Gym & Sport

Rekomendasi Sepatu Sepeda untuk Anda yang Hobi Gowes

18 May 2021|Bayu Galih Permana
Pemilihan sepatu sepeda yang tepat mengurangi risiko terjadinya cederaPemilihan sepatu sepeda harus disesaikan dengan medan tempat bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan, tetapi mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Supaya olahraga ini dapat berjalan dengan aman dan nyaman, sejumlah perlengkapan perlu diperhatikan, salah satunya pemilihan sepatu sepeda.

Pemilihan sepatu harus disesuaikan dengan jenis sepeda yang digunakan. Apabila memilih jenis sepatu sepeda yang salah, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami cedera ketika melakukan olahraga ini.

Cara memilih sepatu sepeda yang tepat

Beberapa hal perlu diperhatikan saat memilih sepatu sepeda. Sebagai contoh, penggunaan sepatu ketika bersepeda santai tidak cocok jika dipakai menelusuri jalur pegunungan. Tidak hanya membuatnya jadi cepat rusak, pemilihan sepatu yang tak disesuaikan dengan kondisi medan bersepeda dapat membahayakan keselamatan.

Berikut ini sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu sepeda:

  • Jenis sepatu sepeda

Pemilihan sepatu sepeda harus disesuaikan dengan medan tempat kamu bersepeda. Jika kamu bersepeda di area pegunungan, pilih sepatu sepeda MTB dengan sol yang dapat mencengkram pedal dengan kuat. Medan pegunungan yang tidak rata dapat meningkatkan risiko kaki terbentur dan terluka.

Sementara itu, kamu bisa menggunakan sneakers ketika bersepeda santai. Apabila sedang mengendarai sepeda balap, pilihlah sepatu dengan sol yang kaku agar bisa mengayuh dengan efisien.

  • Ukuran sepatu sepeda

Saat memilih sepatu untuk bersepeda, pastikan kamu menggunakan produk dengan ukuran yang benar-benar pas di kaki. Hindari menggunakan sepatu terlalu kebesaran, tapi juga jangan memakai yang terlalu sempit. Pemilihan ukuran sepatu yang kurang tepat bisa meningkatkan risiko kaki cedera dan terluka.

  • Fitur dan aksesori pelengkap pada sepatu sepeda

Pemilihan sepatu sepeda wajib memperhatikan fitur dan aksesori pelengkapnya. Jika kamu memilih sepatu yang menggunakan tali untuk membuatnya menempel sempurna pada kaki, pastikan ujungnya tidak terlalu panjang. Hal ini bertujuan untuk menghindari tali menyangkut pada rantai ketika mengayuh pedal.

Rekomendasi sepatu sepeda yang nyaman digunakan

1

Shimano RC9

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesShimano RC9 (Sumber foto: Shimano)

Sepatu sepeda Shimano RC9 merupakan produk yang biasa dipakai untuk bersepeda dengan tempo dan akselerasi tinggi seperti balapan. Bagian atas sepatu ini diklaim dapat membungkus kaki penggunanya dengan sempurna, sehingga terasa nyaman saat digunakan untuk mengayuh. 

Produk ini tersedia bagi pesepeda pria maupun wanita. Untuk membawa pulang sepatu sepeda balap ini, kamu perlu merogoh kocek mulai Rp4.000.000.

2

Shimano RC1

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesShimano RC1 (Sumber foto: Shimano)

Shimano RC1 merupakan sepatu sepeda balap yang cocok digunakan oleh pengguna wanita. Dilengkapi dengan tiga tali pengait dan pengikat, sepatu ini dapat melekat secara merata pada kaki penggunanya.

Sol nilon yang diperkuat serat kaca ringan mempermudah transfer daya ke pedal. Harga sepatu sepeda balap Shimano RC1 dibandrol mulai dari Rp1.300.000.

3

Adidas Road Cycling Shoes

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesAdidas Road Cycling Shoes (Sumber foto: adidas)

Sepatu sepeda adidas Road Cycling Shoes merupakan produk yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya. Kenyamanan yang ditawarkan pun membuat sepatu ini cocok dipakai untuk bersepeda jarak jauh.

Lengkungan di bagian outsole sepatu membuatnya punya daya cengkram yang baik pada pedal bergerigi. Dibuat dari material-material daur ulang, adidas Road Cycling Shoes dijual dengan harga mulai Rp2.100.000.

4

 

Adidas Five Ten Freerider Pro

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesAdidas Five Ten Freerider Pro (Sumber foto: adidas)

Adidas Five Ten Freerider Pro merupakan sepatu sepeda yang cocok digunakan di medan pegunungan. Bahan anti-air pada bagian upper sepatu ini membuatnya tetap nyaman saat dipakai bersepeda di waktu hujan.

Menariknya, sepatu sepeda MTB ini dibuat menggunakan bahan plastic daur ulang. Harga sepatu sepeda adidas Five Ten Freerider Pro dibanderol mulai dari Rp2.400.000.

5

Adidas Velosamba

 

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesAdidas Velosamba (Sumber foto: adidas)

Jika kamu menginginkan sepatu sepeda dengan model yang trendy, adidas Velosamba bisa dijadikan pilihan. Sepatu ini dapat menunjang kebutuhan bersepeda harianmu tanpa harus mengorbankan gaya.

Cocok digunakan untuk bersepeda santai, bagian insole membantu memberikan kenyamanan saat mengayuh pedal. Sepatu sepeda adidas Velosamba dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp1.700.000.

6

DZR Jetlag Nero

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesDZR Jetlag Nero (Sumber foto: DZR shoes)

Sepatu ini dapat digunakan oleh kamu yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi harian. Sepatu DZR Jetlag Nero menggunakan bahan karet alami pada bagian outsole, yang membuatnya dapat mencengkram permukaan dengan optimal, baik dipakai saat bersepeda maupun berjalan.

Tampilan yang kasual juga membuatnya tidak hanya bisa dipakai sebagai sepatu sepeda saja, melainkan juga menunjang aktivitas harian. Harga sepatu gowes Jetlag Nero biasa dijual mulai dari Rp1.400.000.

7

DZR Shift

Sepatu sepeda yang nyaman untuk gowesDZR Shift (Sumber foto: DZR shoes)

DZR Shift adalah sepatu yang cocok digunakan untuk bersepeda santai mengelilingi jalanan kota. Bagian midsole-nya yang kaku nyaman dipakai untuk mengayuh sepeda dengan pedal datar.

Teknologi elastic lace catch pada sepatu ini membuat penggunanya tak perlu lagi memikirkan tali mereka tersangkut pada rantai sepeda. Sepatu gowes DZR Shift dapat diperoleh dengan harga mulai Rp900.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaTips BersepedaTips Olahraga

Rei. https://www.rei.com/learn/expert-advice/cycling-shoes.html
Diakses pada 18 Mei 2021

Shimano. https://bike.shimano.com/
Diakses pada 18 Mei 2021

adidas. https://www.adidas.com/
Diakses pada 18 Mei 2021

DZR. https://dzrshoes.com/
Diakses pada 18 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter