskan kulit.
  • Mencerahkan kulit karena mengandung liquorice extract dan vitamin C yang juga berfungsi sebagai antioksidan + anti pollution.
  • Mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.

Scarlett Whitening Acne Serum ukuran 15 ml dijual dengan harga terjangkau, yakni hanya Rp55.000,00.

3

Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat dari AvoskinAvoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root berfungsi optimal untuk memperbaiki tekstur kulit yang ada bekas jerawat dan menjaga kelembapan kulitCek Sekarang

Kemunculan bekas jerawat seringkali tak kunjung memudar. Untuk itu, kamu membutuhkan kandungan bahan aktif yang diperkaya dengan zat alami yang tepat. Misalnya, yang terkandung dalam produk Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root.

Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root berfungsi optimal untuk memperbaiki tekstur kulit yang terdapat bekas jerawat sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Kamu bisa menggunakan serum ini secara rutin agar terbebas dari bekas jerawat dan mendapatkan kulit cerah nan lembap.

Dapatkan Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root dengan harga mulai dari Rp139.000,00 (ukuran 30 ml).

“Aku sempat ada bekas jerawat yang ukurannya cukup besar dan warnanya kehitaman. Setelah 2 bulan pakai Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root, hasilnya cukup memudar. Selain itu, tekstur kulit lebih lembap dan terasa halus,” - AQ - pemilik kulit kombinasi.

4

Aqua+ Radiance Intensive Essence

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat dari Aqua+ Radiance Intensive EssenceAqua+ Radiance Intensive Essence cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawatCek Sekarang

Meski bernama essence, Aqua+ Radiance Intensive Essence sejatinya merupakan serum pencerah wajah dengan tekstur cair yang dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat ringan yang memiliki bekas jerawat.

Kandungan bahan aktif berupa vitamin B3 atau niacinamide dapat mengurangi atau menghilangkan bekas jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum pada wajah.

Tak hanya itu, fungsi niacinamide juga dapat mencerahkan wajah sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain niacinamide, serum untuk bekas jerawat ini mengandung sejumlah bahan aktif yang mampu melembapkan kulit, mencerahkan atau memperbaiki warna kulit, mengurangi garis halus di wajah, hingga melawan bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini setelah memakai toner wajah.

Tuangkan secukupnya pada telapak tangan, lalu usapkan pada wajah dengan lembut dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

Gunakan pada pagi dan malam hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu bisa memperoleh Aqua+ Radiance Intensive Essence dengan harga Rp614.000,00 untuk ukuran 30 ml.

5

Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Somethinc merupakan salah satu merek produk perawatan kulit yang mengeluarkan banyak serum untuk menghilangkan bekas jerawatSomethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum mengandung kadar niacinamide sebanyak 10% (sumber gambar: Somethinc)

Bicara soal produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat, kurang lengkap rasanya bila tidak menyebut produk dari Somethinc.

Pasalnya, Somethinc merupakan salah satu merek produk perawatan kulit yang mengeluarkan banyak serum untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Salah satunya, Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum.

Manfaat serum Somethinc ini adalah menghilangkan noda hitam akibat jerawat sekaligus memperkuat lapisan kulit, memperbaiki tekstur kulit, mengembalikan kekenyalan kulit, mengurangi kemerahan, dan mencerahkan wajah.

Namun, serum untuk bekas jerawat ini akan lebih baik bila digunakan oleh orang yang sudah cukup sering menggunakan niacinamide.

Untuk membelinya, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp89.900,00 untuk Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum ukuran mulai dari 20 ml dan 40 ml.

“Produk ini benar-benar bagus banget dan rekomen untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Warna kulit aku sekarang jadi lebih cerah. Pertama kali pakai saat lagi jerawatan dan bruntusan, terus seminggu pakai hasilnya harus maksimal,” HH - pemilik kulit kering.

6

The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

The Ordinary juga mengeluarkan produk skincare berupa serum untuk menghilangkan bekas jerawatThe Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA bisa menghilangkan bekas jerawat berwarna merah keunguan sampai cokelat kehitaman (sumber: The Ordinary)

The Ordinary juga mengeluarkan produk skincare berupa serum untuk menghilangkan bekas jerawat bernama The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA.

Sesuai namanya, serum penghilang bekas jerawat ini mengandung alpha arbutin yang mampu memudarkan bekas jerawat, bahkan yang berwarna merah keunguan sampai cokelat kehitaman yang membekas lama setelah jerawat hilang.

Selain itu, The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA juga dapat meratakan warna kulit dan mencerahkan wajah sekaligus melembapkan kulit berkat kandungan hyaluronic acid di dalamnya.

Harga produk serum penghilang bekas jerawat dari The Ordinary ini dijual mulai dari Rp150.000,00 (ukuran 30 ml).

“Bekas jerawat yang cokelat muda cepat pudar selama saya menggunakan serum ini secara rutin. Kandungan HA di dalamnya membantu melembapkan wajah, walaupun untuk kulit yang super kering kamu masih membutuhkan bantuan dari pelembap yang teksturnya lebih kental. Hal yang paling penting, serum ini cepat menyerap di wajah dan nggak terasa lengket sama sekali,” - NN - pemilik kulit kering.

7

Wardah White Secret Intense Brightening Essence

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat datang dari merek WardahWardah White Secret Intense Brightening Essence mengandung niacinamide, AHA, alpha arbutin, dan ekstrak licorice (sumber gambar: Wardah Beauty)

Serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat datang dari merek Wardah, yakni White Secret Intense Brightening Essence Serum, yang khusus untuk menghilangkan noda hitam di wajah, termasuk flek bekas jerawat.

Serum penghilang bekas jerawat yang dijual dengan harga sekitar Rp75.000,00 ini bekerja dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati berkat bahan aktif AHA di dalamnya.

Kandungan zat aktif untuk menghilangkan bekas jerawat berasal dari vitamin B3 atau niacinamide. Sedangkan, alpha arbutin dan licorice extract dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit.

Serum Wardah untuk menghilangkan bekas jerawat ini juga mengandung vitamin E, pro vitamin B5 dan hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan kulit.

8

Trueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum

serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini mengandung niacinamide 10% dan ceramideTrueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum cocok digunakan bagi kamu yang punya masalah noda hitam akibat jerawa

Trueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum cocok digunakan bagi kamu yang punya masalah kulit kusam atau noda hitam akibat jerawat.

Sesuai namanya, serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat ini mengandung niacinamide 10% dan ceramide secara bersamaan.

Seperti yang sudah diketahui, manfaat niacinamide untuk wajah adalah mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda hitam.

Sedangkan, ceramide mampu menjaga kelembapan kulit agar kulit tampak cerah dan sehat.

Trueve sendiri telah mengantongi izin dari BPOM dan GMP (Good Manufacturing Practice).

Hadir dalam kemasan botol berwarna ungu ukuran 30 ml, Trueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum dijual dengan harga sekitar Rp147.000.00.

9

Whitelab Brightening Serum

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat dari WhitelabWhitelab Brightening Serum mengandung niacinamide 10%

Cari serum untuk menghilangkan bekas jerawat untuk pemula dengan harga murah? Coba tengok produk dari Whitelab ini.

Whitelab Brightening Serum mengandung niacinamide 10% yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit, menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat, serta membantu mengatasi jerawat.

Sedangkan, kandungan lainnya, berupa kolagen berperan penting untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda penuaan kulit.

Keunggulan lainnya, produk yang hadir dalam kemasan berukuran 20 ml ini sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Cara pakainya, cukup teteskan 2-3 tetes produk, lalu usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap.

Whitelab Brightening Serum dijual dengan harga sekitar Rp75.000,00.

10

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution juga merupakan pilihan serum untuk menghilangkan bekas jerawatKiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution mengandung vitamin C (sumber gambar: Kiehls Indonesia)

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution juga merupakan pilihan serum untuk menghilangkan bekas jerawat lainnya.

Ia mengandung vitamin C yang dikenal mampu mengurangi flek htam akibat jerawat serta membantu meratakan warna kulit.

Kandungan lainnya, yakni ekstrak tanaman white birch berguna untuk melembapkan serta menutrisi kulit, serta ekstrak bunga peony sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan oksidasi pada kulit.

Serum ini bisa kamu gunakan pada area kulit wajah yang terdapat bekas jerawat atau seluruh wajah.

Menariknya, formula serum untuk bekas jerawat ini aman untuk kulit sensitif. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga sekitar Rp870.000,00 (ukuran 50 ml).

JerawatPengobatan JerawatKulit Dan KecantikanProduk KecantikanPerawatan Wajah

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
Diakses pada 4 Juli 2021

Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/what-is-alpha-arbutin
Diakses pada 4 Juli 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/acne-scars#in--office-procedures
Diakses pada 4 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email