Beauty & Skincare

10 Serum Retinol Terbaik untuk Kulit Awet Muda Bebas Jerawat

17 Aug 2021|Nina Hertiwi Putri
Serum retinol yang bagus antara lain Avoskin, The Ordinary, dan SomethincSerum retinol bisa membuat kulit lebih kencang dan awet muda

Serum retinol akhir-akhir jadi primadona untuk para pecinta skincare. Katanya sih, bahan ini ampuh untuk memudarkan tanda-tanda penuaan kulit dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Retinol juga bisa dipakai untuk mengatasi jerawat dan pigmentasi di kulit.

Benarkah retinol sesakti itu? Kalau menurut pemaparan sebagian orang yang pernah perawatan menggunakan bahan yang satu ini, klaim manfaat yang sudah disebutkan tadi memang tidak berlebihan.

Tapi, kamu memang perlu tahu cara pakainya, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pasalnya, retinol juga berisiko menimbulkan iritasi di kulit.

Sebenarnya, apa itu retinol?

Retinol adalah salah satu jenis bagian vitamin A yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Bahan ini terkenal ampuh untuk memudarkan kerut, jerawat, dan flek hitam.

Retinoid yang biasa dijual secara bebas biasanya kandungannya tidak terlalu tinggi. Sehingga aman untuk dipakai tanpa resep dokter. Sementara itu, retinol dengan konsenterasi lebih tinggi, biasa disebut sebagai tetrionin, harus dipakai berdasarkan resep dokter.

Saat dioleskan ke wajah, retinol akan memicu regenerasi sel-sel kulit baru. Sehingga, wajah akan terlihat lebih sehat dan segar. Retinol juga akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Inilah alasan bahan ini juga bisa mengatasi jerawat.

Dengan pemakaian teratur, retinol akan memperbaiki tekstur kulit, memudarkan garis-garis halus dan mencerahkan kulit.

Cara pakai retinol yang benar

Retinol memang bahan yang ampuh untuk membuat kulit terlihat lebih sehat. Tapi, bahan ini juga bisa membuat kulit kering dan kemerahan, apalagi kalau kulitmu termasuk sensitif. Ini cara yang bisa kamu lakukan agar kulit tetap aman selama pakai retinol.

  • Perhatikan kadar retinol. Mulai gunakan produk yang kadar retinolnya tidak terlalu tinggi, sekitar 0,2% - 0,3%. Kalau di kadar itu kulit bisa menerima dengan baik, baru kamu bisa tingkatkan ke produk yang kadar retinolnya lebih tinggi.
  • Sebelum pakai retinol, cuci muka dengan bersih dan pakai eye cream untuk melindungi kulit mata yang lebih sensitif dari efek retinol.
  • Tunggu hingga kulit benar-benar kering sebelum pakai serum retinol. Soalnya, kalau kamu pakai retinol saat kulit masih lembap atau basah, risiko iritasi akan meningkat.
  • Teteskan serum retinol sedikit saja ke area dagu. Lalu, pijat ke arah atas sambil meratakan retinol ke seluruh wajah.
  • Setelah selesai pakai retinol, jangan lupa pakai pelembap
  • Pagi harinya, wajib pakai sunscreen SPF tinggi agar kulit tidak iritasi. Sebab, retinol bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Retinol bisa dipakai setiap hari saat malam hari. Tapi kalau ternyata itu membuat kulit jadi kering dan iritasi, bisa kamu kurangi jadi tiga hari atau bahkan seminggu sekali.

Rekomendasi serum retinol yang bagus

Ini beberapa merek serum retinol lokal dan internasional yang bagus.

1

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Serum retinol terbaik untuk wajah adalah Avoskin Miraculous Retinol AmpouleAvoskin Miraculous Retinol AmpouleCek Sekarang

Produk retinol dari Avoskin yang satu ini memang digadang-gadang bagus untuk mencegah munculnya tanda penuaan di kulit, seperti garis-garis halus dan flek hitam.

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule mengandung Actosome Retinol yang terdiri dari 0,09% retinol akif. Berpadu dengan bahan lainnya seperti Hexapeptide 0,1%, vitamin E, dan ektrsak raspberry, serum retinol ini bagus untuk kamu yang ingin mendapatkan wajah lebih kencang, halus, dan terlihat awet muda.

Serum ini bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen alami di kulit. Seperti yang kita tahu, kolagen adalah zat yang berperan penting menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

Selain membuat awet muda, serum retinol dari Avoskin juga bisa menghilangkan jerawat dan membuat wajah terlihat lebih cerah. Teksturnya cair dan cukup dipakai sedikit saja setiap harinya. Jadi, lebih hemat dan praktis.

Untuk mendapatkannya kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Serum retinol lokal ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp224.000 untuk botol ukuran 30 ml.

2

Elshe Skin Rejuvenating Night Serum

Serum retinol lokal terbaik salah satunya Elshe Skin Rejuvenating Night SerumElshe Skin Rejuvenating Night SerumCek Sekarang

Serum retinol lokal Elshe Skin Rejuvinating Night Serum juga bisa jadi pilihan kalau kamu sedang mencari perawatan untuk membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Produk ini punya berbagai keunggulan. Selain bisa mengurangi garis halus dan kerut akibat pertambahan usia, serum retinol Elshe Skin juga mampu mengencangkan kulit dan membantu memudarkan flek hitam di wajah yang banyak juga dikenal sebagai age spots.

Kalau dipakai secara rutin, kulitmu akan terlihat sehat, lembap, dan bercahaya.

Bukan tanpa alasan serum ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk kulitmu. Sebab selain retinol, di dalamnya juga terdapat niacinamide, hyaluronic acid, PHA, ekstrak akar licorice, hingga multi-peptide complex.

Bahan-bahan tersebut akan memicu proses regenerasi sel kulit, sehingga sel-sel yang sudah mati dan rusak, bisa berganti dengan sel baru yang lebih sehat. Produksi kolagen di kulit juga akan meningkat dan risiko kulit rusak akibat paparan radikal bebas pun akan berkurang.

Harga Elshe Skin Rejuvinating Night Serum adalah Rp240.000 untuk satu botol berukuran 20 ml.

3

Olay Regenerist Retinol 24

Serum retinol yang bagus salah satunya Olay Regenerist Retinol 24Olay Regenerist Retinol 24Cek Sekarang

Sebagai merek yang sudah melanglang buana di dunia skin care, kemampuan Olay dalam membuat produk yang berkualitas sudah tidak perlu diragukan. Tak mau ketinggalan dengan trend yang ada, kini tersedia juga Olay Regenerist Retinol 24 Serum.

Serum retinol ini khusus untuk dipakai saat malam hari, sebelum tidur. Setelah dipakai, serum akan bekerja sepanjang malam, memperbarui sel-sel kulit dan kembali meremajakannya.

Meski retinol biasanya membuat kulit menjadi kering dan sensitif, Olay Regenerist Serum dinilai cocok untuk dipakai setiap hari karena tidak akan membuat kulit menjadi kering.

Tak hanya retinol, serum ini juga mengandung niacinamide yang tak kalah ampuh untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Kalau dipakai secara teratur, maka kulitmu akan terlihat lebih cerah, lembut, dan garis, kerut, serta pori-porinya pun akan memudar.

Kamu bisa mendapatkan serum retinol dari Olay dengan harga mulai dari Rp220.000 untuk ukuran 30 ml.

4

Bhumi HPR Retinol Serum

Serum retinol terbaik merek lokal adalah Bhumi HPR Retinol SerumBhumi HPR Retinol SerumCek Sekarang

Bhumi HPR Retinol Serum adalah serum retinol lokal yang sedang naik daun. Hal ini tidak mengherankan, karena klaim bahwa serum ini efektif untuk menghilangkan kerut halus dan flek hitam datangnya tak hanya dari satu dua orang.

Serum Bhumi mengandung 1% retinol dan 1% Hydroxypinacolone Retinoate (HPR). Meski bisa mendapatkan manfaat dari retinol, risiko efek samping seperti iritasi yang biasanya muncul dari penggunaan bahan ini cukup rendah.

Bahan lain yang terdapat di dalam Bhumi HPR Retinol Serum antara lain madu dan ekstrak bunga camelia. Kedua bahan ini bisa memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit, serta berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi wajah dari paparan radikal bebas akibat polusi.

Sementara itu, kandungan ekstrak batang prickly pear, wild pansy, dan 1% ferulic acid akan memicu produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Kalau kamu rajin memakainya, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan awet muda.

Bhumi HPR Retinol Serum dibanderol dengan harga mulai dari Rp243.000.

5

For Skin’s Sake Retinol Serum

Serum retinol yang bagus untuk semua jenis kulit adalah For Skin’s Sake Retinol SerumFor Skin’s Sake Retinol Serum (sumber: forskinsake.com)

Serum Retinol dari For Skin’s Sake bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp270.000. Serum ini bisa dipakai semua jenis kulit, karena tidak mengandung pewarna buatan, paraben, dan parfum yang biasanya memicu iritasi. Saat dioles, serum ini juga tidak lengket.

Serum retinol lokal ini bekerja dengan cara memicu pergantian sel-sel lama dengan yang baru dan lebih sehat. Sehingga, garis-garis halus akan memudar dan tekstur kulit pun terlihat lebih sehat.

Berbeda dari serum lain yang konsistensinya cair dan bening, serum retinol dari FSS teksturnya sedikit kental dengan warna sedikit kuning.

Serum ini mengandung 0,1% retinol dan dilengkapi juga dengan hyaluronic acid, minyak jojoba dan vitamin E.

6

The Ordinary Retinol 0,2%

Serum retinol terbaik dan terjangkau adalah The Ordinary Retinol 0,2%The Ordinary Retinol 0,2% (sumber:theordinary.thedeceim.com)

Salah satu serum retinol paling populer yang dipakai datang dari The Ordinary. Serum retinol dari The Ordinary tersedia dalam beberapa tingkat konsenterasi dan 0,2% adalah kandungan yang paling rendah.

Kalau ini adalah kali pertama kamu pakai retinol, maka sebaiknya coba serum dengan konsenterasi yang rendah terlebih dahulu. Ini sebagai antisipasi kulit mengalami iritasi, kemerahan, dan pengelupasan yang parah.

Serum retinol ini dinilai efektif untuk mengurangi garis halus di wajah maupun tanda penuaan lainnya. Jika dipakai teratur, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih juga akan berkurang.

The Ordinary Retinol 0,2% bisa kamu dapatkan di berbagai market place dengan harga mulai dari Rp145.000.

7

Somethinc 1% Retinol

Serum retinol yang bagus untuk awet muda adalah Somethinc 1% RetinolSomethinc 1% Retinol (sumber:somethinc.com)

 Somethinc 1% Retinol adalah serum retinol lokal yang diolah menggunakan teknologi terbaru Gentinol-200, sehingga bisa lebih stabil dan tidak mudah rusak. Serum ini juga aman untuk kulit yang sensitif karena dibuat stabil pada pH 5-6, sehingga risiko iritasi pun berkurang.

Serum retinol dari Somethinc bisa memudarkan tanda-tanda penuaan dini dengan meningkatkan produksi kolagen, membuat tekstur kulit lebih merata, dan mempercepat proses pergantian sel.

Kandungan Ceramide3 dan Hyaluronic Acid yang ada di dalamnya bisa melindungi kulit dari dampak buruk akibat paparan radikal bebas, polusi, dan sinar UV. Serum ini juga akan menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

Untuk mendapatkannya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp155.000.

8

Erto’s Retinol Serum

Serum retinol terbaik harga terjangkau adalah Erto’s Retinol SerumErto’s Retinol Serum (sumber: instagram @ertos)

Merek lokal lain yang juga menghadirkan serum retinol adalah Erto’s. Serum ini akan mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus membuat wajah menjadi lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari pemakaian serum ini adalah noda hitam yang akan tampak memudar dan pori-pori yang akan terlihat mengecil. Sehingga, kulit lebih sehat dan bercahaya ketika dipandang.

Selain retinol, serum ini juga mengandung vitamin B3 dan glycerin yang dapat melembutkan dan menjaga kelembapan kulit.

Erto’s Retinol Serum harganya cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp120.000.

9

Votre Peau Retinol Barrier Cream

Serum retinol terbaik untuk anti aging adalah Votre Peau Retinol Barrier CreamVotre Peau Retinol Barrier Cream (sumber: maharisbeauty.com)

Votre Peau Retinol Barrier Cream adalah produk retinol lokal yang dibuat dalam bentuk krim. Dengan campuran marine algae, krim ini dapat mengatasi jerawat dan menjadi produk anti aging yang menghapus kerut-kerut halus di wajah.

Karena retinol bisa membuat iritasi, disarankan kamu tidak menggunakan produk ini langsung setiap hari.

Cobalah dulu untuk memakainya setiap 3 hari sekali atau bahkan seminggu sekali. Jika tidak ada iritasi yang muncul, kamu bisa menambah frekuensi penggunaannya secara perlahan.

Krim retinol Votre Peau sebaiknya dipakai saat malam hari. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan produk perawatan lain.

Votre Peau Retinol Barrier Cream dijual dengan harga Rp165.000.

10

Hada Labo CC Cream Ultimate Anti Aging

Serum retinol terbaik untuk wajah halus dan kencang adalah Hada Labo CC Cream Ultimate Anti AgingHada Labo CC Cream Ultimate Anti Aging (sumber: rohto.co.id)

Produk retinol dari Hada Labo ini dibuat khusus untuk merawat tanda-tanda penuaan di kulit. Dengan kandungan retinol, hyaluronic acid, dan UV protection dengan SPF 35 PA +++, krim ini dapat meratakan warna kulit, melembapkan, sekaligus membuat kulit tetap halus.

Produk ini tidak mengandung alkohol dan parfum, sehingga risiko munculnya iritasi akan berkurang. Terutama di kulit yang sensitif. Kamu juga akan mendapatkan perlindungan dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih, membuat kulit terlihat lebih lembut, cerah, dan cantik alami.

Hada Labo CC Cream Ultimate Anti Aging bisa kamu dapatkan dengan harga sangat beragam di market place, mulai dari Rp70.000-an.

JerawatKulit KeriputPenuaan

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/is-retinol-safe#potential-benefits
Diakses pada 3 Agustus 2021

https://www.dermstore.com/blog/how-to-apply-retinol/
Diakses pada 3 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email