Gym & Sport

Pilihan Sepeda Lipat Listrik Terbaik dengan Harga Terjangkau

11 May 2021|Ade Irawan
sepeda lipat listrik terbaik yang bisa didapat di pasaransepeda lipat listrik untuk commuting yang lebih asyik

Sepeda lipat listrik menjadi kian diburu oleh banyak orang. Jenis sepeda yang satu ini menawarkan kepraktisan sewaktu dibawa maupun disimpan. Selain itu, sepeda lipat listrik ini pun bisa memberikan kenyamanan saat digunakan berkat tenaga mesin yang membantunya melaju.

Berbagai sepeda lipat listrik pun tergolong bisa membuat kamu lebih hemat ketimbang mengendarai motor dengan bahan bakar minyak. Kamu pun bisa membantu mengurangi polusi udara dengan bepergian ke mana-mana menggunakan sepeda.

Untuk kamu yang sedang mencari sepeda lipat listrik, silakan simak sejumlah rekomendasi di bawah ini. Tidak semua sepeda listrik itu mahal, kok. Beberapa sepeda lipat listrik malah ada yang memiliki harga di bawah Rp10 jutaan.

Tips merawat sepeda lipat listrik

Sepeda lipat listrik tentunya berbeda dengan sepeda biasa. Kamu pun butuh memerhatikan beberapa hal ketika merawatnya. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan dalam merawat sepeda listrik:

1. Selalu mengecek rantai sepeda

Bukan tanpa alasan, rantai sepeda harus selalu dalam keadaan baik karena komponen ini terhubung langsung dengan mesin. Kamu perlu memastikan rantai sepeda tidak longgar dan kering saat ingin dipakai. Berikan pelumas secara rutin untuk membuat rantai tidak kasar.

2. Menjaga tekanan ban

Ban yang kurang angin akan membuat sepeda lebih berat saat dijalankan. Hal ini pun akan membuat konsumsi baterai menjadi semakin boros. Ban kempes pun akan membuat sepeda lebih sulit dikendalikan. Berhentilah sejenak untuk memompa ban, ya.

3. Membawa bobot yang terlalu berat

Setiap sepeda akan menuliskan bobot maksimal yang bisa ditopang. Selain menghitung berat badan, pastikan kamu juga memerhatikan barang-barang yang kamu bawa, ya.

4. Berteduh saat hujan deras

Sejumlah produsen sepeda mengklaim mesin dan baterainya aman saat terkena cipratan air. Namun, sebaiknya kamu tetap berteduh saat hujan semakin lebat. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari air masuk ke mesin dan menyebabkan korsleting.

5. Servis sepeda secara berkala

Membawa sepeda lipat listrik ke bengkel sudah menjadi aktivitas wajib kamu untuk menjaga sepeda tetap baik. Mintalah montir sepeda untuk mengencangkan setiap baut dan memberikan oli pada rantai. Selain itu, berikan juga pelumas pada setiap lipatan sepeda supaya tidak aus dan berkarat.

Rekomendasi sepeda lipat listrik terbaik

Mau menambah koleksi atau beli untuk pertama kali, sepeda lipat listrik merupakan benda yang tetap menarik untuk dimiliki. Berikut pilihan sepeda lipat listrik terbaik yang bisa kamu beli sekarang:

1

Lankeleisi QF600

Sepeda lipat listrik terbaik dan terjangkauLankeleisi punya sepeda lipat listrik dengan harga terjangkau

Lankalesi menjadi salah satu pilihan sepeda lipat listrik dengan harga di bawah Rp10 jutaan. Sepeda lipat ini membawa ban 20 inci dengan pengaturan yang bisa disesuaikan untuk kamu yang memiliki tinggi 150—185 cm. Sepeda ini pun memiliki 7 pengaturan percepatan yang bisa membuat pengalaman gowes pun menjadi lebih santai.

Tenaga yang dibawa oleh sepeda ini berkekuatan 240W dengan baterai 48V 12Ah. Dengan tenaga tersebut, sepeda lipat listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 30 km/jam dengan jarak tempuh sampai dengan 80 km.

Dengan bahan aluminium dicampur dengan carbon, sepeda ini memiliki bobot seberat 25 kg. Sepeda lipat listrik Lankeleisi dibanderol dengan kisaran harga Rp7—Rp8 jutaan.

2

Xiaomi HIMO C20

Sepeda lipat listrik terbaik dari XiaomiSepeda listrik Xiaomi favorit banyak orang

Lini produk keluaran Xiaomi terbilang sangat luas. Selain smartphone, Xiaomi juga memiliki lini produk sepeda lipat listrik dengan fitur yang sangat kaya dalam HIMO C20. Sepeda lipat listrik ini membawa daya motor 250W yang mampu melaju hingga 25 km/jam.

Xiaomi pun menggunakan shifting gear 6 percepatan dari Shimano yang halus dan membuat kamu lebih nyaman dalam bersepeda. Teknologi pengeremannya pun cukup aman dengan dua buah rem cakram di ban depan serta belakang.

Sepeda lipat listrik ini juga dilengkapi dengan smart display untuk memberikan informasi tentang kecepatan dan jarak tempuh. Jika tertarik dengan sepeda ini, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp8—Rp9 juta.

3

United E-Trifold

Sepeda lipat listrik terbaik karya anak bangsaSepeda buatan lokal yang punya kualitas internasional

Sepeda lipat listrik yang satu ini paling sering disebut kembarannya Brompton. Baik saat siap digunakan maupun dilipat, sepeda United E-Trifold terlihat sangat mirip. Biarpun dari sisi harga, sepeda lipat ini terpaut belasan juta Rupiah, United tetap memiliki fitur yang bisa dibanggakan.

Dengan tenaga baterainya, United E-Trifold bisa diajak berlari hingga kecepatan 25 km/jam. Kecepatannya bisa lebih tinggi lagi jika ditambah dengan kayuhan pedal. Baterainya bisa digunakan hingga menempuh jarak 80 km dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk pengisiannya.

Sepeda ini memiliki bobot sekitar 25 kg dan dimensi yang cukup ringkas saat dilipat. Untuk membawanya pulang, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp19 juta.

4

Selis SOI

Sepeda lipat listrik buatan IndonesiaSelis juga punya lini produk sepeda lipat listrik yang kece

Produsen sepeda listrik lokal ini juga memiliki produk sepeda lipat listrik yang pantas diperhitungkan. Sepeda SOI (Spirit of Indonesia) ini membawa mesin bertenaga 250 W dengan baterai 36 V 7,8 Ah. Kamu pun hanya butuh waktu sekitar 4 jam untuk mengisi dayanya dari nol sampai penuh.

Bobotnya pun lebih ringan sedikit dari kebanyakan sepeda lipat listrik. Selis SOI hanya berbobot 23 kg dan mampu menahan bobot penumpang hingga 100 kg. Dimensinya saat dilipat pun cukup ringkas, 82x49x68 cm. Jadi, kamu tidak repot saat membawanya masuk ke dalam angkutan umum atau mobil.

Karena ini produk lokal, kamu pun akan lebih mudah mendapatkan suku cadang di toko resminya. Sepeda listrik ini pun dibanderol mulai dari Rp12 jutaan.

5

Pacific Illution 5.0

Sepeda lipat listrik terbaik dengan fitur yang lengkapSepeda lipat listrik kelas premium dari Pacific

Kamu bisa memasukkan sepeda lipat listrik ini ke dalam kelas premium. Pacific Illution 5.0 membawa partisi berkelas, seperti gear Shimano dengan 9 percepatan, crankset dari Prowheel, dan ban 20 inci buatan CST.

Baterai yang dibawah di dalam mesinnya bertenaga 36 V 8,7Ah. Kamu bisa menggowes dengan lebih cepat dengan bantuan dari tenaga mesinnya. Material bodi sepeda ini menggunakan aluminium alloy yang ringan dan kokoh. Sepeda lipat Pacific ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp23 jutaan.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaTips BersepedaTips Kesehatan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter