Mom & Baby

Rekomendasi Sepatu Bayi yang Nyaman Digunakan Si Kecil Saat Berjalan

03 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Sepatu bayi berguna melindungi si Kecil dari benda-benda yang melukai kakinyaMemiih sepatu bayi yang nyaman harus sesuai dengan ukuran kaki si Kecil

Melihat bayi sudah mulai bisa berjalan tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Umumnya, si Kecil akan mencoba untuk berjalan ketika memasuki usia 9 hingga 12 bulan, dan mulai lancar pada umur 14 sampai 16 bulan. 

Pada rentang usia tersebut, orangtua sudah harus mulai memasangkan sepatu pada kaki buah hati mereka. Bukan hanya membuat si Kecil nyaman saat berjalan, sepatu bayi juga membantu melindungi kaki anak dari benda-benda yang dapat melukainya.

Cara memilih sepatu bayi yang tepat

Ketika memilih sepatu bayi, beberapa hal perlu kamu perhatikan sebelum membelinya. Jangan hanya tergoda dengan model tampilan luarnya saja, pastikan juga si Kecil nyaman memakainya saat berjalan.

Berikut ini beberapa panduan memilih sepatu bayi yang tepat:

  • Pilih sepatu dengan sol antiselip dan fleksibel

Sepatu yang kamu pilih harus bisa ditekuk ujungnya ke atas hingga membentuk sudut 40 derajat dengan mudah. Sol antiselip membantu mencegah buah hati tergelincir saat ia berjalan.

  • Cari sepatu dengan bantalan pada bagian tumit dan pergelangan kaki

Agar bayi dapat berjalan dengan nyaman, pilihlah sepatu dengan bantalan pada bagian tumit dan pergelangan kakinya. Bantalan pada sepatu bayi berguna untuk meminimalkan gesekan yang dapat membuat kaki si Kecil terluka.

  • Pilih model sepatu yang tidak mudah dilepas

Bayi yang aktif seringkali mencoba untuk melepaskan benda-benda pada tubuh mereka, tak terkecuali sepatu. Oleh sebab itu, pilih sepatu bayi dengan model yang tidak mudah dilepas, misalnya menggunakan tali, velcro (perekat), maupun kancing.

  • Pastikan ukuran sepatu bayi pas dengan kakinya

Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki bayi. Jangan terlalu besar karena dapat membuat si Kecil mudah jatuh saat berjalan. Sementara itu, sepatu yang kesempitan bisa meninggalkan bekas pada kaki bayi dan meningkatkan risiko cedera. Agar dapat memperoleh ukuran yang tepat, ajak bayimu ketika membeli sepatu untuknya.

Rekomendasi sepatu bayi yang nyaman digunakan si Kecil

1

Attipas Ribbon

Sepatu bayi yang nyaman digunakanAttipas Ribbon (Sumber foto: Attipas)

Attipas Ribbon merupakan sepatu bayi perempuan yang cocok digunakan ketika buah hati mulai belajar berjalan. Sepatu bayi ini praktis dan tak mudah lepas saat digunakan karena menggabungkan kaus kaki dan sepatu sekaligus.

Attipas mengklaim bahwa sepatu buatan mereka dapat mendukung pertumbuhan kaki bayi hingga menginjak usia 3 tahun. Harga Attipas Ribbon dijual mulai Rp368.000.

2

Pyopp Gallop

Sepatu bayi yang nyaman digunakanPyopp Gallop (Sumber foto: Pyopp)

Pyopp Gallop adalah sepatu bayi yang bisa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Sepatu rajut bayi ini dilengkapi dengan outsole fleksibel dan memiliki daya cengkram yang baik ketika digunakan berjalan.

Rajutan pada bagian atas sepatu ini dirancang dengan pori-pori kecil untuk mengoptimalkan sirkulasi udara pada kaki si Kecil. Pyopp Gallop bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp358.000.

3

Tamagoo Jack Black

Sepatu bayi yang nyaman digunakanTamagoo Jack Black (Sumber foto: Tamagoo)

Sepatu bayi ini mempunyai desain rock and roll karena hadir dalam model boots. Tamagoo Jack Black tersedia dalam berbagai macam ukuran dan dapat dipakai oleh bayi berusia 12 bulan hingga 3 tahun.

Tamagoo menyebut bahwa produk buatan mereka dibuat dengan menggunakan bahan atau material yang aman dan berkualitas. Kamu dapat membeli sepatu ini untuk buah hati dengan merogoh kocek mulai Rp199.000.

4

Hello Mici Moccasin

Sepatu bayi yang nyaman digunakanHello Mici Moccasin (Sumber foto: Hello Mici)

Hello Mici Moccasin merupakan sepatu bayi laki-laki yang memiliki desain keren dan kekinian. Selain itu, sepatu ini juga terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga nyaman digunakan oleh buah hati saat berjalan.

Sol karet yang kuat juga mengurangi risiko bayi tergelincir ketika berjalan. Hello Mici Moccasin dapat kamu beli dengan harga mulai Rp200.000.

5

Dr. Martens Chelsea

Sepatu bayi yang nyaman digunakanDr. Martens Chelsea (Sumber foto: Dr. Martens)

Tak hanya bagi orang dewasa, Dr. Martens Chelsea juga tersedia dalam bentuk sepatu bayi. Sepatu bayi ini mempunyai sol antiselip dan bantalan pada bagian dalam sehingga nyaman ketika dipakai berjalan.

Selain nyaman, sepatu bayi yang cocok untuk laki-laki maupun perempuan ini tentunya akan membuat buah hati menjadi terlihat lebih trendi dan keren. Dr. Martens Chelsea  dapat kamu bawa pulang dengan harga mulai dari Rp765.000.

6

Baby Millioner 254

Sepatu bayi yang nyaman digunakanBaby Millioner 254 (Sumber foto: Baby Millioner)

Baby Millioner 254 adalah sepatu bayi perempuan yang praktis digunakan. Velcro atau perekat pada bagian atas sepatu ini membuatnya tak mudah lepas saat dipakai buah hati berjalan atau berlari.

Bantalan yang terdapat pada bagian insole sepatu bayi Millioner ini juga membuatnya nyaman digunakan untuk berjalan. Harga Baby Millioner dijual mulai Rp 142.000.

Perlengkapan Bayi

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/baby-care/best-baby-shoes/
Diakses pada 3 Juni 2021

Pyopp. https://www.pyopp.id/
Diakses pada 3 Juni 2021

Tamagoo. https://www.tamagoostyle.com
Diakses pada 3 Juni 2021

Hello Mici. https://www.hellomici.com/
Diakses pada 3 Juni 2021

Dr. Martens. https://www.drmartens.com/
Diakses pada 3 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter